Daftar Laptop Gaming Asus dengan Prosesor Ryzen 6000

Laptop Gaming Asus

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Laptop gaming Asus resmi diperkenalkan dalam rangkaian beberapa laptop gaming terbarunya. Semakin membuat para gamer makin senang karena lapto gaming ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile.

Untuk dicatat, AMD Ryzen 6000 generasi terbaru dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ yang tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik. Peningkatan tersebut membuat laptop gaming Asus terbaru yang ditenagai oleh prosesor ini memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

Keunggulan lain dari prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile juga terdapat pada chip grafis terintegrasinya. Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon yang menggunakan arsitektur RDNA2 yang lebih powerful dan efisien. Chip grafis terbaru tersebut memungkinkan pengguna laptop gaming Asus terbaru untuk tetap dapat mengakses performa grafis yang mumpuni tanpa harus menguras daya baterai berlebih.

Sebagai prosesor modern, AMD Ryzen 6000 Series Mobile juga telah dilengkapi fitur serta teknologi modern. Fitur seperti dukungan PCIe 4.0 telah tersedia di prosesor ini dan akan hadir di seluruh jajaran laptop gaming Asus ROG terbaru di tahun 2022. Selain itu, prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile juga telah mendukung penggunaan port USB 4.0. Generasi terbaru dari port USB tersebut menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi hingga 40 Gbps.

Cek Daftar Laptop Gaming Asus dengan AMD Ryzen 600

Ada rekomendasi laptop gaming Asus yang wajib jadi pertimbangan untuk bermain game, mau tahu apa saja?simak:

1. Asus TUF Gaming 15

Laptop gaming Asus pertama yang direkomendasikan adalah Asus TUF Gaming 15. Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile menjadi “otak” dibalik performa Asus TUF Gaming A15 yang diklaim membuat laptop tidak hanya tampil lebih powerful, tetapi juga lebih efisien dalam hal konsumsi daya.

Kali ini, TUF Gaming A15 ditenagai oleh generasi terbaru serta chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru, memberikan kombinasi hardware yang sangat powerful untuk bermain game.

Seri TUF Gaming A15 terbaru kali ini juga telah dilengkapi dengan MUX Switch yang berfungsi untuk meningkatkan performa gaming dengan cara mengalihkan jalur data dari chip grafis secara langsung ke display tanpa harus melalui chip grafis terintegrasi yang ada di prosesor. Dengan demikian, performa gaming dapat meningkat hingga 10% di sebagian besar game modern yang ada saat ini.

Di sisi lain, pendinginan juga menjadi fokus pada TUF Gaming A15 kali ini. Keduanya kini telah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah). Setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan hanya 0,1 mm di bagian ujungnya.

Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang. Berkat inovasi tersebut, sistem pendinginan TUF Gaming A15 terbaru dapat tampil lebih senyap namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk pengalaman gaming yang lebih baik, Asus memberikan opsi layar Full HD 144Hz di seri TUF Gaming terbaru kali ini. Selain itu, seri laptop gaming ini juga tampil dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime serta tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801H).

2. Asus ROG Strix G15 dan G17

Dalam versi terbarunya, spesifikasi Asus ROG Strix G15 dan G17 ditenagai AMD Ryzen 6000 Series Mobile. Selain itu, kedua laptop gaming terbaru Asus itu dibekali dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, ditambah RAM DDR5 4800 MHz, serta telah menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Sadar betul bahwa kecepatan sangat diperlukan saat bermain game, ROG Strix G15 dan G17 menawarkan opsi layar hingga Full HD 360 Hz. Lalu ada teknologi dari Dolby Vision HD dan Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering.

Sementara itu, response time yang cepat 3 ms memastikan pengguna ROG Strix G15 dan G17 selalu unggul di medan pertempuran. Gamer juga dapat menikmati fitur konektivitas terbaru WiFi 6E serta baterai 90Whr yang tidak hanya berkapasitas lebih besar dari pendahulunya, tetapi juga dapat diisi dayanya melalui fitur USB power delivery menggunakan adapter USB Type-C.

3. Asus ROG Zephyrus G14

Ini merupakan laptop terbaru yang mengombinasikan prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile dengan chip grafis AMD Radeon terbaru. Kombinasi keduanya membuat ROG Zephyrus G14 memiliki performa yang lebih powerful dari generasi sebelumnya.

Tidak hanya itu, ROG Zephyrus G14 juga dibekali dengan fitur eksklusif seperti AMD SmartShift, AMD Smart Access Memory, Radeon Chill, AMD Radeon Anti-Lag, AMD Radeon Boost, serta AMD Radeon Image Sharpening.

Beberapa fitur tersebut bahkan dapat diakses dengan sangat mudah melalui aplikasi Armoury Crate. ROG Zephyrus G14 juga menggunakan sistem pendingin yang memanfaatkan Vapor Chamber khusus serta Liquid Metal Thermal Compound di CPU dan GPU untuk pendinginan yang maksimal.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 kini mengusung layar 14-inci dengan rasio 16:10 sehingga memiliki ruang kerja yang lebih luas. Menariknya lagi, ROG Zephyrus G14 tetap mengusung dimensi bodi yang ringkas meski menggunakan layar yang lebih luas yang juga dilengkapi webcam. Rahasianya ada pada bezel yang sangat tipis bahkan membuat screen-to-body ratio laptop gaming ini mencapai 91%.

ROG Zephyrus G14 juga tetap dilengkapi dengan AniMe Matrix Display di balik layar utamanya. Kali ini, jumlah LED yang digunakan di sistem AniMe Matrix Display lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu mencapai 1449 LED sehingga animasi dan gambar yang ditampilkan menjadi lebih detail dari generasi sebelumnya.

4. Asus ROG Zephyrus G15

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020, ROG Zephyrus G15 merupakan laptop gaming yang juga digemari oleh para content creator karena sangat portable, powerful, serta mengusung layar dengan standar tinggi.

Kini setelah dua tahun berlalu, ROG Zephyrus G15 mendapatkan penyegaran dengan kehadiran prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile yang berpadu dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, RAM DDR5 480MHz, dan penyimpanan PCIe 4.0 x4 SSD.

Meski layarnya masih tetap menggunakan rasio 16:9, namun ROG Zephyrus G15 tetap menggunakan panel beresolusi QHD (2K) dengan color gamut 100% DCI-P3 dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Layar tersebut tidak hanya cocok untuk content creation, tetapi juga gaming. Hal tersebut berkat kemampuan refresh rate 165Hz dan response time 3ms yang membuat ROG Zephyrus G15 juga sangat nyaman untuk bermain game.

5. Asus ROG Zephyrus Duo 16

Sama seperti pendahulunya, ROG Zephyrus Duo 16 juga kembali tampil sebagai laptop gaming terbaik untuk gamer dan content creator, khususnya live streamer.

Bukan hanya sekadar layar biasa, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan layar 16-inci (16:10) ROG Nebula HDR yang merupakan standar layar terbaik untuk laptop gaming. Selain memiliki refresh rate dan response time yang kencang, ROG Nebula HDR juga mampu menampilkan konten HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR 1000.

Kemampuan tersebut bisa dihadirkan berkat penggunaan panel Mini LED dengan 512 dimming zone. Selain itu, layar ROG Nebula HDR juga mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 1100 nits, serta telah mengantongi PANTONE® Validated Display.

Untuk performanya, ROG Zephyrus Duo 16 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile yang lebih kencang sekaligus efisien dari prosesor generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, laptop gaming dua layar terbaik ini juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, dibekali RAM DDR5 4800MHz, dan telah menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 x4. (Tivan)

Exit mobile version