Melirik Bisnis Desain yang Bisa Mendatangkan Banyak Cuan

Share artikel ini

MEDIAINI.COM – Dunia desain sangat terbentang luas cakupannya. Anda yang memiliki latar belakang pendidikan desain atau ahli di dalam dunia desain, memiliki banyak peluang dalam mencari cuan. Karena Anda bisa terjun ke berbagai lini bisnis apa saja, tinggal pilih. 

Di dunia UMKM, Anda bisa menawarkan desain untuk logo dan flyer untuk keperluan branding. Sedangkan di dunia musik, Anda bisa menawarkan desain untuk pembuatan cover album atau poster. Terus di dunia fesyen, Anda bisa membentangkan sayap lebih lebar lagi. Karena Anda yang piawai menggambar juga bisa menjadi desainer pakaian atau desainer kaos khusus untuk lini bisnis distro atau clothing line.

Otak Kreatif adalah Kunci

Dalam dunia fesyen, untuk menjadi desainer sendiri, tak harus berbekal ijazah pendidikan desain dan memiliki peralatan teknologi yang super canggih. Karena toh ilmu desain bisa dipelajari secara otodidak. Kunci sukses di sini adalah tingkat kreativitas masing-masing juga ide-ide yang segar yang belum pernah dimiliki orang lain.

Jika Anda masih pemula dan ingin terjun ke dunia fesyen, cobalah dulu menjadi desainer lini fesyen yang cukup mudah dan simple, yaitu kaos. Sasarlah clothing line atau distro yang belum memiliki personal desainer untuk produk-produk mereka.

Munculnya beberapa penyedia desain kaos online adalah penanda bahwa ada permintaan pasar yang besar akan kebutuhan ini. Jika jeli, ini adalah peluang cerah untuk mendapatkan cuan.

Penyedia Desain Kaos Online 

Menurut penelurusan Mediaini.com, ada beberapa penyedia desain kaos online yang sudah memiliki banyak pelanggan, seperti Teespring dan ViralStyle. Di situs tersebut sudah tersedia beragam desain untuk kaos, sweater, tanktop juga jaket. Tinggal pilih mana yang paling pas di selera, dan pengunjung tinggal mengubah dengan menambahi huruf dengan font dan warna yang diinginkan.

Jika Anda tertarik menjual desain, cukup masuk ke situs tersebut dan buatlah sebuah akun. Kemudian unggah hasil desain Anda, dan tunggulah ada peminat yang akan membelinya. 

Para desainer kaos sudah banyak yang menjajal sistem ini. Atau malah mempromosikan produknya di seluruh jalur media sosial yang mereka punya, baik Facebook atau Instagram.

Kisah Sukses Penjual Ide Kreatif

Ide memang mahal harganya. Karena semua orang mungkin bisa menjalankan aplikasi desain, namun tak semua orang memiliki ide segar yang unik dan menarik. Karena hal itulah, persaingan di dunia bisnis desain kaos adalah persaingan sehat soal ide. Beberapa yang selalu bisa menetaskan ide-ide kreatif, biasanya bisa mengantongi sukses alias mengantongi banyak cuan.

Di Kota Bandung misalnya, ada Elman yang sudah bertahun-tahun menggeluti desain kaos distro. Dari menjual satu desain, hingga akhirnya ia memiliki mitra berpuluh distro dan butik ternama di kotanya. Juga, beragam komunitas seperti komunitas punk, motor dan lingkungan.

Untuk satu desain, Elman menawarkan harga dalam rentang Rp200 ribu hingga satu juta rupiah, tergantung tingkat kerumitan. Dalam satu bulan, Elman bisa mengerjakan 10 hingga 20 desain, baik untuk kaos distro atau kaos komunitas. Elman sendiri tak menggunakan jasa situs desain kaos online atau media sosial. Sedari awal mendirikan usahanya, ia hanya mengandalkan blog pribadi miliknya saja.

Kisah sukses juga datang dari Marshall Sautlan, pemilik brand kaos Wakaba. Bermula dari hobi desain, ia akhirnya mendirikan brand kaos yang kini bisa memberinya omzet ratusan juta dalam satu bulan. Tema desain ala Wakaba seringnya adalah kritik sosial yang dekat dengan keseharian rakyat Indonesia. Dibalut guyonan sarkas, desainnya ternyata banyak digandrungi kaum milenial.

Baca juga : Distro Vs Clothing, Serupa Tapi Tak Sama

Situs Tempat Melelang Ide Kreatif

Selain yang disebutkan di atas, ada banyak situs yang bisa digunakan untuk jual beli ide desain kreatif. Pertama, ada Redbubble.com yang lengkap menyediakan desain sticker, aksesoris gadget, juga fesyen. Lantas ada Cafepress.com, yang dipercaya sebagai platform yang menyediakan jumlah produk terbanyak.

Society6.com, adalah platform yang menyediakan desain interior lengkap. Mulai dari ruang tamu, dapur hingga kamar tidur. Sedangkan Zazzle.com adalah situs yang menyediakan produk printing untuk kartu ucapan, poster atau post card.

Ragam desain untuk kaos sendiri bisa dicari di Designbyhumans.com. Beberapa desainer kaos Indonesia, ada yang menjadi trending dan best selling di sini selama berbulan-bulan. 

Trik Ketika Otak Kreatif Tengah Buntu

Ketika otak tengah buntu, tak ada salahnya mencoba beberapa trik latihan berikut ini agar otak kembali lancar bekerja. Pertama, cobalah melakukan latihan sederhana seperti mengubah nama menjadi logo. Gunakan nama Anda, gambar di atas kertas, kemudian pindahkan ke dalam layar komputer. Atau, Anda bisa menjajal mendesain quote favorit untuk diletakkan sebagai wallpaper gawai atau PC Anda. Dengan mendesain hal sederhana seperti ini, ide kreatif selanjutnya diharapkan akan muncul.

Kedua, bunuh kejenuhan dengan menjajal seluruh filter di Adobe Photoshop yang belum pernah Anda sentuh sebelumnya. Menjajal hal baru, biasanya memancing ide-ide kreatif tumbuh.

Atau Anda bisa menggabungkan dua foto yang berbeda menjadi sebuah desain kolase yang berpadu cantik. Proses menggabungkan dua foto yang tak saling terkait menjadi satu desain ini memancing otak untuk terus berpikir kreatif. (Intan Esty)