7 Franchise Ekspedisi yang Paling Laris Digunakan, Tertarik?

franchise ekspedisi

MEDIAINI.COM – Franchise ekspedisi bisa jadi pilihan untuk membuka peluang bisnis ekspedisi. Ada pun bisnis franchise ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan merintis usaha sendiri. Salah satunya adalah sudah memiliki pelanggan. Jadi Anda pun tidak akan sulit dalam pemasaran.

Kelebihan lainnya adalah mereka sudah memiliki manajemen keuangan yang baik. Anda pun tidak perlu pusing lagi. Bahkan, segala manajemennya sudah diatur dengan baik. Anda tinggal mengikutinya dan mempelaarinya untuk membangun bisnis sendiri suatu saat nanti. 

7 Franchise Ekspedisi, Begini Syarat dan Cara Gabungnya

1. JET Express

Rekomendasi pertama adalah JET Express. Ada 2 jenis outlet partnership package untuk franchise ekspedisi yang ditawarkan. Pertama Market Entry Package seharga 5 Juta dan kedua adalah  Complete Package yang dibanderol Rp15 Juta. Nantinya, Anda akan mendapatkan keuntungan 20% dari total weekly sales.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk lokasi dan Infrastruktur outlet harus mudah diakses kendaraan (mobil dll), terdapat ruang tunggu lengkap dengan fasilitas. Lalu untuk sistem, Anda harus menyediakan laptop, printer, timbangan digital minimal 30 kg, dan akses internet.

Perhatikan juga sarat administrasi dalam mendaftar. Anda dapat mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan KTP, NPWP, pas foto 4 x 6 cm (3 buah). Sediakan juga Akta Pendirian Perusahaan, Izin Daftar Perusahaan dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian, Sertifikat Pendaftaran Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), dan map lokasi dan foto outlet.

2. JNE

Lalu di rekomendasi kedua terdapat JNE Express. Untuk menjalin kerja sama dengan JNE, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk syarat administrasi franchise ekspedisi JNE, isilah formulir Pendaftaran Sales Counter Registration Form (SCRF). Sediakan juga fotokopi KTP, pas foto berwarna pemohon dengan latar belakang merah berukuran 4×6.

Selain itu, sertakan fotokopi rekening koran 3 selama bulan terakhir. Anda juga sekaligus membayar biaya perlengkapan sales, uang jaminan, fotokopi surat kepemilikan tempat lokasi usaha (jika menyewa, perjanjian sewa menyewa atau SHM atau AJB). Lengkapi juga SKDU, fotokopi Surat Izin Gangguan/HO, fotokopi bukti pembayaran PBB, dan foto dan denah letak calon lokasi usaha

Selain sarat di atas, ada juga syarat khusus yang harus Anda penuhi. Beberapa diantaranya adalah jika untuk perorangan, menyertakan fotokopi Kartu Keluarga, dan fotokopi NPWP. Jika merupakan Badan Usaha Berbadan Hukum, sertakan fotokopi Akta Pendirian Perusahaan, fotokopi KTP Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan, fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan lain sebagainya.

3. Si Cepat

SiCepat juga memiliki franchise ekspedisi yang dapat Anda coba. Si Cepat ini juga sudah memiliki banyak pelanggan. Nama brandnya juga terkenal dan  bisa bersaing dengan kompetitor lain. Memilih Si Cepat menjadi salah satu media ampuh dalam mengumpulkan cuan. 

Ekspedisi ini sudah ada sejak tahun 2004. Ekspedisi yang ditawarkan adalah via udara dan darat. Untuk itu, Anda harus menyediakan kendaraan darat yang mumpuni untuk mendukung jalannya bisnis Anda. Pasalnya, kendaraan menjadi modal utama dalam mengoperasikan usaha ini.

Your Delivery is Our Priority” adalah motto yang ditekankan oleh Si Cepat. Anda dapat menjalin mitra waralabanya bersama Si Cepat dengan mudah. Saat ini, Si Cepat sudah memiliki 15 cabang dan 15 perwakilan. Cabang dan perwakilan ini tersebar merata di seluruh Indonesia.

4. TIKI

Di rekomendasi franchise ekpedisi keempat terdapat TIKI. Untuk bisa bergabung, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah mengajukan Permohonan Menjadi Gerai TIKI, fotokopi KTP, fotokopi Akte Perusahaan, fotokopi SKDU, fotokopi TDP, fotokopi SIUP, fotokopi NPWP Perusahaan, foto pemohon ukuran 4X6, dan fotokopi Sertifikat SIPJT.

