Sales Canvassing, Kenali dan Kulik Tips Suksesnya!

sales canvassing

MEDIAINI.COMSales canvassing merupakan merupakan salah satu aktivitas sales untuk melakukan hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Berhubungan dengan pelanggan bisa dilakukan melalui telepon, e-mail, ataupun melakukan kunjungan ke tempat pelanggan. Tidak hanya dibutuhkan selling skills, tetapi juga mental management yang tepat. Keduanya merupakan bagian penting yang memainkan peranan dalam kegiatan penjualan.

Canvassing door to door merupakan kegiatan orang per orang, promosi dari pintu ke pintu, mungkin terlihat ketinggalan zaman. Seorang sales canvasser memiliki peran yang tidak kalah penting dalam rangka promosi dan peningkatan penjualan. Mereka memiliki tugas untuk bepergian dan bertemu prospek. Tidak hanya itu saja, mereka juga harus menawarkan produk-produk kepada calon konsumen. Jika ada barang yang harus diantarkan, mereka juga harus mengantarkannya. Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk menyelesaikan perihal administrasi, seperti membuat faktur, menerima pesanan, mengumpulkan pembayaran, dan juga membuat laporan perjalanan.

Pada umumnya, seorang canvasser lebih sering melakukan pemasaran dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Mereka tentu juga akan melakukan distribusi dan pemasaran pada target yang lebih besar daripada sales pada umumnya.

Keuntungan yang bisa diraih oleh pebisnis dalam memiliki canvasser di perusahaan adalah lebih mudah dalam melakukan distribusi dan pemasaran pada pelanggan yang berada di daerah pelosok atau daerah yang tidak mampu dijangkau oleh pihak distributor.

Kelebihan Metode Sales Canvassing

1. Struktur Pendukung tidak Diperlukan

Untuk menerapkan metode ini tidak memerlukan struktur pendukung lain atau pihak ketiga. Sebagai contoh, saat mengiklankan suatu produk, perusahaan harus bekerja sama dengan biro iklan maupun jasa pengiklan. Sales canvassing merupakan metode yang bisa dijalankan secara mandiri.

Seorang sales canvasser harus pandai dalam bernegosiasi. Kualitas iklan Anda dan frekuensinya akan tergantung pada investasi yang Anda lakukan. Satu orang dapat melakukan pekerjaan ini tanpa bantuan apa pun dan membutuhkan teknologi berat apa pun.

2. Prospek akan Selalu Ada

Ada kalanya seorang pebisnis mengetahui prospek, dan tampaknya tidak ada metode lain yang berhasil. Pada saat itu, promosi penjualan dapat membantu Anda. Anda dapat memilih daftar kontak nomor dan mulai menelepon orang tanpa memiliki pengetahuan sebelumnya tentang mereka tetapi dengan rencana dan strategi.

Anda dapat membuat daftar prospek yang menarik berdasarkan tanggapan mereka. Pada akhir daftar kontak nomor Anda, Anda akan memiliki daftar prospek yang telah menunjukkan minat, dan Anda dapat mengejar mereka lebih jauh untuk mengubahnya.

3. Biaya Penjangkauan Konsumen Tidak Terlalu Tinggi

Metode canvassing cenderung tidak mahal. Pemasaran dengan menggunakan semua metode lain seperti periklanan, pemasaran, pertemuan bisnis, konferensi, dan lain-lain untuk menjangkau orang atau meyakinkan orang untuk membeli produk Anda.

Penelusuran penjualan adalah teknik terbaik bagi bisnis semacam itu untuk menjangkau orang-orang dan menjalin hubungan dengan mereka untuk mengubah keputusan mereka menjadi pelanggan. Namun, teknik sales canvassing tidak hanya dipilih oleh usaha kecil, tetapi bisnis yang lebih besar dan korporasi juga menggunakan metode ini untuk meningkatkan basis pelanggan mereka.

4. Tidak Ada Batas Waktu

Tidak ada batasan jumlah panggilan yang dilakukan dalam sehari atau pada waktu seperti metode lainnya. Ketika melakukan pemasaran sales canvassing dapat membuat sejumlah panggilan sepanjang hari. Ini tidak hanya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi Anda juga akan menjadi lebih mahir dalam keterampilan Anda seperti membujuk dan menjual suatu produk.

Satu-satunya hal yang bisa menghentikan Anda menggunakan setiap waktu untuk menciptakan lebih banyak kontak adalah kurangnya kesabaran dan kemampuan Anda. Oleh karena itu, Anda harus terus mengerjakannya hingga Anda menjadi sangat ahli.

Kelemahan Sales Canvassing

1. Biaya Operasional Menjadi Lebih Tinggi

Karena menggunakan sumber daya manusia, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan ialah terkait dengan biaya operasional. Biaya operasional tersebut digunakan untuk gaji, upah lembur, serta insentif untuk tim canvasser. Hal ini harus disadari oleh perusahaan. Oleh sebab itu, perlu adanya perekrutan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya sehingga biaya operasional yang dikeluarkan menjadi lebih kecil daripada keuntungan yang diperoleh.

2. Proses yang Melelahkan

Canvassing merupakan metode yang menggunakan sumber daya manusia. Dengan keterbatasan energi, manusia bisa merasakan lelah. Kelelahan itu muncul disebabkan proses ini membutuhkan waktu yang panjang.

3. Kurang Disukai Konsumen

Terkadang konsumen merasa enggan dan jenuh untuk menerima telepon. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan yang menggunakan metode sales canvassing. Penawaran-penawaran via telepon agaknya terasa mengganggu konsumen yang sedang beraktivitas.

4. Tingkat Keberhasilan yang Rendah

Tingkat keberhasilan yang rendah terjadi apabila sudah menelepon konsumen yang jumlahnya banyak. Dari konsumen yang jumlahnya banyak tersebut, bisa saja terjadi penolakan di semua konsumen. Hal tersebut harus diantisipasi sebelum menerpakan metode ini.

Tips Sukses Menjadi Sales Canvassing yang Andal 

1. Menentukan Tujuan dari Aktivitas Menelepon dan Penawaran

Terkadang, tujuan tidak seseorang menelepon dan melakukan penawaran masih terasa kabur dan belum begitu jelas arahnya. Sebaiknya, sebelum melakukan hal tersebut telah dirancang tujuan-tujuan yang jelas sehingga tidak perlu membuang waktu.

2. Mengidentifikasi Pangsa Pasar

Analisis pangsa pasar sebelum menawarkan barang dan jasa merupakan hal mendasar sebelum melakukan penjualan. Pangsa pasar yang telah dikategorikan akan memudahkan berbagai pihak dalam proses penjualan. Akan lebih baik jika perusahaan mengetahui kebutuhan konsumen dan barang atau jenis macam apa yang kemungkinan dibutuhkan di masa mendatang.

3. Melatih Diri untuk Berbicara secara Efektif

Berbicara secara efektif diperlukan agar memudahkan sales canvasser saat proses sales canvassing Dalam sehari, bisa saja target prospek tidak hanya satu orang. Jika target prospek sangat banyak, berbicara secara efektif diperlukan supaya nantinya sales canvasser tidak kehabisan energi.  (Rusydi/Erni)

Exit mobile version