Kreatifitas Sebelum Beriklan di Media

 Mediaini.com – ”promosi” yaitu suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Sedangkan tujuan promosi secara ringkas adalah meningkatkan cashflow perusahaan. Oleh karena itu agar promosi yang dilakukan dapat efektif dan efisien maka ada lima hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan tersebut yaitu

1.WHO

Who disini berarti siapa sih sebenarnya target market atas produk/jasa yg kita tawarkan.Pemahaman atau penentuan siapa target market produk/jasa yg dituju sangatlah penting karena menyangkut kebutuhan setiap target market bisa berbeda. Dalam kasus usaha teman saya yaitu warnet yg dikhususkan untuk menerima jasa pengetikan dan pencetakan dokumen disini dapat diidentifkasi bahwa selama ini sebagai pengguna jasa/produknya sebagian besar adalah mahasiswa dan karyawan. Kebutuhan seorang mahasiswa akan jasa/produk yang akan digunakan tentunya berbeda dengan seorang karyawan. Sebagian besar mahasiswa tentunya lebih berorientasi harga/Price oriented (memilih harga jasa yang lebih murah) daripada seorang karyawan. Karyawan dengan tingkat pendapatan lebih tinggi dibanding mahasiswa cenderung lebih mengutamakan kualitas hasil cetakan, kenyamanan dan kecepatan. Dengan mengetahui kebutuhan dari setiap target market yg dituju akan berdampak pada pemilihan kata2, gambar dan bentuk tawaran yang diberikan.

2.WHERE

Setelah mengetahui secara spesifik siapa target market sebenarnya akan produk/jasa yang kita miliki maka kita dapat mengetahui dimana (where) sebagian besar target market biasanya berada/berkumpul.Hal ini perlu kita ketahui agar promosi yang dibuat lebih tepat sasaran atau langsung mengenai pada target market yang dituju. Untuk usaha warnet teman saya yang dilakukan adalah brosur untuk sasaran mahasiswa dibagikan di kampus (perpustakaan, kantin) dan toko buku. Sedangkan untuk karyawan dibagikan di perkantoran, minimarket dan memasang spanduk di jalan (ruas jalan yang banyak/sering dilalui pada saat karyawan pulang pergi)

3.WHAT

What berarti apa yang dapat diberikan oleh produk/jasa yang ditawarkan sehingga menjadi solusi atas kebutuhan target market yang dituju.Semakin solusi yang ditawarkan sama dengan kebutuhan target market yang dituju maka akan banyak yang melakukan pembelian/transaksi.Misalnya dalam usaha warnet, untuk sasaran mahasiswa diberikan potongan/diskon biaya pada waktu2 tertentu (pagi dan siang hari), pencetakan dalam jumlah banyak dan efisiensi pada tinta yang digunakan. Sedangkan untuk karyawan diberikan kualitas tinta dan kertas yang bagus, disediakan minuman gratis, kemudahan dalam pengiriman file dan jasa antar hasil cetakan.

4.WHY

Why disini menyangkut mengapa sasaran/target market memilih membeli dari kita bukan dari pesaing?Nilai tambah apa yang dapat diberikan oleh produk/jasa sehingga orang harus membeli/menggunakan di tempat kita. Misalnya, pelayanan yang diberikan oleh karyawan penuh dengan suasana kekeluargaan/akrab, tempatnya nyaman dan ada jaminan penggantian (tidak perlu membayar apabila hasil cetakan tidak bagus/rusak).

5.HOW

How disini menyangkut bagaimana cara kita mampu menginformasikan segala kelebihan yang dimiliki oleh produk/jasa yang ditawarkan pada target market yang dituju.Misalnya dengan secara rutin menyebar brosur, memasang papan reklame/neon box, spanduk, iklan melalui internet dsb.

Dengan mampu mengidentikasi lima hal yang utama seperti tersebut diatas maka akan memudahkan kita melakukan setiap kegiatan promosi berjalan secara efektif dan efisien.

 

#billboardsemarang

#balihosemarang

#iklansemarang