Uji Coba Selesai, Ada Aplikasi Spotify yang Dihapus

aplikasi spotify

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Meski lebih dikenal sebagai platform streaming musik, aplikasi Spotify ternyata mengembangkan beberapa aplikasi lainnya, termaksud podcast dan layanan Car Thing untuk menikmati musik di dalam mobil.

Meski demikian, tidak semua aplikasi Spotify yang dibuat kemudian meraup kesuksesan. Contohnya, ada aplikasi Stations yang terpaksa harus dihentikan meskipun telah dikembangkan sejak tahun 2018.

Sekadar informasi, Stations adalah layanan ‘ringan’ alias Spotify versi lite yang tersedia untuk pelanggan gratis dan berbayar. Spotify Stations memungkinkan pengguna untuk mendengarkan radio, sehingga tidak perlu mencari lagu atau menyusun daftar putar sendiri. Pengguna bisa melihat daftar stasiun radio, yang secara otomatis akan memutarkan lagu.

Setelah debut awalnya di beberapa negara dengan versi Android, Spotify meluncurkan aplikasi versi iOS pada tahun 2019 dan membukanya untuk pengguna di Amerika Serikat (AS).

Namun, sekarang pengujian aplikasi tersebut telah selesai. Sebagaimana dikutip dari The Verge pada Minggu (8/5/2022), Spotify sudah mulai menginformasikan kepada penggunanya bahwa aplikasi Stations akan ditutup pada 16 Mei 2022.

Jika Anda merupakan pengguna Spotify Stations, Anda dapat mengunjungi situs resminya untuk memindahkan daftar musik atau audio pilihan Anda ke aplikasi Spotify utama.

“Stations ditutup pada 16 Mei. Stations (playlist) yang kamu buat akan hilang, tetapi kamu masih dapat menikmati Spotify dengan masuk menggunakan akun Stations kamu. Temukan daftar putar yang dibuat untuk kamu, plus jutaan lagu dan podcast,” demikian pesan pemberitahuan Spotify kepada para pengguna aplikasi melalui email.

Bahkan saat ini, aplikasi Spotify Stations sudah tidak bisa ditemukan lagi di toko aplikasi, baik Apple App Store maupun Google Play Store. Hanya saja, bagi pengguna yang telah memasangnya sedari dulu, mereka masih bisa menggunakan aplikasi tersebut hingga 16 Mei mendatang.

Satu cerita menarik, sejak diluncurkan di Australia pada 2018 lalu, aplikasi Spotify Stations selalu berada pada tahap beta, bahkan hingga saat ini jelang penutupan layanannya.

Dalam sebuah pernyataan kepada TechCrunch, Spotify mengatakan beberapa dari pengujian yang dilakukan perusahaan telah membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang lebih luas dan sebagai pembelajaran penting.

“Spotify Stations Beta kami adalah salah satu dari tes tersebut. Kami akan menghentikan layanan, tetapi pengguna akan dapat dengan mudah mentransfer stations favorit mereka dan menikmati pengalaman radio serupa di dalam aplikasi Spotify,” tulis Spotify.

Aplikasi Spotify Tambah Fitur Baru

Meski Stations bakal ditutup pada 16 Mei nanti, Spotify tidak berhenti untuk berinovasi. Belum lama ini, Spotify mengumumkan telah memperluas kemampuan fitur Blend untuk para penggunanya. Sebagai pengingat, Blend merupakan fitur yang diperkenalkan Spotify pada Agustus 2021.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat satu playlist kolaborasi bersama penggina lainnya. Kabar baiknya, fitur ini bisa diakses oleh pengguna gratis maupun premium.

Adapun dalam pembaruan yang dihadirkan kali ini, Spotify meningkatkan kemampuan Blend lewat dua fitur baru. salah satu fitur baru yang hadir di Blend adalah pengguna membuat playlist bersama dengan artis favoritnya.

Melalui fitur ini, aplikasi streaming musik populer tersebut bisa membuat artis agar terhubung dengan para fansnya. Saat ini, ada 20 artis pilihan papan atas yang dapat diajak berkolaborasi untuk membuat playlist Blend di aplikasi Spotify.

Beberapa di antaranya adalah BTS, Charli XCX, Kacey Musgraves, Lauv, Megan Thee Stallion, Mimi Webb, Tai Verdes, Xamã, Camilo, Diplo, Angèle, Badshah, Kim Loaiza, CRO, Benjamin Ingrosso dan Bennett Coast. Ke depannya, daftar artis papan atas yang mendukung fitur Blend juga akan bertambah.

Dalam pembaruan ini, fitur Blend sekarang juga mendukung maksimal hingga 10 orang pengguna. Sebelumnya, pengguna hanya bisa membuat playlist Blend dengan satu orang teman atau keluarga saja.

“Mulai hari ini, pengguna dapat memperluas grup pendengar mereka hingga 10 orang dalam satu grup, baik itu bersama penggemar selera musik yang sama, teman-teman terdekat, ataupun anggota keluarga,” tulis Spotify. (Tivan)

Sumber Gambar : ilustrasi Pixabay

Exit mobile version