SBMPTN 2021, Provinsi Jatim Peserta Lolos Terbanyak

SNMPTN

JAKARTA,MEDIAINI.COM – Sejak dirilis puku 15.00 WIB hasil pengumuman SBMPTN 2021, lini masa ramai dengan banjir ucapan selamat dan motivasi bagi yang belum lolos. Melalui 30 tautan yang telah disediakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), peserta dengan mudah memeriksa daftar namanya tertulis atau tidak.

Kursi jalur SBMPTN yang terbatas ditawarkan memang membuat banyak peserta harus berebut. Tercatat jika sebanyak 184. 942 peserta dinyatakan lolos dari jumlah peserta sebanyak 777.868 peserta. Namun, semua peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN 2021 masih bisa mengikuti seleksi mandiri perguruan tinggi tujuan masing-masing.

Provinsi Jatim Terbanyak Peserta SBMPTN 2021 yang Lolos

Dalam konferensi pers di channel YouTube LTMPT Official, Ketua LTMPT Prof Moh Nasir menyampaikan beberapa data penting. Yaitu, jumlah peserta SBMPTN yang lolos dari Jawa Timur berjumlah 7731. Kemudian disusul dari provinis Jawa Tengah sebesar 5.106 peserta. Urutan ketiga peserta yang lolos wilayah provinsi Sumatera Barat dengan angka 4.795.

Disusul oleh Sumatera Utara, Jawa Barat, Aceh, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur dengan angka peserta lolos rata-rata berjumlah 3 ribu. Peserta SBMPTN yang lolos dari provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah memiliki rerata berjumlah 2 ribu peserta.

Selain itu, Moh Nasir juga menyampaikan provinsi dengan peserta terbanyak yang diterima berasal dari Jawa Timur. Sementara provinsi lain yang juga memiliki peserta yang lolos dengan jumlah yang besar berada di sembilan provinsi. Tercatat provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.

Selanjutnya, Moh Nasir juga memberikan data terkait daftar peserta dengan nilai tertinggi. Menurut catatan dari LTMPT, dalam kelompok Saintek, peserta dengan nilai tertinggi berasal dari UI, ITB, UGM dan posisi keempat UNAIR. Sementara untuk kelompok Soshum, peserta dengan nilai tertinggi berasa dari tiga universitas di Jawa Timur, yaitu ITS, UNAIR dan UB. (Red)

Exit mobile version