Sambut Ramadhan dengan Banding Media Billboard

Share artikel ini

Mediaini.com – Bisnis media luar ruang dinilai masih prospektif meski media digital mulai mengambil tempat di hati masyarakat.Momentum ini juga digunakan untuk memberikan sekaligus memngingatkan pada masayarakat tentang persiapan datangnya bulan Suci Ramadhan . Kedekatan dengan bulan suci ini masyarakat lebih memperhatikan dengan pemasaran suatu produk baik makanan ataupun fashion .

Pertanyaanya, mengapa media iklan OOH tetap bertahan di era sekarang ini? Jawabnya sederhana. Karena sebagian besar orang menghabiskan waktunya di luar rumah. Rata-rata konsumen Indonesia pergi ke luar rumah pada hari kerja dan akhir pekan. Setiap pergi mereka menghabiskan waktu hingga lima jam, dengan kisaran waktu dua jam di jalan.

Hal inilah yang menjadikan OOH masih menjadi media yang efektif, terutama untuk konsumen usia produktif. Lalu, jika kita berpikir bahwa media beriklan OOH lebih efektif jika diletakkan di kota-kota besar, nampaknya hal tersebut tidak selalu benar. Hal ini dibuktikan dari Kota Jakarta sebagai ibukota Indonesia masih kalah unggul dengan Kota Semarang, Yogyakarta, Solo, Wonosobo, serta Tegal. Menurutnya, hal itu terjadi karena Jakarta mempunyai titik media OOH yang terbilang cukup banyak. Semakin banyak iklan di sepanjang jalan, maka kemungkinan untuk dilupakan orang akan lebih tinggi. Kemungkinan lain adalah banyak dari daerah-daerah kecil yang jangkauan koran dan televisinya masih belum luas. Sehingga mereka lebih sering menemui iklan di jalan daripada di koran dan televisi.

Di sisi lain, 64% konsumen Indonesia mengaku melihat OOH dalam seminggu, dengan penetrasi tertinggi berada di Kota Semarang (89%),  Solo dan Palembang (86%). Uniknya, penetrasi kota ini terjadi karena kota tersebut sebagai destinasi wisata  memiliki media OOH paling banyak yang mencapai 1.000 titik atau lebih. Bisa jadi, semakin banyak iklan billboard berdiri tegak di sepanjang jalan, semakin sering iklan itu dilupakan orang.

Jadi, sebelum Anda berinvestasi dengan OOH, ada baiknya Anda merencanakannya dengan matang. Jangan sampai beriklan di tempat yang salah. Karena biaya yang tinggi, jangan sampai Anda sebagai pengiklan tidak mendapat return yang sesuai.

Jadi, beriklan menggunakan media luar ruangan masih sangat potensial, lho. Asalkan direncanakan dengan matang. Jangan lupa, andalkan konsultan untuk iklan terbaik Anda.

#billboardsemarang

#balihosemarang

#iklansemarang