Layanan Bus Gratis Transjakarta untuk Libur Lebaran Terbatas 3 Mei – 8 Mei

gratis TransJakarta

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Layanan bus gratis Transjakarta siap hadir untuk memeriahkan libur Lebaran bagi warga ibu kota. PT Transjakarta kembali mengoperasikan layanan bus wisata gratis tetapi hanya untuk beberapa rute perjalanan.

Mulai 3-8 Mei 2022 dan beroperasi sejak pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB, masyarakat bisa menikmati bus wisata Transjakarta gratis untuk rute BW2 Jakarta Baru, dan rute GR3.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi @pt_transjakarta, rute BW2 Jakarta Baru melayani penumpang dari Juanda Istiqlal melewati Monas 1, Monas 2, Monas 3, IRTI Monas, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Plaza Indonesia, Sarinah 2, Museum Nasional, Pecenongan, dan kembali lagi ke Juanda Istiqlal.

Sementara itu, rute BW4 Pencakar Langit atau Kota Tua Explorer memulai perjalanan dari IRTI, lanjut ke Sarinah 1, Wisma Nusantara, Bumiputera, Karet 1, Bendungan Hilir 1, Gelora Bung Karno 1, Bundaran Senayan 1, FX Sudirman, Gelora Bung Karno 2, Bendungan Hilir 2, Karet 2, Menara Astra, Dukuh Atas 2, Tosari, Plaza Indonesia, Sarinah 2, Museum Nasional, Monas 2, Monas 3, dan kembali lagi ke IRTI.

Adapun rute GR3 melayani rute perjalanan dari Kementerian Pertanian, PLN Corporate University 2, PLN Corporate University 1, dan Bumi Perkemahan Ragunan. Namun khusus untuk rute GR3, layanan bus wisata gratis Transjakarta hanya beroperasi mulai 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Namun, PT Transjakarta juga mengingatkan kepada para penumpang agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya,” tulis Transjakarta.

Beberapa hari sebelumnya, layanan bus gratis Transjakarta GR5 Kota Tua Explorer dan GR4 rute Taman Intan-Museum Bahari juga beroperasi kembali sejak Jumat lalu (29/4/2022). Kedua layanan Transjakarta itu beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari.

Rute GR4 dimulai dari Terminal Kota Intan melewati Musem Bahari 2, Simpang Pakin 2, SPBU Gedong Panjang, Gedong Panjang 2, BRI Jakarta Kota, Simpang Kopi Roa Malaka, Jembatan Kota Intan, dan kembali lagi ke Terminal Kota Intan. Rute GR5 dimulai dari Terminal Kota Intan melalui Taman Kota Intan, BNI 46, Glodok Plaza, Museum Bank Indonesia, Kali Besar Barat 1, dan kembali lagi ke Terminal Kota Intan.

Kedua layanan bertarif 0 rupiah itu sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Transjakarta mengingatkan seluruh pengguna Transjakarta wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 untuk dapat mengakses seluruh layanan Transjakarta, baik melalui aplikasi Jaki, PeduliLindungi, dan/atau sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

Pelanggan yang ingin menikmati layanan bus wisata itu tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada alat Tap On Bus (TOB) dengan tarif Rp 0.

Cara Daftar Kartu Layanan Bus Gratis Transjakarta (TJ Card)

Program Layanan Gratis Transjakarta dapat diakses dengan menggunakan Jakcard Combo dan TJ Card yang telah berjalan sejak November 2016. Golongan masyarakat yang berhak mendapatkan layanan gratis Transjakarta tersebut diatur dalam Pergub No.160 tahun 2016 yang saat ini telah disempurnakan dalam Pergub No.133 tahun 2018, yang dibagi dengan rincian sebagai berikut:

Penerima Layanan Gratis dengan kartu Jakcard Combo yang pendaftarannya dapat langsung menghubungi Bank DKI:

Penerima Layanan Gratis TransJakarta Card, yang pendaftarannya dapat dilakukan melalui halaman website klg.transjakarta.co.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah dokumen persyaratan seperti KTP, Kartu Keluarga, Pas Foto dan dokumen pendukung untuk kategori :

Jika memiliki pertanyaan dan informasi mengenai layanan TJ Card ataupun layanan transjakarta lainnya, hubungi contact center Transjakarta 1500-102 ataupun mention akun twitter resmi @pt_transjakarta. (Tivan)

Sumber Gambar : Akun Instagram @pt_transjakarta

Exit mobile version