Mau Mudik 2022 Gratis Dari Pemerintah? Ini Syarat dan Caranya

Lebaran 2022

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar mudik 2022 gratis untuk Lebaran 2022. Selain sebagai bentuk layanan pemerintah terhadap masyarakat, program ini juga dirancang untuk mengurangi penggunaan sepeda motor saat mudik.

“Di tahun sekarang sebagaimana arahan pak Menteri Perhubungan dan kampanye tanpa sepeda motor, kami diminta siapkan mudik gratis bagi masyarakat yang mau mudik dan bagi para pengguna sepeda motor,” ungkap Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan resminya yang dikutip pada Sabtu (9/4/2022).

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti program mudik gratis dari pemerintah tersebut, berikut ini panduan lengkap seputar cara daftar, rute mudik, hingga syarat mudik gratis Lebaran 2022:

Jadwal Pendaftaran Mudik 2022 Gratis

Untuk tahun ini, Kemenhub menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk program mudik gratis. Budi mengatakan bahwa arus mudik 2022 akan melibatkan 10 ribu lebih orang pemudik yang bisa difasilitasi pemerintah secara gratis.

Pada kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa jadwal pendaftaran mudik gratis pemerintah akan dimulai pada minggu depan. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website www.mudikhubdat2022.com.

“Pendaftaran mulai minggu depan, tujuannya sebagian besar ke kota yang ada di Jawa Tengah,” papar Budi.

Lebih lanjut, Budi memaparkan bahwa kemungkinan mudik gratis yang dikoordinir Ditjen Perhubungan Darat akan mulai berangkat mulai tanggal 27-29 April 2022.

Cara Daftar Mudik 2022 Gratis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara daftar mudik Lebaran gratis 2022 dapat diakses dengan mengunjungi laman www.mudikhubdat2022.com karena pendaftaran dilakukan secara online, lalu ikuti langkah berikut:

  1. Akses laman www.mudikhubdat2022.com
  2. Melakukan login dan isi data diri lengkap.
  3. Melakukan verifikasi dan validasi sistem.
  4. Mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik.
  5. Membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.
  6. Berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus.

Selama pendaftaran dan proses keberangkatan, peserta mudik gratis wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sedangkan bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone, mereka dapat menggantinya dengan membawa bukti kartu vaksin dan booster.

Rute Mudik 2022 Gratis

Kemenhub menginformasikan, hingga saat ini rute yang sudah pasti dibuka adalah menuju kota-kota yang ada di Jawa Tengah, dengan 14 kota tujuan mudik gratis, antara lain:

  1. Tegal.
  2. Semarang
  3. Demak
  4. Kudus
  5. Boyolali
  6. Solo
  7. Klaten
  8. Wonogiri
  9. Wonosari
  10. Yogyakarta
  11. Magelang
  12. Wonosobo
  13. Kebumen
  14. Purwokerto

Syarat Mudik 2022 Gratis

Terkait syarat mudik gratis 2022 sebenarnya telah tertuang dalam Surat Edaran Nomor 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022, berikut ketentuan yang harus dipenuhi calon pemudik:

  1. Calon pemudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. Calon pemudik dengan status vaksinasi dosis kedua tetap diwajibkan melakukan tes COVID-19, baik hasil negatif rapid tes antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau rapid tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Calon pemudik dengan status vaksinasi dosis pertama juga tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Calon pemudik dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid diwajibkan: Menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan; Melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
  5. Calon pemudik dengan usia di bawah 6 tahun berlaku ketentuan: Wajib didampingi pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19;
  6. Dikecualikan terkait ketentuan vaksinasi Covid-19;
  7. Tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR atau antigen.

Kuota Mudik Gratis

Untuk armadanya sendiri, Budi menerangkan bahwa Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub akan menyiapkan 350 bus yang akan mengangkut 10.500 penumpang.

Jumlah itu dibagi dua, untuk masa arus mudik ada 270 bus yang operasi dengan total kapasitas 8.100 penumpang dan arus balik sebanyak 80 bus dengan kapasitas 2.400 penumpang.

Pihaknya juga akan menyiapkan angkutan motor gratis bagi pemudik yang ingin membawa motor. Namun, jumlahnya dibatasi yakni hanya sebesar 34 unit truk dengan kapasitas 34 unit. Saat arus mudik akan ada 17 truk yang beroperasi mengangkut 510 motor, jumlah yang sama juga berlaku saat arus balik.

Arus Balik

Sementara untuk keberangkatan arus balik, Kemenhub menyiapkan bus dari 5 kota pemberangkatan, yaitu Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Untuk menampung motor yang akan dibawa pemudik, Ditjen Hubdat juga telah menyiapkan sebanyak 34 unit truk yang akan diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, serta Wonogiri. (Tivan)

Exit mobile version