7 Rekomendasi Tempat Les Calistung Dengan Metode Pembelajaran yang Tepat untuk Anak Usia Dini

Tempat Les Calistung

MEDIAINI.COM – Tempat les calistung merupakan tempat untuk metode pembelajaran kepada Anak usia dini, mulai dari mengenal huruf dan angka. Keterampilan calistung membaca menulis serta berhitung bisa dikenalkan pada Anak usia dini di mulai ketika Anak berusia lima tahun. Usia-usia tersebut merupakan usia emas yang harus diberi stimulus secara maksimal. Semua pelajaran yang didapat oleh Anak usia dini akan sangat berpengaruh pada kehidupannya ketika sudah beranjak dewasa. 

Memiliki Anak yang pintar dan cerdas merupakan idaman bagi semua orang tua. Agar ayah bunda bisa memiliki anak yang pandai dan rajin kita harus mengajari calistung sejak usia dini. Belajar calistung sangat penting bagi masa depan anak, oleh karena itu kebanyakan orang tua mengajari anaknya dengan metode pembelajaran calistung. 

Namun, tak semua orang tua bisa mengajarkan calistung seperti membaca, menulis, dan menghitung. Baik itu karena tidak ada waktu luang yang cukup banyak, maupun karena kompetensi dari orang tua sendiri. Hal tersebut banyak orang tua lebih mempercayakan tempat les calistung untuk mengasah kemampuan akademik buah hatinya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat les calistung dengan metode pembelajaran yang tepat untuk Anak usia dini. 

7 Rekomendasi Tempat Les Calistung Dengan Metode Pembelajaran yang Tepat untuk Anak Usia Dini

1. Fun and Smart Education Center

Fun and Smart Education Center, kini membuka kelas baca tulus dengan harga Rp 400 ribu. Meski cukup mahal, fasilitas di Fun and Smart cukup lengkap. Selain itu juga, untuk meyakinkan, tempat bimbel ini sangat memperbolehkan orang tua untuk trial secara gratis sebelum memutuskan untuk bergabung atau tidak. Untuk lokasinya sendiri berada di Daerah Kemayoran Jakarta.

2. Anak Hebat 

Tempat les ini mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu ada di sisi jumlah siswa. Setiap guru hanya bisa mengampu dua siswa saja. Alhasil, proses belajar siswa menjadi lebih efektif serta terpantau dengan baik. Pengajar juga menggunakan pendekatan individual. Hal ini karena Anak Hebat percaya kalau setiap anak memiliki karakter dan metode belajar yang berbeda-beda.

3. Binta Baca 

Binta Baca merupakan tempat les yang  menerima anak-anak yang ingin belajar tentang membaca, menghitung, dan menulis mulai dari umur 4-6 tahun. Umur tersebut merupakan masa di mana anak-anak sedang asiknya untuk bermain. Untuk biaya pendaftaran berkisar Rp50 ribu, kemudian untuk kursus bulanan berkisar Rp150 ribu. Untuk biaya lainnya terkait perlengkapan belajar anak Rp150 ribu. Nantinya anak akan belajar seminggu dua kali dengan waktu belajar 40 menit setiap pertemuan. Hal ini membuat Binta Baca menerapkan metode belajar fun and smart pada proses pengajarannya.

4. Balistung

Balistung salah satu tempat les yang menerapkan metode pembelajaran terbaik untuk Anak usia dini. Tempat les ini terletak di Bali, tepatnya di Jl. Tukad Pakerisan, Denpasar. Untuk proses pembelajarannya, Balistung menggunakan pendekatan secara psikologi kepada setiap Anak agar para tenaga pengajarnya bisa menyesuaikan karakter dan gaya belajar pada siswa. Proses belajarnya dilakukan selama 8 kali dalam waktu 1 bulan, setiap pertemuan dilakukan selama kurang lebih 90 menit. Untuk biaya les di Balistung per bulan sebesar Rp400 ribu.

5. Erra Edu

Erra Edu merupakan lembaga pendidikan non formal yang berlokasikan di Bekasi. Bimbel ini menyediakan program homeschooling dan les calistung. Selain itu, tenaga pengajar di Erra edu juga profesional dan terlatih. Hal tersebut membuat kepercayaan para orang tua terhadap Erra Edu semakin baik. Salah satu keunggulan Erra Edu adalah waltu belajar yang fleksibel, bisa disesuaikan dengan waktu orang tua, selain itu sarana dan prasarana juga sangat memadai dan mendukung proses belajar Anak. Tak mengherankan jika Erra Edu termasuk golongan tempat bimbel favorit di wilayah Bekasi. 

6. biMBA AIUEO

Tempat ini merupakan bimbingan minat belajar anak yang bertujuan untuk membangun karakter anak agar lebih suka belajar sesuatu. Hal ini membuat bimbel tersebut lebih fokus untuk proses bukan hasil semata. Bimbel ini telah tersedia di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Aceh, Bali, Banten, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan masih banyak lagi. Untuk biaya pendaftaran biMBA AIUEO sebesar Rp250.000, dengan uang kursus bulanan berkisar Rp150.000 – Rp350.000. Harga tersebut di tiap unit cabang bisa berbeda-beda. 

7. Gafa

Gafa merupakan tempat les calistung yang menerapkan metode pembelajaran yang berbeda dari tempat les yang lainnya. Pasalnya Gafa lebih banyak menggunakan metode dengan menggunakan alat peraga, mulai dari gambar, buku seri, dan masih banyak lainnya. Proses belajar di Gafa memiliki tujuan dan langkah yang jelas, dimulai dari belajar memahami huruf, kata, hingga sampai ke proses untuk bisa membaca, untuk biaya lesnya kisaran Rp300 ribu per bulan.

Manfaat Tempat Les Calistung bagi Anak Usia Dini

Manfaat tempat les calistung diantaranya adalah untuk melatih kepribadian anak, hal ini bisa dilihat ketika anak berani belajar sesuatu hal baru yang menandakan anak akan terus untuk berkembang. Mengasah kreatifitas dan memori anak agar lebih optimal. Metode calistung ini memang dianggap sangat efektif dibanding metode hafalan saja, Anak pun lebih cenderung mudah menerima materi ketika sudah menguasai ilmu calistung. 

Manfaatnya yang lainnya yaitu, meningkatkan kemampuan berfikir berkat materi-materi yang diberikan saat mengikuti les calistung. Ini merupakan faktor yang penting untuk memastikan siap mengikuti proses pembelajaran lebih lanjut. Selain itu anak juga mengetahui bidang yang spesifik seperti minat atau bakat yang dimiliki oleh anak. Serta masih banyak manfaat yang lainnya terkait tempat les calistung untuk anak usia dini. (Taufik)

Exit mobile version