Selain sarat administrasi di atas, Anda juga harus mencantumkan alamat lengkap lokasi usaha. Lampirkan juga gambar denah lokasi usaha. Jangan lupa untuk menyertakan photo fisik bangunan. Ada pun untuk biaya deposit pendiriannya adalah 10 juta di daerah Jakarta. Lalu untuk pengurusan perizinan (SIPJT) atribut TIKI dan barang logistik Anda akan dikenakan Rp7,5 juta.

Untuk lokasi dan bangunan juga memiliki persaratan tersendiri. Pastikal lokasi terletak di lokasi yang strategis dengan akses yang mudah. Anda juga harus memiliki lahan parkir. Setidaknya Anda harus memiliki lahan seluas 30 meter persegi. Ada pun luas ini tidak bergabung dengan usaha lain.

5. Wahana

Wahana merupakan rekomendasi franchise ekspedisi kelima yang dapat Anda coba. Untuk Anda yang ingin bermitra, terdapat syarat administrasi meliputi surat permohonan keagenan sales counter, pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar, fotokopi NPWP, SIUP, membayar biaya administrasi keagenan, dan menandatangani nota kesepahaman MOU.

Ada pun sebelumnya Anda harus memiliki syarat lokasi terlebih dahulu. Ada pun beberapa sarat lokasinya antara lain denah lokasi kios/counter, dapat diakses dengan kendaraan hingga roda 4, dan lokasi usaha wajib lulus survey. Ada pun survei ini akan dilakukan oleh tim survei.

Ada juga sarat SDM yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah minimal pendidikan SMA / SMK, menggunakan seragam Wahana, dan menjaga nama baik perusahaan. Lalu untuk syarat E-System adalah memiliki 1 unit komputer atau laptop yang spesifikasinya Processor Pentium 4, Memory 1GB, dan HDD 80GB.

Baca juga: Bisnis Ekspedisi, Cara Memulai, dan Tips Sukses

6. Ninja Express

Selanjutnya, di rekomendasi keenam terdapat Ninja Express. Untuk informasi lebih jelas terkait franchise ekspedisi Ninja Express, Anda dapat menghubungi costumer service di nomor 0811 9700 6414. Ada pun nomor tersebut sudah terinstal aplikasi whatsApp. Anda juga dapat menghubungi via email di halo.mitra@ninjavan.co.

Jika Anda sudah menghubungi nomor di atas, nantinya mereka akan menghubungkan pada pihak marketing Ninja Express. Marketing inilah yang akan memberikan informasi persyaratan hingga tata cara secara lengkap. Baru setelahnya Anda dpaat menyediakan persyaratan administrasi. 

Ada pun beberapa persyaratan untuk bisa gabung dengan franchise ekspedisi ini meliputi pembayaran administrasi, fotokopi buku rekening bank, fotokopi KTP, NPWP, materai, fotokopi SHM (jika gerai adalah milik sendiri), fotokopi surat sewa jika statusnya sewa, penandatanganan MOU, komputer/ laptop, timbangan duduk kisaran 30 kg hingga 60 kg, dan lain sebagainya.

7. Lion Parcel

Rekomendasi terakhir franchise ekspedisi yang dapat Anda coba adalah Lion Parcel. Syarat administratif yang dapat Anda sediakan antara lain fotokopi KTP, KK, dan NPWP, fotokopi halaman pertama buku rekening, dan melampirkan titik koordinat serta foto lokasi secara jelas. 

Untuk syarat lokasi, pastikan lokasi usaha terdapat di jalan utama. Selain itu, pastikan dapat dijangkau oleh kendaraan umum. Untuk jaraknya setidaknya minimal 500 meter dari POS atau agen lain. Anda juga harus memasang neon box. Ada pun bangunan merupakan bangunan tetap.

Selanjutnya, saatnya Anda mendaftar untuk menjadi bagian dari mitra franchise Lion. Buka website resmi Lion Parcel (lionparcel.com), siapkan dokumen yang sudah disaratkan, pilih menu “agent”, tekan “daftar sekarang”, lalu pilih jasa cabang hendak Anda buka. Isi formulir dengan lengkap. (Tri Puspitasari)

Foto Ilustrasi: Pexels

Exit mobile version