9 Rekomendasi Oven Listrik Low Watt Terbaik 2021

oven listrik low watt

MEDIAINI.COM – Jika Anda memiliki rencana memulai bisnis kue, maka persiapkan peralatan baking yang memadai. Salah satu peralatan baking yang penting adalah oven. Oven listrik low watt terbaik bisa jadi pilihan untuk mendukung bisnis kue kering makin produktif. Apalagi oven listrik low watt bisa menghemat pengeluaran biaya listrik sehingga keuntungannya juga lebih besar.

Ada beberapa jenis oven yang ada di pasaran yang bisa dipilih. Pertama, oven konvensional. Yaitu oven yang menyatu dengan kompor gas. Biasanya oven ini ada pada rumah-rumah kelas menengah ke atas. Oven ini ada pada bagian bawah tungku kompor. Kelebihannya yaitu bagian bodinya kuat dan kokoh. Kedua, oven listrik. Oven ini mengandalkan sumber panasnya dari listrik. Jenis oven ini dinilai praktis karena tidak perlu menjaga kestabilan panasnya. Bahkan jika sudah selesai, maka oven akan otomatis berbunyi.

Ketiga, oven konveksi yang bedanya ada pada letak kipas di dalam oven. Oven ini terdapat kipas didalamnya sehingga udara panas di dalam bisa berputar saat dinyalakan. Panas ovennya merata dan tidak terpusat. Fitur panggangnya membuat proses pemanggangan sempurna. Keempat, oven kompor yang ovennya diatas kompor. Oven ini lebih ekonomis harganya, tapi kemampuan memanggan oven ini untuk kue dan roti skala kecil sampai menengah.

Selanjutnya ada oven gas. Dimana oven ini untuk produksi rutin yang cukup tinggi. Harganya memang cukup mahal bahkan bisa menguras modal awal. Oven ini menggunakan panas dari gas LPG. Biasanya untuk memanggang roti, kue, pizza dan masakan lain. Terakhir adalah oven hybrid atau oven elektrik untuk memanaskan makanan dan membuat makanan. Alat ini menggunakan gas sebagai bahan bakar dan listrik untuk mengendalikan kerja oven. Pengaturan suhunya bisa dikontrol otomatis.

9 Rekomendasi Oven Listrik Low Watt Terbaik 2021

1. Kirin

Sumber: IG @bennyjayapetisah

Kirin terkenal sebagai merek penanak nasi yang juga menghadirkan produk oven listrik low watt. Oven ini mempunyai daya listrik yang cukup rendah untuk memanggang kue yaitu hanya 275 watt. Oven ini bisa menampung tiga Loyang kue dengan susunan yang sangat rapi. Dilengkapi dengan fitur timer, sehingga hasilkuenya menjadi sangat baik.

2. Oxone

Sumber: IG @arshyshop 

Jika Anda membutuhkan oven listrik low watt yang serbaguna maka bisa memilih merek Oxone. Oven ini bisa untuk memanggang dan juga memanaskan makanan dengan cepat. Tak hanya memanggan roti dan memanaskan makanan, tapi juga bisa untuk barbeque. Harganya juga terjangkau, yakni mulai Rp500 ribuan. Dengan kapasitas 18 liter, daya listriknya sekitar 400-800 watt. Memiliki maksimum temperature hingga 230 derajat celcius dengan maksimum 120 menit.

3. Cosmos

Sumber: IG @sasa_suratman

Cosmos juga memiliki produk oven listrik dengan daya yang kecil. Oven ini bisa dipilih untuk yang baru memulai bisnis kue. Konsumsi daya listriknya berkisar 300 watt. Meski begitu, oven ini mampu menghasilkan panas mencapai 250 derajat celcius. Tersedia fitur timer yang dapat disesuaikan dengan masakan. Oven ini memiliki kapasitas mencapai 18 liter.

4. Panasonic

sumber: IG @panasoniccookingid

Oven listrik dari Panasoni juga dapat dipilih. Apalagi oven listrik ini menggunakan teknologi inverter untuk menghemat energy. Kapasitas 27 liter dengan teknologi inverter. Oven ini memiliki fungsi 3 in 1, yaitu memasak, memanggan dan mengukus. Oven ini memiliki maksimum temperature mencapai 250 derajat celcius. Konsumsi daya listriknya sebesar 1200 watt. Tapi harganya memang cukup mahal yaitu Rp 6 jutaan.

