Bisnis Reseller Jamu Herbal, 9 Cara Memulai dan Daftar Suppliernya

bisnis reseller jamu herbal

Foto: Freepik

MEDIAINI.COM – Bisnis reseller jamu herbal bisa jadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan apalagi memang suka mengonsumsi jamu. Namun, sudah tahukah Anda tentang asal usul jamu dan jenisnya? Ada pun jamu sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jawa. 

Kata jamu berasal dari dua kata, “djampi” dan “oesodo” yang bermakna obat, doa, dan formula magis. Kata jamu pertama kali muncul di zaman Kerajaan Mataram (1300 tahun lalu). Relief pada candi Borobudur yang menggambarkan kebiasaan meracik dan meminum jamu merupakan buktinya.

Ada beberapa jenis jamu yang dapat Anda konsumsi. Pertama adalah beras kencur. Jamu ini merupakan ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Ada juga jenis jamu kunyit asam yang bahan utamanya adalah kunyit dan asam jawa. Ada juga beberapa tambahan bahan seperti gula merah, temulawak, hingga rempah-rempah lainnya.

Ada juga jenis jamu sinom. Pada jenis ini hampir mirip dengan kunyit asam. Bedanya,  bahan utamanya adalah sinom atau daun asam yang masih muda. Selanjutnya ada juga cabe puyang yang dapat menghilangkan pegal-pegal karena kecapean. Ada juga brotowali yang bahan bakunya adalah daun sambiloto.

Cara Memulai Bisnis Reseller Jamu Herbal

1. Product Knowledge

Langkah pertama dalam memulai bisnis reseller jamu herbal adalah memahami bahan bakunya. Product knowledge bagi pelaku usaha sangatlah penting. Dengan memahami bahan baku, Anda pun jadi lebih menguasai produk.

2. Riset

Dalam memulai suatu usaha, sangat dibutuhkan adanya riset pasar. Dengan adanya riset pasar, Anda akan mengetahui kondisi produk yang akan Anda kembangkan. Anda akan lebih paham apa yang dibutuhkan pasar, harga, dan cara promosi.

3. Tentukan Target Market

Salah satu langkah dalam memulai usaha reseller jamu herbal adalah menentukan target market terlebih dahulu. Dengan menentukan target market, Anda dapat mengkonsep usaha dengan lebih tertata. 

4. Tentukan Produk

Langkah keempat dalam memulai bisnis reseller jamu herbal adalah mengenali jenis produknya. Pasalnya, ada beragam jenis jamu herbal. Pilihlah yang banyak digunakan orang agar peluang lakunya lebih besar.

5. Supplier

Dalam merintis usaha reseller jamu herbal, pastikan Anda mendapatkan supplier yang tepat. Pilihlah supplier yang memiliki stok aman. Selain ketersediaan stok, pastikan mereka dapat menyediakan barang yang berkualitas dan murah. 

6. Stok

Di langkah keenam dalam memulai bisnis reseller jamu herbal, sediakan stok produk sesuai kebutuhan Ada baiknya jangan menyetok terlalu banyak. Stok saja secara lengkap sejenisnya dalam jumlah yang masuk akal.

7. Tentukan Harga

Lakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan harga untuk produk jamu herbal Anda. Dengan melakukan survey, Anda dapat menentukan harga jamu herbal sesuai dengan harga di pasaran.

8. Pelayanan

Langkah selanjutnya dalam usaha reseller jamu herbal adalah melayani pembeli dengan ramah adalah kunci. Dengan pelayanan yang ramah, calon pembeli akan segan jika tidak jadi membeli. Ke depan, mereka pun akan ketagihan menjadi langganan Anda dan merekomendasikan produk Anda.

9. Evaluasi

Jangan lupa secara berkala melakukan evaluasi bisnis reseller jamu herbal. Dengan adanya evaluasi bisnis, Anda jadi tahu apa yang harus dibenah dan apa yang harus dipertahankan. Evaluasi ini dapat dilakukan secara bulanan atau mingguan.

Daftar Supplier Jamu Herbal

1. Sidomuncul

Daftar supplier jamu herbal pertama dari Mediaini adalah Sidomuncul. Anda dapat menghubungi email sales@sidomunculstore.com atau WhatsApp Customer Service : 0815 8539 4113, dan WhatsApp Reseller: 0817 9841 885.

2. CV. Acep Herbal

Di rekomendasi kedua adalah CV. Acep Herbal. Lokasinya berada di Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Perum Wijaya Permai 2 Blok A No. 2, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, produk yang tersedia jamu dan herbal produk herbal.

3. PT. Haecho Cell Beautque Manis

Haecho Cell Beautque Manis adalah rekomendasi ketiga. Lokasinya berada di Jl. Raya Prancis ruko mutiara Kosambi Blok B No.50A-51 kosambi timur. Mereka menyediakan jamu dan herbal produk Oem/Odm/Jasa Maklon Kosmetik.

4. PT. Subur Anugerah Indonesia

Selanjutnya, di rekomendasi keempat adalah PT. Subur Anugerah Indonesia. Lokasinya berada di Komplek Pergudangan Sentra Benda No. 12 Jl. Husein Sastranegara RT.001/RW.010 Rawa Bokor Benda Tangerang. 

5. PT Esbi Batara Niaga Indonesia

Rekomendasi terakhir dari Mediaini adalah PT Esbi Batara Niaga Indonesia. Lokasinya berada di Gedung 18 Office Park Lantai 25, Suite A2. Mereka menyediakan jamu dan herbal herbal medis serta obat-obatan. (Tri Puspitasari)

Exit mobile version