Deretan Situs Preloved Terpercaya yang Banyak Direkomendasikan

Share artikel ini

MEDIAINI.COM – Berburu barang preloved telah menjadi tren baru dalam dunia fesyen. Sebab, pembeli bisa mendapatkan barang dari merek terkenal namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. 

Untuk berburu barang preloved, pembeli bisa mencari di toko offline, maupun toko online. Banyak sekali situs-situs terpercaya yang menjual barang preloved. Di Instagram pun, sudah menjamur akun barang preloved dengan konsep khas masing-masing.

Misalnya akun @trovetrove. Penjual barang preloved asal Kota Bandung ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menjual barang preloved dalam setelan gaya nyentrik. Pemilihan warnanya tergolong berani. Bagi yang menyukai pakaian dengan warna cerah, @troverove cocok menjadi pilihan.

Selain itu, ada juga @Nonbasicbasic. Toko preloved yang satu ini berfokus pada gaya vintage. Aneka sweatshirt, bahan corduroy, hingga dress dapat ditemui di sini. Mereka juga sering membagikan tips menarik bagaimana mix and match barang preloved. 

9 Situs Barang Preloved

Berikut beberapa rekomendasi situs barang preloved :

Pertama, Tinkerlust. Tinkerlust merupakan salah satu situs terpercaya untuk mencari barang preloved. Sebab, Tinkerlust melakukan kurasi dari barang yang akan mereka jual. 

Kedua, Shopee. Situs yang terkenal sering memberi promo gratis ongkir ini juga bisa menjadi alternatif untuk berburu barang preloved. Berbagai macam produk fesyen preloved tersedia, mulai dari pakaian, celana, jaket, hingga berbagai aksesoris lain.

Ketiga, Prelo. Situs ini mulai naik daun berkat jual beli barang preloved. Barang preloved dari brand besar bisa ditemui di sini, seperti Uniqlo, Compass, hingga H&M. 

Keempat, Belanjabekas. Dari namanya sudah tertebak bahwa situs ini fokus kepada barang secondhand. Meski awalnya lebih fokus kepada barang elektronik, namun saat ini mulai banyak produk fesyen yang dijual. 

Kelima, Carousell. Marketplace asal Singapura ini banyak digemari karena mudah digunakan. Fiturnya yang lengkap ditambah berbagai varian barang yang tersedia, membuat Carousell banyak diburu orang.

Keenam, OLX. Situs yang sebelumnya bernama Tokobagus ini memang sejak awal fokus kepada jual beli produk bekas. Situs webnya yang cenderung sederhana membuatnya aplikasi ini gampang digunakan. Tak hanya menjual preloved fesyen, tetapi juga barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga urusan properti.

Ketujuh, Bukalapak. Bukalapak terkenal dengan promosinya yang unik. iklan mereka yang tayang di televisi misalnya, lebih banyak bertema humor. Kini bermunculan toko-toko yang menjual barang preloved di aplikasi ini.

Kedelapan, Jualo. Marketplace ini memiliki fitur unik bernama geo-search, yang akan membantu melihat berapa jarak antara pembeli dan penjual. Di situs ini juga diperbolehkan tawar menawar harga.

Kesembilan, Tokopedia. Sebenarnya, marketplace ini tidak fokus untuk berjualan preloved. Namun, sejak barang preloved mulai digandrungi, mulai muncul banyak toko yang menjual preloved di Tokopedia. 

Tips Berbelanja Barang Preloved

Meski barang preloved sedang banyak diminati, perlu diperhatikan bahwa barang preloved tetap merupakan barang bekas. Dengan demikian perlu kejelian sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Periksalah barang preloved secara detail. Jika berkunjung ke toko secara langsung, perhatikan jahitan di sudut-sudut sempit dan noda-noda kecil yang mungkin membekas. Namun, jika berburu lewat online, calon pembeli bisa meminta si penjual untuk mengirim foto produk secara lebih detail. Hal ini untuk mengetahui bagian minus dari produk preloved.

Tak ada salahnya pula untuk melakukan perbandingan. Kunjungi situs lain yang menawarkan produk serupa. Biasanya akan terdapat perbedaan harga, namun perbedaan harga juga terkadang didasarkan atas perbedaan kualitas.

Disamping menuntut ketelitian dalam proses jual beli, berburu barang preloved juga dituntut untuk bergerak cepat. Sebab barang preloved adalah barang dengan satu warna dan satu ukuran. Jika telat sedikit, sulit menemukan barang serupa lagi. Hal inilah yang membuat berburu preloved memiliki seni tersendiri.

Terakhir, cek reputasi penjual. Reputasi ini menandakan kepercayaan konsumen terhadap penjual. Di beberapa situs penjualan sudah terdapat rating dalam bentuk bintang. Pastikan untuk membeli barang preloved dari toko yang telah memiliki rating bintang yang baik. (Chelsea Venda)

Baca juga : Tertarik Bisnis Preloved? Ikuti Trik Jitunya Berikut Ini