Viral Aset Doni Salmanan Disita, Mobil dan Motor Mahal Dijemput Polisi

Doni Salmanan

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Nama Doni Salmanan masih terus menghiasi pemberitaan. Setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penipuan berkedok trading, sejumlah asetnya yang berasal dari praktik binary option melalui platform Quotex mulai diamankan oleh pihak kepolisian.

Bahkan baru-baru ini, beredar video mobil mewah crazy rich ini disita polisi. Tak hanya kendaraan beroda empat, pihak berwenang juga menyita koleksi motor gede (moge) milik pria yang dijuluki crazy rich Soreang.

Dalam video yang beredar di akun Instagram @lambe_turah, terlihat proses pengangkutan mobil dan motor milik Doni Salmanan. Saking banyaknya mobil dan motor yang disita, pihak berwajib harus menggunakan tiga truk towing untuk mengangkutnya. Agar berjalan lancar, pengangkutan mobil dan motor milik Doni mendapatkan pengawalan dari polisi.

Daftar Mobil dan Motor Doni Salmanan yang Disita

Dari video yang beredar, teridentifikasi daftar mobil dan motor yang disita polisi. Pertama ada Porsche 911 Carrera S berkelir biru. Mobil itu sendiri dibeli dari influencer Arief Muhammad seharga Rp 4 miliar. Dalam sebuah konten, mobil yang dibeli afiliator binary option Quotex tersebut diberikan crazy rich Soreang sebagai kado untuk sang istri, Dinan Nurfajrina.

Pada truk towing kedua, bertengger enam motor mewah dengan cc besar, yang beberapa di antaranya pernah dipamerkan pada sejumlah kesempatan. Adapun beberapa moge Doni Salmanan yang disita adalah Kawasaki Ninja H2, Kawasaki ZX10 R, BMW S1000RR, dan Ducati Superlegggera V4. Selain itu, ada beberapa motor sport lainnya yang juga ikut diangkut.

Lalu pada truk towing ketiga, ada jajaran motor dengan kapasitas mesin lebih kecil, termasuk Yamaha Mio. Selain itu, ada juga satu unit sepeda mahal.

Di sisi lain, Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol akan segera mengungkap detil barang-barang yang disita kepolisian dalam waktu dekat.

“Detil (merek dan nilai barang yang disita) menyusul. Ada beberapa mobil, belasan motor,” sebut Reinhard dalam keterangan resminya.

Selain mobil dan motor, polisi juga telah menyita dua rumah milik Doni Salmanan di kawasan Bandung. Lalu sebelumnya, aset lain yang ikut disita adalah iPhone 13, akun Youtube King Salmanan, serta dua akun email yang terkoneksi dengan Youtube dan Quotex.

Kemudian, polisi juga telah menyita bundel mutasi rekening, bukti transaksi deposit, hingga flashdisk berisi file video yang diunduh dari YouTube King Salmanan. Agar bisa menuntaskan kasus ini, polisi juga menelusuri aliran aset milik tersangka Doni Salmanan untuk dijadikan sebagai barang bukti.

“Akan dilakukan juga tracing aset milik tersangka dan aliran dana yang mengalir dari rekening tersangka atau menuju rekening tersangka terkait tindak pidana ini,” pungkasnya.

Manajer dan Istri Doni Salmanan Akan Diperiksa

Untuk kepentingan penyidikan, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri juga berencana memanggil istri Doni Salmanan, Dinan Nurfajrina, pada hari ini, Senin (14/3/2022). Pemeriksaan dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Selain sang istri, pihak berwajib juga turut memanggil manajer Doni Salmanan.

Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri mengatakan, istri dan manajer crazy rich Bandung ini diperiksa bersama dengan beberapa saksi lainnya.

“Istri dan manager DS sudah kita panggil, Senin akan kita periksa bersama saksi-saksi yang lainnya,” terang Asep kepada awak media, Jumat (11/3/2022) pekan lalu.

Terkait perkara ini, Doni Salmanan terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara seperti crazy rich asal Medan, Indra Kenz yang lebih dulu ditetapkan tersangka dan ditahan atas kasus penipuan Binomo.

Doni Salmanan dijerat dengan Pasal 45 Ayat 1 Juncto Pasal 28 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 378 KUHP tentang Penipuan, dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (Tivan)

Exit mobile version