Rencana 2024, Volkswagen ID Buzz Microbus Siap Melantai

ID Buzz

MEDIAINI.COM – Produsen mobil Jerman, Volkswagen akhirnya merilis informasi mengenai mobil elektrik yang selama lima tahun belakangan telah dipersiapkan. Dilansir dari The Verge, Debut Volkswagen ID Buzz yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Van serba listrik ini disebut sebagai sulapan Mikrobus Tipe 2 yang ikonik bernuansa hippie tapi dengan tampilan yang lebih modern. 

ID Buzz dan setara komersialnya, ID Buzz Cargo, akan tiba di Eropa akhir tahun ini dengan versi wheelbase yang lebih panjang untuk pasar AS yang dijadwalkan untuk memulai debutnya pada tahun 2023 dan mulai dijual di US pada tahun 2024. Masih banyak yang belum diketahui, terutama harganya. Akan tetapi, ID Buzz akan memainkan peran penting sebagai VW di sepanjang jalur transformasi dari environmental scofflaw. Van akan berfungsi sebagai karya arsitektur listrik modular MEB perusahaan, dan akan menjadi salah satu van listrik pertama yang dipasarkan secara khusus dengan mempertimbangkan keluarga.

VW Hidupkan Kembali Mikrobus Ikoniknya untuk Era Listrik

Van telah sedikit diperbarui dari bentuk konsep yang pertama kali ditangkap oleh imajinasi banyak orang pada tahun 2017. Terdapat sedikit perbedaan pada kisi-kisinya, dengan ventilasi udara yang lebih besar daripada yang biasanya Anda harapkan dari kendaraan listrik. Bentuk keseluruhannya lebih kotak, dengan sudut yang lebih tajam dan posisi bawah mobil yang lebih tinggi. Namun demikian, VW secara mengejutkan tetap setia pada desain aslinya, bahkan menawarkan skema warna two-tone kuning lemon Day-Glo yang sama sebagai pilihan. VW menawarkan total 11 varian warna.

ID Buzz versi Eropa pertama akan menampilkan paket baterai dengan kapasitas energi 81 kWh, 77 kWh di antaranya dapat digunakan. Hal itu akan menggerakkan motor poros belakang yang mampu mengeluarkan 201 tenaga kuda dan torsi 229 lb-kaki. Ini bukan EV yang ditujukan untuk track balap, VW membatasi kecepatan tertinggi van hanya 90 mph (145 km/jam). Sementara itu, nenek moyangnya hanya bisa mencapai 60 mph (biasanya saat meluncur menuruni bukit). Hal ini seharusnya tidak terlalu mengecewakan bagi sebagian besar pelanggan.

VW tidak mengungkapkan driving range (jarak tempuh), tetapi semua tanda menunjuk ke sekitar 300 mil dengan kapasitas yang penuh. Daya pengisian saat menggunakan arus bolak-balik (AC) adalah 11 kW. Di stasiun pengisian cepat DC, daya pengisian ID Buzz meningkat hingga 170 kW. VW mengklaim kendaraan akan mengisi daya dari 5 hingga 80% hanya dalam 30 menit. 

Cek Kenyamanan dan Keunggulan ID Buzz Microbus

Di masa depan, VW mengatakan ID Buzz akan menawarkan fungsionalitas plug and charge, standar yang memungkinkan EV untuk secara otomatis mengidentifikasi dan mengautorisasi dirinya sendiri ke stasiun pengisian pihak ketiga atas nama pemiliknya. Akan tetapi, ID Buzz harus memiliki dukungan pengisian daya yang memadai. Seperti Tesla, VW memiliki andil dalam permainan ketika datang ke infrastruktur pengisian EV. Van versi Eropa dan sejenisnya akan hadir dengan pengisian dua arah, di mana kendaraan juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk perangkat listrik lain atau bahkan seluruh rumah seperti genset. 

ID Buzz versi Eropa tidak akan sebesar minivan lain di pasaran, dengan jarak sumbu roda hanya 117,6 inci (2.988 mm). Versi AS akan lebih panjang ketika mulai dijual pada 2024, meskipun VW tidak mengungkapkan ukurannya. Secara keseluruhan, versi Eropa memiliki panjang 185,5 inci, sebagian karena overhang yang sangat pendek. Overhang ultrapendek ini, atau panjang kendaraan yang melampaui jarak sumbu rodanya, akan menjadi salah satu ciri khas ID Buzz. Misalnya, van sekitar 9 inci lebih panjang di antara sumbu daripada VW ID 4, tetapi secara keseluruhan hanya 5 inci lebih panjang. Tingginya 76,3 inci (1.937 mm), lebar 78,2 inci (1.895 mm) di kaca spion, dan bahkan versi Eropa memiliki area kargo 138 kaki kubik. Hal ini lebih dari Cadillac Escalade, jadi dalam segi interior akan besar luasnya.

