Tren Thrifting, Bisnis Second jadi Peluang Cari Cuan

bisnis second

SEMARANG, MEDIAINI.COM – Tren thrifting makin ramai, bisnis second jadi naik daun. Kini giliran kota Semarang yang menyediakan tempat bagi pencinta thrifting. Komunitas Semarang Flea Market (SFM) mengadakan acara “Thriftvery Day” yang berada di athrium Plaza Simpang Lima Semarang. Acara yang telah berlangsung sejak tanggal 9 Februari lalu masih menyambut pemburu baju second hingga tanggal 13 Februari 2022.

Mediaini yang mengunjungi agenda ini menemukan sekitar 22 stand yang menawarkan produk fashion. Salah satu penyelenggara agenda SMF, Doni yang ditemui Mediaini mengungkapkan jika tren trifting yang semakin disukai generasi muda jadi peluang bisnis yang mendapatkan cuan.  “ Komunitas ini merupakan wadah untuk anak muda yang berjiwa dagang dan begitu digandrungi atau jaman sekarang lagi hitsnya. Khususnya di Semarang sendiri antusias anak mudanya untuk tahu soal Semarang Flea Market.” Ujarnya

Bisnis Second Tawarkan Produk Fashion

Saat tim Mediaini menelusuri satu persatu stand yang menyediakan berbagai produk seperti baju, jaket, hoodie, topi, celana chinos ternyata banyak menemukan brand ternama. Tak heran jika agenda ini pun masih dibanjiri pengunjung hingga sore hari.

Ditambahkan oleh Doni jika keunggulan produk second yang banyak ditawarkan memang tak kalah menarik dengan produk baru tapi memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Pasalnya, para pebisnis second selalu punya cara membuat barang bekas branded tapi masih terlihat apik untuk dijual. “Sebelum menjualnya kami menyortirnya terlebih dahulu dari gudang penyimpanan. Kemudian mencari mana yang masih memiliki nilai jual atau kurangnya resiko kecacatan. Kalau barang atau baju tersebut mengalami kecacatan sedikit itu berpengaruh dalam menjualnya kembali.” Lanjutnya.

SMF memang menjadi komunitas yang aktif mengadakan acara sejak tahun 2018. Selain menggelarnya di pusat belanja modern, beberapa kali acara juga sempat digelar di kafe seputaran kota Semarang.

Cara Memulai Bisnis Second yang Hasilan Cuan Datang

Berdasarkan wawancara dengan salah satu pelaku bisnis second di “Thriftvery Day”, Mediaini mendapatkan rahasia jitu untuk sukses memulai bisnis ini. Pertama, selalu mengikuti tren fashion Faktor ini hal yang utama karena jika Anda ingin bisnis second harus mengetahui trend apa yang lagid digandrungi oleh anak muda jaman sekarang. Contohnya : fashion Korea atau KoreanStyle sedang digandrungi oleh kaum hawa karena keracunan drama korea dan ingin menggunakan fashion yang sesuai dengan artis pujaan mereka.

Kedua, teliti dalam menyortir, saat ingin mensortir baju dalam bentuk packingan besar dari gudang penyimpanan. Harus melihat kondisi baju dari warna dan tahu kerusakan yang bisa diperbaiki. Ketiga, memberi harga sesuai kondisi. Baju yang sudah melalui sortir akan mendapat nilai jual jika sudah dalam keadaan bersih tanpa cacat ketika sudah di cuci dan diperbaiki. (Erni/Switta)

Exit mobile version