Ide Bisnis Olahan Ikan Lele, Mana Saja yang Menguntungkan?

Share artikel ini

MEDIAINI.COM – Ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan. Rasanya yang enak dan memiliki kandungan gizi serta protein tinggi, membuatnya banyak digemari. Terlebih, ikan lele cenderung lebih murah jika dibandingkan protein hewani lain seperti ayam atau sapi.

Tak hanya bisa digoreng, dibakar, dan digeprek, lele juga bisa olah menjadi makanan kemasan. Misalnya, olahan abon lele, keripik lele, bahkan jenis kue nastar kini juga ada yang berbahan dasar lele. 

Berbagai tren olahan lele tersebut hanya sebagian kecil saja dari ide kreasi lele. Masih banyak ide kreasi lain yang tak kalah menariknya. Dan yang pasti, sama-sama menghasilkan cuan berlipat.

Memancing Cuan dengan Ikan Lele

SOULE, merupakan UKM dari Pasuruan, Jawa Timur yang turut menjual aneka olahan ikan lele. Titin Mukadah, pemilik SOULE, mengatakan bahwa respon pasar terhadap abon lele miliknya sangat tinggi. 

Dari yang tadinya hanya menjual abon lele, kini SOULE telah memiliki berbagai produk olahan lain dari ikan lele. Mulai dari pastel, dodol lele, kripik, krupuk, hingga stik lele. Olahan lele miliknya, tak hanya beredar di pasar lokal, namun juga mulai merambah pasar luar negeri.

Harga produknya bervariasi, mulai dari Rp7 ribu hingga Rp25 ribu. Produknya juga memiliki beberapa pilihan kemasan seperti ukuran 75 gram, 100 gram, 250 gram, dan 500 gram. Kini, omzetnya dalam satu bulan bisa mencapai Rp60 juta.

Tak hanya diolah untuk camilan. Ikan lele juga bisa diolah menjadi minuman. Di tangan perempuan asal Boyolali, Eka, ikan lele dibuatnya menjadi es dawet. Ide kreatifnya ini hadir dari kegelisahan terhadap konsumsi ikan yang masih minim.

Olahan es dawet miliknya, selain bisa untuk menghapus dahaga juga bisa menambah asupan protein bagi peminumnya. Harga es dawet lele cukup murah, hanya Rp5 ribu per gelas.

Siapa sangka es dawet yang unik ini laris manis di pasaran. Dalam satu hari saja ia bisa menjual sekitar 200 gelas, itu artinya omzet per hari es dawet miliknya bisa sampai Rp1 juta.

7 Ide Bisnis Olahan Lele

Ikan lele yang tadinya hanya dianggap makanan murah, kini bisa bertransformasi menjadi aneka olahan yang mendatangkan untung berlipat. Lalu, apa saja olahan unik yang bisa dibuat dengan bahan dasar ikan lele? Berikut ulasan Mediaini.com berdasar penelusuran data di media daring. 

Pertama, abon ikan lele. Rasa ikan lele yang nikmat dan khas membuat ia cocok dijadikan sebagai olahan abon. Abon lele bisa menjadi alternatif baru, ketika orang mulai bosan dengan abon sapi.

Kedua, selai ikan lele. Selai ini bisa dijadikan olesan roti untuk menu sarapan. Tak hanya menawarkan cita rasa unik, namun juga memberi asupan gizi dan protein yang cukup tinggi.

Ketiga, salad. Meski lele termasuk jenis ikan air tawar, namun rasanya tetap cocok dipadukan dengan aneka sayuran di dalam salad. Terlebih, kandungan di dalamnya bisa untuk menyuburkan wanita ataupun pria.

Keempat, burger. Burger dengan isian daging ayam atau sapi sudah tak terhitung jumlahnya. Dengan menjual burger isian daging lele, tentu bisa menambah nilai jual sebuah makanan. Daging lele yang lebih lembut dibanding ayam atau sapi akan menjadi sensasi baru dalam melahap burger.

Kelima, bakso. Bakso memang telah menjadi makanan favorit di Indonesia. Karena sudah banyak memiliki penggemar, tak ada salahnya menawarkan menu baru bakso lele. Campuran unik ini dijamin akan membuat banyak orang penasaran.

Keenam, nugget. Rasanya yang enak dan cara memasaknya yang praktis membuat makanan ini banyak disukai. Banyak yang mulai berinovasi dalam membuat nugget, salah satunya dengan mencampurkan ikan lele sebagai bahan utamanya.

Ketujuh, ikan asap. Umumnya ikan pari lah yang digunakan sebagai ikan asap. Namun, ikan lele juga tak kalah nikmat ketika dibuat versi ikan asap. 

Baca juga : Rekomendasi Nugget Lele Enak dan Penuh Zat Gizi

Menaikkan Harga Jual Ikan Lele

Aneka olahan ikan lele telah menaikkan nilai jual dari ikan air tawar tersebut. Lusi Irawati dan suaminya Anjar Suprayitno, telah berpengalaman dalam proses budidaya ikan lele. Harga ikan lele memang kurang stabil, bahkan cenderung ditawar murah. Hal ini tak jarang membuatnya merugi ketika masa panen tiba.

Tak patah arah, suami istri asal Jember ini lalu mulai membuat aneka olahan dari ikan lele. Mereka membuat siomay, nugget, lumpia, stik lele, sosis, pastel, dan keripik dari olahan daging lele hasil budidaya mereka.

Rasa daging lele yang sudah sejak awal enak membuatnya tak perlu memakai banyak bumbu. Lusi mengaku bisa menghabiskan 5 hingga 10 kilogram lele setiap harinya. Hasil olahan lele miliknya, seperti pastel, abon, keripik lele dan stik lele telah dipasarkan hingga luar negeri. Harga yang dipatok untuk aneka olahan lele miliknya cukup terjangkau, mulai dari Rp9.500 sampai Rp35.000. (Chelsea Venda)

Baca juga : Melirik Bisnis Ternak Lele, Peluang Besar Dapatkan Uang Hadapi Pandemi