Intinya, VW memperkenalkan faktor bentuk baru ke pasar EV. Hot hatch telah datang dan pergi, dan crossover listrik dan SUV compact saat ini mendominasi momen tersebut. Mereka akan segera digantikan oleh truk dan SUV mewah, yang telah terbukti menjadi profil pilihan pembeli mobil Amerika. Ke dalam massa ukuran dan bentuk, datanglah sebuah van, baik yang sudah dikenal maupun yang sepenuhnya unik. Bukan minivan mikrobus.

Dikutip dari The Verge yang mewawancarai Jeffrey Lear, manajer produk untuk ID Buzz di VW, mengungkapkan bahwa transporter original, atau bus, jelas sangat disukai, tidak hanya karena desainnya, yang sangat ikonik dan masih ada hingga hari ini, tetapi tentu saja, juga karena fungsionalitas dan keluasannya. Keluasan itu terlihat begitu Anda melangkah masuk. Panjang standar ID Buzz akan diluncurkan dengan 5 kursi, yang semuanya dapat disesuaikan. Kursi depan dapat dipindahkan hingga 9,6 inci (245 mm) ke depan dan belakang. Sementara itu, kursi bangku 3 orang di belakang dapat dilipat sepenuhnya atau dibagi 40:60, dan dapat dipindahkan memanjang total 5,9 inci ( 150mm).

Siap Bersaing dengan Berkompetisi

Pada wheelbase standar, konfigurasi 6 kursi akan datang setelahnya, dengan kursi individu diatur dalam 3 baris kedua. Dengan jarak sumbu roda yang diperpanjang, konfigurasi 7 kursi juga akan tersedia dalam pengaturan 2/3/2. Versi kargo dari ID Buzz akan lebih luas, dengan pilihan untuk kursi depan tunggal dan partisi tetap untuk memisahkan area penyimpanan belakang.

Kokpit atau interior ID Buzz mirip dengan ID 4, dengan cluster berukuran 10 inci yang dipasangkan dengan sistem infotainment 10 inci yang diposisikan secara terpusat. Layar 12 inci yang lebih besar adalah opsional. Perangkat lunak kendaraan dapat diperbarui melalui udara dan akan mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. VW benar-benar menekankan modularitas yang ringkas pada interior ID Buzz, dengan konsol tengah yang dapat dipindahkan dan dilepas sepenuhnya. Opsi yang diusung dari versi konsep ini memungkinkan konsol tengah berubah menjadi box multifungsi yang bisa direlokasi di tengah kursi baris kedua.

Ada banyak ruang di dalam untuk banyak gadget, termasuk laptop, tetapi kerapiannya sangat terjaga. Melepaskan konsol tengah untuk pembersihan menyeluruh akan menjadi nilai jual besar bagi keluarga yang sering kali harus berurusan dengan kotoran berbahaya di mobil mereka. ID Buzz akan menjadi salah satu kendaraan VW yang paling ramah lingkungan, dengan interior bebas kulit yang menggunakan bahan daur ulang dan kain yang terbuat dari 10% plastik laut yang dikumpulkan dan 90% botol PET daur ulang.

Di Eropa, Buzz Cargo akan memiliki sensor dan perangkat lunak yang menurut VW akan memungkinkan kemampuan mengemudi secara otonom. Akan tetapi, versi Buzz yang sepenuhnya otonom tidak akan tersedia sampai versi reguler dirilis. Grup VW, yang juga memiliki Audi, Skoda, dan Porsche, mengharapkannya menjadi kendaraan otonom pertama yang pernah dirilis.

VW mengatakan mikrobus otonom akan berfungsi sebagai platform untuk operasi transportasi dan pengiriman komersial skala penuh yang rencananya akan diluncurkan di Jerman pada 2025. Saat dirilis, ID Buzz akan bergabung dengan hatchback ID 3, SUV compact ID 4, dan ID 5 coupe yang akan segera dirilis sebagai anggota terbaru dari jajaran kendaraan listrik VW yang berkembang pesat. Keluarga ID VW juga mencakup versi konsep SUV besar (ID Roomzz) dan dune buggy (ID Buggy). Semua sedang dibangun di atas platform kendaraan listrik modular MEB Volkswagen. (Hanif/Elsa)

Sumber Gambar : website resmi vw.com

Exit mobile version