Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan 

SEMARANG, MEDIAINI.com – Fungsi tanaman hias bukan hanya menyegarkan ruangan, tetapi ada manfaatnya bagi tubuh manusia.

1. Mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15%, mengurangi stres, serta memperbaiki mood. Selain itu,  memajang tanaman hias di dalam rumah dapat menghilangkan 87 persen racun udara dalam 24 jam.

2. Dapat menyerap gas yang mencemari udara di dalam ruangan, terutama pada siang hari sehingga udara yang dihirup lebih steril dan baik untuk kesehatan. Serta dapat meningkatkan kelembaban udara yang dapat mencegah dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan, lalu mendinginkan ruangan ketika musim panas, dan menghangatkan ruangan ketika musim dingin.

3. karbondioksida yang merubah menjadi oksigen di malam hari, membuat tidur menjadi lebih lelap. Selain itu, lavender, dan gardenia juga dapat membantu tidur lebih pulas jika diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

4. Bisa menjadikan relaksasi diri yang diyakini dapat mengatasi stress dan depresi setelah seharian beraktivitas. Studi menunjukkan, menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stres.

5. Flu dan batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis eucalyptus. Eucalyptus dapat berfungsi sebagai dekongestan alami yang memiliki efek melegakan. Dengan menghirup aroma eucalyptus, batuk berdahak, pilek, hidung mampet pun akan kembali lega.

Selain itu, merawat tanaman juga dapat menjadi salah satu cara melawan rasa depresi karena akan menumbuhkan motivasi dan memberikan kepuasan saat melihat tanaman yang dirawat mulai tumbuh.

Saat ini, ada beberapa tanaman indoor yang sedang banyak digemari karena bentuknya yang cantik. Seperti Monstera, Philodendron, Lili Paris, Kaktus, Rosemary serta tanaman lainya.

Masyarakat urban yang hidup diperkotaan mayoritas pekerja, biasanya tidak punya waktu atau tidak tahu dimana mendapatkan tanaman hias tersebut dikarenakan kesibukan yang luar biasa.

Ada sebuah toko tanaman hias yang cukup lengkap dan terjangkau harganya, serta bisa mengajarkan pembeli cara merawatnya. Kebun Langit yang berada di jl. Wonodri krajan III/677 Kota Semarang.

Dea (29) pemilik Kebun Langit mengatakan, konsep indoor plant shop ini, karena kita mau customer bisa merasakan pengalaman hunting tanaman di tempat yang nyaman, gak perlu takut kepanasan atau kehujanan. (2/4/2020).

“Tanaman hias banyak fungsinya bagi tubuh kita, bukan sekedar pajangan dan penyegar ruangan saja”. Pungkasnya.(Praditya Wibisono)