Mau Pasang Iklan Transit di Body Kendaraan Umum? Yuk Intip Caranya Disini

iklan transit

MEDIAINI.COM – Iklan Transit (Transit Advertising) merupakan cara untuk mempromosikan iklan di transportasi umum atau area transportasi umum seperti stasiun kereta api atau halte bis. Dengan menggunakan metode ini, anda dapat memasang iklan dimana saja pada sisi bis, kereta api, maupun Taxi. Tujuan utama dalam promosi ini adalah untuk memperkenalkan brand anda khususnya pada pengguna jalan atau angkutan umum.

Bagaimana Iklan Transit bekerja?

Iklan transit memiliki keunggulan untuk dapat meningkatkan visibilitas yang tinggi bagi produk anda setiap harinya, dan pengguna jalan tidak akan bisa melewati iklan transit anda seperti yang mereka lakukan di internet. Sering kali, seseorang cenderung akan sulit mengabaikan iklan yang berada pada sebuah stasiun kereta api.

Mengapa begitu? Karena jarak pandang dari penglihatan mereka hanya terbatas, yang memungkinkan mereka mau tidak mau harus melihat iklan yang anda pasang pada sebuah stasiun. Terlebih jika anda memasang iklan didalam sebuah kereta api, jarak pandang yang semakin sempit memungkinkan audiens untuk dapat melihat iklan anda, hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek pada konsumen.

Biaya Iklan Transit

Memasang iklan dengan menggunakan Iklan Transit memiliki beragam biaya yang perlu dikeluarkan, hal ini disesuaikan dengan ukuran dan jenis Iklan Transit apa yang anda pakai, Semakin besar visualisasi yang anda pakai maka semakin besar dana yang dibutuhkan untuk melakukan promosi.

Dilansir dari Marketing Craft, Otomedia selaku layanan penyedia Iklan Transit pada Transjakarta, Kereta Api Indonesia dan KAI Commuter Jabodetabek. Untuk bekerja sama dengan Otomedia dalam membuat promosi, anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 24.000.000.

Audiens yang bisa anda jangkau juga sesuai dengan dana yang anda keluarkan, setiap harinya ada 1,2 juta penumpang KRL, dengan total 1.450 unit KRL yang bekerja setiap harinya. Lebih dari 40 stasiun memungkinkan anda dapat menjangkau audiens yang sangat luas hanya dengan menggunakan strategi Iklan Transit.

Jika anda tertarik untuk memasang Iklan transit pada sebuah Billboard, anda dapat menghubungi perusahaan professional bernama Marvons Outdoor yang telah berdiri sejak 1975. Anda dapat memasang iklan Billboard dengan jenis Billboard Vertical Frontlight, Billboard Horizontal Frontlight dan Billboard JPO, anda dapat menyiapkan dana sebesar Rp 95.000.000.

Tips Efektif Iklan Transit

Untuk dapat menerapkan strategi Iklan Transit, terlebih dahulu anda dapat mengumpulkan riset tentang transportasi umum apa saja yang paling banyak penumpang seperti kereta api, taxi maupun bis angkutan umum. Ini agar memudahkan anda dalam menentukan target audiens. Lebih lanjut, yuk simak tips efektif menggunakan strategi Iklan Transit.

    1. Survei

Anda dapat turun langsung ke lapangan dan melihat seberapa banyak orang yang naik angkutan umum, atau anda dapat research pada data penumpang yang masuk setiap harinya. Sebagai contoh, KAI Commuter Jabodetabek menjadi transportasi umum yang memiliki jumlah penumpang yang sangat banyak, anda dapat bekerja sama untuk pemasangan iklan.

    2. Jadwal dan Desain

Meskipun anda memiliki tempat yang cukup besar pada tampilan iklan, anda harus berhati-hati saat memilih gambar atau visual. Anda dapat menampilkan gambar yang enak dipandang dan jangan terlalu banyak menambahkan teks atau kalimat, usahakan tidak menampilkan teks yang terlalu besar dari gambar.

Orang sangat suka melihat visualisasi, meskipun Iklan Transit memiliki tempat yang cukup besar, anda hanya perlu menambahkan gambar yang menarik dengan tambahan kalimat yang lebih kecil. Transportasi umum selalu menjadi transportasi yang banyak diminati, inilah yang membuat Iklan Transit selalu menjadi primadona perusahaan ditambah dengan biaya yang sesuai dengan manfaat yang diberikan

    3. Periode Iklan

Tips selanjutnya adalah pilihlah jangka waktu iklan anda, misalnya anda dapat memulai Iklan Transit pada awal bulan dengan meluncurkan produk terbaru atau diskon besar-besaran. Selalu ingat bahwa jangka waktu maksimal dari   Iklan Transit ialah selama 4 minggu, atau yang paling lama 12 minggu.

    4. Pilih Jenis Iklan Transit

Iklan Transit tersedia dengan berbagai macam jenis, anda dapat memasangnya di bangku bis, sisi samping kereta api atau Halte. Tentunya ini bisa anda sesuaikan dengan jenis produk anda, seperti jika anda menargetkan pengendara mobil pribadi dan motor, anda dapat memasang iklan pada bagian belakang bus agar mereka dapat melihatnya saat berkendara.

Exit mobile version