Menyulap Hobi Kreatif Jadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Share artikel ini

MEDIAINI.COM – Setiap orang pasti mempunyai hobi. Tentunya akan jadi hal yang menyenangkan jika hobi yang ditekuni juga bisa menghasilkan uang. Apalagi di zaman yang serba online seperti sekarang, menekuni bisnis berbasis hobi bukanlah hal mustahil.

Mudahnya mencari informasi di dunia online membuat semua orang bisa belajar apapun, termasuk menekuni hobinya. Di Indonesia, menekuni bisnis berbasis hobi sudah banyak dilakukan. Misalnya hobi memasak bisa membuka warung atau katering, hobi menjahit bisa membuka lapak jahitan, bahkan hobi kerajinan tangan juga bisa menghasilkan prospek bisnis kreatif yang menarik.

Aktivitas seperti merangkai bunga, menyulam, hingga menjahit bisa dialihkan menjadi usaha pembuatan souvenir, seperti souvenir pernikahan dan souvenir khas daerah tempat tinggal. Kerajinan tangan biasanya akan menghasilkan keunikan tersendiri. Hal inilah yang membuat daya tarik lebih.

Memanfaatkan Hobi Jadi Peluang Usaha

Seringnya, hobi dilakukan sebagai aktivitas mengusir kejenuhan. Namun jika dimanfaatkan dengan baik hobi bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan hobi menjadi peluang usaha:

Pertama, pastikan hobi yang dilakoni benar-benar disukai dan bukan hobi karena ikut-ikutan. Sebab, jika benar-benar suka, nantinya bisnis akan terasa menyenangkan. Yang kedua, perhatikan prospek bisnisnya, mulai dari seberapa besar pasarnya, pesaingnya, hingga modal yang harus dikeluarkan.

Ketiga, lakukan branding, membangun sebuah merek agar kuat di ingatan masyarakat. Hal ini bisa dimulai dengan memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi. Kemudian tentukan juga target pasar yang akan dituju, sehingga branding bisa lebih terfokus dan tepat sasaran.

Keempat, gabunglah dengan komunitas yang sesuai. Memperluas pertemanan di komunitas penting untuk menjaring calon konsumen baru. Selain itu, bisa juga mengajak komunitas untuk gabung sebagai partner bisnis.

Kelima, pilih alur bisnis yang ingin Anda terapkan. Jika berjualan kurang mantap di minat, Anda bisa mencari uang lewat hobi dengan membuka kelas belajar atau workshop. Kelas belajar ini tengah digemari, terutama jika berkaitan dengan melukis, memasak, kerajinan tangan atau crafting yang saat ini sedang naik daun.

Baca juga : Untuk yang Jago Melukis, Ini Cara Mudah Dapatkan Uang dari Corat-coret

Ragam Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan kini menjadi hobi yang sedang digemari banyak orang. Dari anak-anak hingga dewasa semua menggandrungi seni kerajinan tangan ini. Hobi yang satu ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Melukis

Melukis merupakan aktivitas yang bisa digunakan sebagai terapi menghilangkan stress sekaligus mengasah diri agar tetap kreatif. Lukisan juga bisa menjadi kerajinan tangan yang menguntungkan. Lukisan bisa diaplikasikan pada kanvas, tas, baju, dan masih banyak lagi.

  1. Menjahit

Keterampilan menjahit atau merajut bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Untuk memulainya bisa dengan menjual masker lucu, sarung bantal atau pouch menarik. Tas rajutan juga kini sedang diminati, selain itu juga bisa membuat aksesoris untuk dekorasi rumah.

  1. Paper quilling

Teknik ini adalah teknik menyulap gulungan kertas warna-warni menjadi produk yang unik dan cantik. Tidak sekedar hiasan, barang hasil hobi kerajinan tangan ini juga kerap dijadikan mahar pernikahan. Dengan desain khusus dan frame yang menawan, harga jualnya bisa berlipat-lipat dari modal awal.

  1. Album foto scrapbook

Salah satu ide bisnis yang juga bisa diterapkan yaitu dengan menawarkan jasa membuat album foto berkonsep scrapbook. Album foto unik ini bahkan cocok dibuat untuk semua kalangan dan bisa disesuaikan dengan berbagai tema.

  1. Decoupage

Decoupage atau dekupase adalah seni menempelkan potongan-potongan kertas berwarna atau bergambar pada permukaan benda yang kemudian dipadukan dengan efek cat khusus. Di sini butuh kreatifitas tinggi dalam memadukan gambar dan cat dasar, sehingga terbentuk permukaan benda yang cantik mirip lukisan. Teknik ini bisa dijadikan sarana mencetak uang, karena tempat tisu dan perabotan rumah lain yang diolah dengan teknik dekupase digemari banyak orang (Chelsea Venda)