5 Alat Kesehatan Digital Wajib Punya di Rumah

5 Alat Kesehatan Digital Wajib Punya di Rumah

MEDIAINI.COM – Alat kesehatan digital atau alkes digital wajib dimiliki di rumah, karena situasi pandemi yang belum usai. Kesehatan pun perlu dijaga dengan mengubah gaya hidup. Dengan memiliki alkes digital di rumah, maka bisa membantu mengecek kapanpun kesehatan Anda tanpa harus ke klinik atau rumah sakit.

Kesehatan seseorang dapat dipantau secara terus menerus sehingga dapat mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan. Memiliki alkes bisa menjadi upaya preventif jika tiba-tiba mengalami gejala gangguan kesehatan. Keberadaan alkes digital di rumah jadi amunisi yang praktis, cepat, dan mudah digunakan saat kondisi terdesak. Anda dapat membelinya secara online karena sudah tersedia banyak di marketplace dan situs online lainnya. Lantas apa saja alkes digital di rumah yang wajib ada?

5 Alat Kesehatan Digital di Rumah yang Wajib Ada

1. Timbangan Berat Badan Digital Multifungsi

Timbangan berat badan digital multifungsi atau body fat monitor ini merupakan alat kesehatan yang hampir setiap rumah ada. Alkes digital ini berfungsi untuk mengetahui berat badan Anda. Alat ini dapat digunakan kapanpun Anda mau. Dengan alat ini, maka Anda bisa mengontrol berat badan, apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Alkes digital multifungsi ini dipilih karena terdapat fitur-fitur yang lebih lengkap daripada timbangan digital biasanya. Dengan tambahan fitur seperti persentase lemak tubuh, otot rangka, ukuran indeks massa tubuh (BMI) dan lain-lain. Tentu saja alkes digital ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada timbangan jarum. Harga timbangan ini mulai Rp 200 ribu.

2. Termometer

Termometer merupakan alat pengukur suhu tubuh manusia. Alat ini hampir tersedia di rumah-rumah apalagi yang masih memiliki anak kecil. Alkes yang berukuran kecil dan ringan ini digunakan dengan sangat mudah. Apalagi sejak pandemi, termometer kini tidak lagi harus dimasukkan ke dalam mulut atau ketiak untuk mengetahui suhu tubuh. Melainkan hanya ditembakkan di bagian tubuh seperti tangan atau jidat saja.

Alat ini digunakan untuk berjaga-jaga ketika ada anggota keluarga yang sedang demam dan flu. Dengan mengetahui suhu tubuh ketika sakit, maka Anda dapat melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu sebelum periksa ke dokter. Harga alat ini pun murah dan tersedia di berbagai toko alkes terdekat serta online store, mulai Rp 50 ribu.

Baca juga: Bisnis Toko Alkes Online, Praktis dan Jadi Solusi Pandemi

3. Glukometer

Glukometer atau alat tes gula darah ini merupakan salah satu alkes yang penting untuk memantau naik turunnya kadar gula darah dalam tubuh. Bagi penderita penyakit diabetes, obesitas atau penyakit kronis lainnya, alat ini sangat dibutuhkan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara mengambil sampel darah dari jari, kemudian sampel darah tersebut ditempatkan pada strip tes dan masukkan strips tes ke alat glukometer.

Glukometer digital ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu dan dapat dibeli secara offline dan online. Namun yang perlu Anda ketahui adalah strip tes pada umumnya memiliki masa kadaluwarsa 1-2 tahun. Maka setelah 2 tahun, biasanya hasilnya kurang akurat. Ada pula glukometer yang bisa dicek menggunakan aplikasi dari smartphone yaitu iGluco. Jadi lebih mudah dibawa kemana-mana.

4. Pulse Oximeter

Untuk mengetahui kadar saturasi oksigen dalam darah, maka Anda perlu memiliki alkes pulse oximeter. Alat ini akan sangat berguna karena dapat mengukur tingkat oksigen dalam darah sekaligus detak jantung Anda. Apalagi sejak pandemi Covid-19 ini banyak yang menderita sesak napas dan sebagainya. Pulse oximeter ini mudah digunakan dan bentuknya kecil, jadi mudah dibawa kemana-mana.

Cara penggunaannya mudah, hanya dengan menempatkan alat ini ke jari Anda selama beberapa detik. Kemudian hasil persentasenya akan muncul dalam layar LCD. Normalnya, kadar oksigen dalam darah 95-100%. Apabila kadar oksigen menunjukkan angka kurang dari 92 persen maka perlu diwaspadai. Sebab kondisi ini dapat membahayakan organ vital. Harga dari alkes kecil ini sekitar Rp 120 ribu.

5. Tensimeter

Tensimeter merupakan salah satu alkes yang wajib ada di rumah. Terutama bagi penderita tekanan darah tinggi atau darah rendah. Alat ini berguna untuk memantau dan mengecek tekanan darah. Tensimeter digital ini penggunaannya sangat mudah dan harganya pun cukup terjangkau. Anda dapat membeli alat ini di toko online dan offline sekitar Rp 150 ribu.

Cara pemakaiannya, cukup melilitkan manset tensimeter pada lengan. Tutup katup pengatur udarapada pompa karet manset tensimeter. Kemudian klik tombol “mulai”, maka hasil presentase akan muncul dalam hitungan kurang dari satu menit. Pelajari cara membaca angka hasil tes tensimeter.

Tips Membeli Alkes Digital yang Tepat

Alkes merupakan alat yang dapat mendukung kesehatan Anda lebih tertata. Bahkan menjadi wajib ada bagi yang memiliki jenis penyakit tertentu dan perlu pengawasan lebih ekstra. Alkes digunakan untuk memantau perkembangan kesehatan setiap hari. Maka membeli alkes yang tepat tak bisa sembarangan dan perlu tips.

Tips yang dapat dilakukan pertama adalah melakukan konsultasi dengan dokter mengenai alkes apa yang tepat untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan kondisi kesehatan. Jika tidak melakukan konsultasi kepada dokter, Anda bisa mencari referensi tentang alkes yang akan dibeli melalui internet atau bertanya kepada teman yang berpengalaman di bidangnya. Kedua, mencari informasi tentang alat tersebut selengkap-lengkapnya. Ketahuilah bahwa setiap alkes memiliki cara kerja dan fungsinya masing-masing. Hal inilah yang perlu dipelajari, sehingga ketika sudah dibeli, dapat menggunakannya dengan benar.

Ketahui pula tentang harga yang terjangkau, merek yang menawarkan kualitas terbaik, serta kenyamanan ketika digunakan, dan bahannya. Kumpulkan informasi-informasi tersebut sebagai bekal untuk membeli alkes yang tepat dan tidak sembarangan. Memilih merek bukan soal harga, tapi kualitas yang ditawarkan. Jadi jangan terkecoh dengan harga murah, karena harga produk alkes memang cukup mahal. Serta carilah produk alkes yang memiliki garansi paling lama.

Ketiga, pelajari tentang cara penggunaan dan perawatannya. Alkes dijual dengan harga yang tidak murah, maka menggunakan dengan berhati-hati dan merawatnya dengan benar membuat alkes makin awet dan tahan lama. Apabila tidak mengetahui cara pemakaian dan perawatannya, Anda dapat menanyakan hal ini kepada penjualnya. Serta pastikan bahwa Anda dapat menggunakannya ketika di rumah nantinya. (Gusti Bintang K.)

Foto Ilustrasi: Pixabay

 

Exit mobile version