Jadwal Operasional Bank di Jakarta yang Buka di Lebaran Kedua 2021

Jam operasional Bank di Jakarta

JAKARTA, MEDIAINI.COM – Masih melayani nasabah, ini jadwal operasional bank di Jakarta yang buka di Lebaran Kedua 2021. Tentu dengan jumlah yang terbatas dan jam yang tertentu pula. Cuti bersama Lebaran 2021 yang tetap diberlakukan yakni 12 Mei 2021 atau H-1. Mengikuti jadwal libur lebaran dan cuti bersama, sejumlah bank menetapkan jadwal operasional dan libur lebaran 2021.

Dalam SKB Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, mengatur tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, mengenai jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021, serta dalam rangka menyediakan infrastruktur bagi pelayanan kepentingan transaksi perbankan untuk masyarakat.

Maka dipastikan kegiatan transaksi yang dilakukan di bank harus mengikuti ketentuan Bank Indonesia dalam menetapkan kegiatan operasional pada Hari Raya Idulfitri 1442 H/Tahun 2021.

Catat Bank di Jakarta yang Buka di Lebaran Kedua

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini daftar dan jadwal operasional bank yang buka di hari lebaran kedua, Jumat (14/5/2021):

1. Bank BNI (Jam Layanan 10.00 – 12.00)

Melalui website resminya hanya ada 24 kantor cabang di Indonesia yang buka melayani nasabah dari pukul 10.00 higga pukul 12.00. Pelayanan yang dibuka pada tanggal 14 Mei 2021 untuk wilayah Jakarta hanya ada pada satu kantor cabang. Yaitu KC Kramat, layanan yang dapat dilakukan hanya Setoran Pembayaran BBM Pertamina.

Sementara di wilayah luar Jabodetabek, ada empat kantor cabang BNI yang juga buka di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah&DIY dan Jawa Timur. Untuk wilayah Sumatera ada lima kantor cabang, sementara untuk wilayah Kalimantan hanya satu kantor cabang terbatas.

2. Bank Mandiri (Jam Layanan 08.30–15.00 WST)

Bank di Jakarta yang tetao buka di hari Lebaran Kedua 2021 adalah bank Mandiri. Tercatat, ada lima kantor cabang bank Mandiri di wilayah Jakarta tetap buka di tanggal 14 Mei 2021. Yaitu dua kantor cabang di Region III Jakarta 1 yaitu KCP Jakarta Pluit Selatan dan KC Tangerang Bintaro. Sementara untuk Regian IV Jakarta 2 ada di kantor cabang Jakarta Pasar Rebo dan kantor cabang Jakarta Kebon Sirih. Untuk Bank Mandiri Region V Jakarta 3 kantor cabang Bank Mandiri dengan layanan terbatas yaitu KC Jakarta Sudirman.

Tercatat juga ada 10 kantor cabang di wilayah Sumatera yang buka, 9 kantor cabang di wilayah Jawa, dan 2 kantor cabang di wilayah Kalimantan. Sementara untuk wilayah Sulawesi dan Maluku ada 7 kantor cabang yang melayani. Dua kantor cabang di wilayah Bali dan Nusa Tenggara dan dua kantor cabang di wilayah Papua juga siap melayani nasabah Bank Mandiri.

3. Bank BTN

Bank di Jakarta yang buka di Lebaran kedua tanggal 14 Mei 2021 adalah BTN. Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman dalam keterangan resminya (3/5/2021) mengatakan sejumlah kantor cabang BTN akan tetap beroperasi terbatas selama periode Idul Fitri 2021. “Selain itu, di masa perayaan Idul Fitri 2021, kami juga memastikan layanan digital banking kami tetap optimal dalam melayani kebutuhan transaksi keuangan para nasabah Bank BTN,” ujar Ari Kurniaman.

Namun sayangnya dalam website resmi tidak ditemukan jadwal layanan dan kantor cabang terbatas yang beroperasional di Lebaran Kedua 2021.

Catat, Jenis Layanan Perbankan Selama Libur Lebaran

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengumumkan jadwal kegiatan operasional dan libur menjelang perayaan Lebaran 2021, sebab ada beberapa kegiatan transaksi yang ditiadakan.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan penetapan jadwal operasional BI dalam rangka Hari Idul Fitri 1442 H sebagai berikut:

  1. Kegiatan Operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) pada Rabu-Jumat, 12-14 Mei 2021, layanan kegiatan Penyelenggaraan Sistem BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP ditiadakan.
  2. Kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pada 12-14 Mei 2021, seluruh kegiatan Penyelenggaraan SKNBI ditiadakan.
  3. Layanan kas ditiadakan.
  4. Operasi moneter valas, operasi moneter rupiah seluruh kegiatan transaksi ditiadakan.
  5. Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) tidak diterbitkan.(Ken)

Sumber Gambar : Dokumen Istimewa Website BNI

Exit mobile version