5. Maspion

Sumber: IG @sigma_belltronic

Maspion juga menghadirkan produk oven listrik yang bisa dipilih. Alat pemanggang ini cepat, efisien dan hemat. Tak hanya untuk memasak tapi juga menghangatkan makanan. Oven ini dibekali dnegan temperature suhu mencapai 250 derajat celcius dan pengatur waktu hingga 60 menit. Dengan kapasitas mencapai 20 liter dengan watt yang kecil yaitu 850 watt. Harganya sekitar Rp400 ribuan saja.

Baca juga: Bisnis Kue Kering Jelang Natal, Cara Memulai dan Tips Sukses

6. Signora

Sumber: IG @lindasaystore.id

Oven dari Signora ini sudah terkenal untuk memanggang kue. Oven ini sangat cocok untuk memanaskan kue, roti, pizza hingga gorengan. Oven ini memiliki daya listrik sebesar 600 watt saja. Dengan kapasitas 6 liter, oven Signora ini telah dilengkapi timer otomatis 1-15menit. Terdapat aksesori rak jari dan rak minyak sehingga jadi fitur tambahan. Meskipun harga oven ini murah yakni hanya Rp600 ribuan saja.

7. Electrolux

Sumber: IG @ferlegno_srl

Electrolux merupakan brand oven yang bisa dipilih para pencinta baking. Selain memanggang roti, oven ini juga bermanfaat untuk memanggang daging, roast, grill, serta membakar. Oven ini dilengkapi wadah yang bisa dilepas pasang. Kualitasnya tak perlu diragukan karena awet dan tahan lama. Kapasiasnya mencapai 10 liter dan terdapat 4 mode pemanas. Daya listriknya 1000-1200 watt dan dibekali fitur pizza stone untuk memanggang pizza.

8. Kels

Sumber: IG @informa.puriindah

Kels merupakan oven yang jadi favorit bagi para pencinta baking. Meskipun daya listriknya rendah dengan 600 watt, tapi kapasitasnya medium yaitu sebesar 12 liter. Oven ini memiliki kemampuan suhu pemanas hingga 250 derajat celcius. Oven ukuran minimalis ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sehingga cocok untuk memasak standar rumahan. Bahkan bisa muat dua loyan standar serta dilengkapi aksesori baking tray dan wire rack yang kokoh.

9. Kris

Sumber: IG @sikecil_punya

Kris oven menjadi oven yang bisa jadi referensi menarik untuk dapur Anda. Ukurannya mungil, tapi bisa menampung kapasitas hingga 10 liter. Meski begitu, daya energinya sangat kecil yaitu 350 watt. Kris oven ini juga memberikan dua mode setelan pemanas di bagian atas dan bawah untuk memastikan panas tersebar merata. Sehingga oven dari Kris ini bisa jadi rekomendasi oven listrik yang low watt.

Tips Memilih Oven Listrik Low Watt Terbaik

Banyaknya oven listrik low watt terbaik ini maka perlu tips memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Pertama, cek daya listrik, kapasitas dan material oven yang digunakan. Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan produksi dan pilihlah daya listrik yang rendah agar biaya listrik tidak menjadi mahal. Pilih material oven yang mudah dibersihkan dan tahan lama atau anti karat.

Kedua, pilihlah oven listrik yang memiliki pemanas atas dan bawah. Sebab bisa lebih praktis dan hemat. Meskipun harganya biasanya lebih mahal sedikit. Tapi lebih multifungsi, dan bisa mematangkan makanan secara merata dengan lebih baik. Pasalnya Setiap oven listrik memiliki variasi sendiri untuk elemen pemanasnya. Ada yang hanya di bawah, ada yang hanya di atas, dan ada juga yang memiliki keduanya.

Terakhir, pilih oven listrik low watt yang terbaik dengan memastikan fungsi pemanasdan suhu berfungsi dengan baik. Jika tidak ada panas yang keluar, maka oven listrik tidak akan mampu memanggang dan mematangkan makanan. Oleh karena itu, saat akan membeli, jangan lupa untuk memastikan elemen pemanas berfungsi dengan baik. Coba juga elemen pemanas di berbagai tingkatan suhu, sekaligus untuk mengecek apakah fitur pengatur suhu berfungsi atau tidak. (Gusti Bintang K.)

Foto iIustrasi: Pexels

 

Exit mobile version