6 Tips Sukses bagi Pemula di Bukalapak untuk Meningkatkan Penjualan

Bukalapak

MEDIAINI.COM -Di tengah transisi kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia yang kini tidak terlepas oleh teknologi, Bukalapak hadir menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2010. Bukalapak menyediakan berbagai macam barang kebutuhan Anda, dari barang keperluan sehari-hari, elektronik, maupun perlengkapan rumah tangga. Tingginya pengunjung Bukalapak setiap bulannya memberikan kesempatan lebih besar untuk menerima keuntungan yang maksimal bagi para Bukalapak seller, merupakan sebutan bagi pelapak yang ada di Bukalapak.

Nah, Mediaini.com mempunyai beberapa tips jitu untuk meningkatkan penjualan di Bukalapak nih, berikut tipsnya.

1. Buatlah Judul yang Baik dan SEO friendly

Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari merupakan proses untuk memengaruhi tingkat visibilitas suatu situs di hasil pencarian dari mesin pencari. SEO adalah satu dari sekian banyak strategi pemasaran online yang bisa digunakan dalam meningkatkan bisnis. Strategi ini digunakan agar dapat menampilkan website bisnis Anda di halaman pertama hasil pencarian. SEO tentu bisa berdampak pada meningkatnya traffic lapak Anda. Lalu, bagaimana cara membuat konten agar SEO friendly dan menguntungkan bisnis Anda?

  1. Gunakanlah keyword di judul artikel. Penggunaan keywordatau kata kunci akan memengaruhi kenampakan konten di mesin pencari. Keyword yang digunakan pun harus yang tepat. Semakin banyak orang-orang yang mencari sesuai dengan keyword yang dimasukkan, maka akan semakin besar kemungkinan website dikunjungi.
  2. Lihat dan arahkan konten sesuai dengan target pembaca. Target pembaca dapat ditentukan dari berbagai hal, seperti umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Sebagai contoh, jika Anda menargetkan remaja sebagai pembaca, maka baiknya konten yang dibuat tidak berbahasa terlalu formal, bersifat persuasif, dan mudah dipahami.
  3. Menggunakan judul yang menarik hingga mengundang klik. Pemilihan judul seharusnya dapat dikemas semenarik mungkin. Judul yang tidak terlalu panjang dan membuat penasaran pembaca bisa dilakukan, tapi ingat, jangan sampai judul yang dibuat mengandung unsur clickbait.

2. Lengkapi Fitur Lapak di Bukalapak

Ketika Anda membuka lapak di Bukalapak pasti akan ada fitur seperti deskripsi lapak, cover lapak, dan lainnya. Nah, lengkapi fitur-fitur tersebut dengan lengkap dan sesuai dengan usaha Anda. Untuk gambar header, buatlah gambar yang dilengkapi dengan foto produk Anda. Ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli.

3. Gunakan Layanan Promosi 

Jika Tokopedia buka layanan Gold Merchant dan Top Ads, di Bukalapak ada layanan promosi bernama Push. Layanan ini untuk membantu ‘menyundul’ lapak Anda agar berada di posisi pertama pada halaman daftar barang. Untuk menggunakan fitur push ini Anda harus mengisi saldo BukaDompet terlebih dahulu. Biayanya beragam.

Terdapat berbagai fitur promosi yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan Anda serta meningkatkan reputasi pelapak di Bukalapak, beberapa fitur yang dapat Anda gunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan Fitur Pushfitur Push berfungsi untuk membuat barang jualan Anda muncul pada halaman pertama daftar pencarian barang. dengan munculnya barang jualan Anda, maka akan semakin banyak terlihat oleh calon pembeli dan meningkatkan kesempatan jualan Anda semakin laku.
  2. Gunakan Fitur Promoted Push
    Promoted Push berfungsi untuk membuat barang jualan Anda tampil pada halaman awal ketika calon pembeli mengetik keyword tertentu yang sesuai dengan yang Anda tentukan, sehingga Anda harus menggunakan keyword yang tepat agar jualan Anda mudah ditemukan calon pembeli.
  3. Gunakan Fitur BL Widget
    Anda dapat menggunakan fitur BL Widget oleh Bukalapak untuk mempromosikan lapak Anda pada blog pribadi maupun situs lain yang Anda tentukan.
  4. Gunakan Fitur Diskon
    Gunakan fitur diskon sebaik-baiknya dengan tujuan untuk menarik calon pembeli untuk membeli barang jualan Anda.

4. Pasang Foto yang Menarik

Untuk beberapa produk yang memungkinkan untuk menggunakan foto asli, ya sebaiknya harus dipasang foto asli produk yang Anda jual. Tapi jika tidak, misalnya berjualan wall sticker, bisa dengan memasang gambar yang ada di internet.

Tapi usahakan tetap disertai dengan foto produk yang asli sebagai pendukungnya. Karena dengan memasang foto yang asli, akan menambah kepercayaan pembeli dan membuat pembeli yakin dengan produk yang Anda jual.

Isilah deskripsi produk dengan jelas. Bisa diisi dengan spesifikasi dan bahan produk Anda. Bisa juga diisi dengan cara pemakaian atau pemasangan. Intinya buat deskripsi agar pembeli lebih paham dengan produk yang Anda jual.

5. Gunakan Program Super Seller 

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dan sukses berjualan di Bukalapak, Anda dapat mendaftar menjadi Super Seller, seluruh Bukalapak seller, baik sebagai reseller bukalapak, dropshipper dan lainnya dapat mendaftar jadi super seller kapan saja melalui halaman program super seller Bukalapak.

Sesuai penelusuran Mediaini.com (15/2) program Super Seller dapat diikuti seluruh pelapak yang tidak pernah terindikasi melakukan pelanggaran atau para pelapak yang memenuhi 5 kualifikasi sebagai berikut:

  1. Pelapak akan diundang secara otomatis untuk mengikuti program super seller jika memenuhi beberapa syarat, seperti meraih nilai perfoma lapak ≥75 dan memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. Pengecualian akan diberikan kepada pelapak dengan score ≥75, jika:
  1. Setiap hari Senin para pelapak yang memenuhi kriteria akan mendapatkan chat dan e-mail untuk bergabung dalam program Super Seller.
  2. Jika pelapak melakukan konfirmasi atas undangan bergabung dan tidak menolak untuk bergabung Super Seller maka tim Bukalapak akan otomatis memasukkan pelapak ke program Super Seller setiap hari Senin minggu depannya.
  3. Para pelapak yang telah bergabung dalam program Super Seller akan mendapatkan badge super seller yang aktif pada hari Rabu.

6. Upayakan untuk Selalu Online

Ketika Anda sebagai pelapak jarang online, maka akan mudah dilihat oleh pembeli. Karena ada fitur terakhir kapan Anda online. Nah, jika Anda jarang online dan pembeli melihatnya, maka membuat pembeli enggan untuk membeli produk di tempat Anda. Mereka menganggap Anda tidak responsive dan cepat. Untuk itu jika Anda benar-benar ingin berjualan di Bukalapak, pastikan untuk sering-sering online.

Itu dia beberapa tips dari Mediaini.com untuk kawan-kawan yang ingin meningkatkan penjualan di aplikasi Bukalapak. Semoga bermanfaat! (Erry/Erni)

Sumber gambar: ilustrasi Pixabay

Exit mobile version