9 Rekomendasi Minuman Buka Puasa, Pilih Mana?

minuman buka puasa

Sumber: Pixabay

MEDIAINI.C0M – Minuman buka puasa ini jadi santapan yang segar dan bikin tubuh semakin bersemangat jika dikonsumsi sebagai takjil. Minuman manis memang menjadi kebiasaan saat berbuka puasa.

Ada pun anjuran berbuka puasa dengan menu yang manis sudah menempel di masyarakat. Tidak heran jika para penjual takjil beramai-ramai menjual menu-menu manis di jajanan.

Asupan makanan manis ketika berbuka puasa sendiri memiliki fungsi tertentu. Menu manis seperti minuman manis dapat mengembalikan gula darah yang sempat turun Anda menjalankan ibadah berpuasa.

Makanan manis juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk tubuh. Sebagai contoh adalah kurma yang terdapat gula alami sebagai kandungannya. Kandungan ini tidak akan terlalu cepat menaikan gula dalam darah.

9 Rekomendasi Minuman Buka Puasa yang Segar, Pilih Mana

1. Es Blewah

Sumber: IG @koh_aming

Rekomendasi minuman buka puasa yang pertama adalah Es Blewah. Bahan-bahannya adalah sirup cocopandan, cincau hitam, blewah, air, dan selasih. Harganya dibanderol Rp 5.000 hingga Rp 10.000 dan menjadi hidangan segar.

2. Es Timun Selasih

Sumber: IG @parboaboa

Di rekomendasi minuman buka puasa kedua adalah Es Timun Selasih. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah gula pasir, selasih, air, sirup cocopandan, dan timun. Harganya dibanderol Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Hidangan ini cocok untuk menyegarkan tenggorokan.

3. Es Jelly Cincau Pandan

Lalu, di rekomendasi ketiga minuman buka puasa adalah Es Jelly Cincau Pandan. Bahan yang dibutuhkan antara lain gula merah, Jelly cincau, creamer, dan air campuran gula merah. Harganya dibanderol kisaran Rp 5.000. Rasanya kenyal-kenyal segar.

Sumber: IG @pawonsenggani

4. Es Bongko

Sumber: IG @amey_dd

Selanjutnya, di rekomendasi minuman buka puasa keempat adalah Es Bongko. Bahan untuk membuat es bongko adalah air pandan, santan, gula pasir, garam, dan tepung hunkwe, susu kental manis, dan gula merah. Harganya dibanderol sekitar 8000.

5. Es Doger

Sumber: IG @mas_bro_beverages

Es Doger menjadi rekomendasi minuman buka puasa kelima dari Mediaini. Es yang sangat populer ini menggunakan bahan-bahan berbagai macam buah, sirup, es dan aneka topping. Harga minuman untuk buka puasa ini dibanderol sekitar Rp 10.000.

6. Es Kopyor

Sumber: IG @chejustche

Lalu, di rekomendasi keenam adalah Es Kopyor. Bahan dasar minuman ini adalah kelapa muda, yang dilengkapi dengan berbagai topping. Harganya biasanya dibanderol Rp 10.000 dan menjadi penyejuk tenggorokan yang paling diburu. 

7. Bubur Kacang Ijo

Sumber: IG @kokopengengendut

Bubur kacang ijo adalah rekomendasi ketujuh minuman buka puasa dari Mediaini. Minuman ini tidak hanya mengobati rasa haus, tetapi juga dapat membuat perut kenyang. Harganya dibanderol sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 dan berbahan dasar kacang hijau.

8. Es Kuwut

Sumber: IG @rika_mamika

Lalu di rekomendasi kedelapan minuman buka puasa adalah Es Kuwut. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah air kelapa muda, melon serut, nata de coco, dan selasih. Harganya dibanderol sekitar Rp 15.000. 

9. Es Mango Delight

Sumber: IG @mangodelight.id

Rekomendasi terakhir dari Mediaini adalah Es Mango Delight. Bahan pembuatannya adalah mangga, sirup jeruk, nata de coco, dan soda. Jika Anda membeli 3 cup mango delight dibanderol sekitar Rp 50.000.

Tips Memilih Minuman Sehat

Dalam memilih minuman sehat, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Tips pertama adalah memperhatikan kalori di dalamnya. Pilihan minuman yang kandungannya kurang dari 400 kalori.

Tips kedua adalah dengan memperhatikan label minuman kemasan. Di sana Anda dapat menyimak berapa kandungan energi, gula, sodium hingga lemak. Pastikan juga besaran asupan zat gizi.

Selanjutnya, pilih produk yang kandungan gulanya rendah. pilih juga yang kandungan sodium atau lemaknya rendah. Biasanya ada keterangan dalam kemasan dari minuman.

Jangan lupa untuk memilih minuman sesuai dengan bujet. Pasalnya, menu buka puasa tidak hanya minuman saja. Anda pun harus membeli makanan dan buah-buahan lainnya. (Tri Puspitasari)

 

Exit mobile version