Terlengkap! 9 Ide Bisnis Masker Wajah dan Cara Memulainya

ide bisnis masker wajah

Foto: Pexels

MEDIAINI.COM – Ada beberapa ide bisnis masker wajah yang bisa memancing datangnya cuan. Memakai masker wajah tidak hanya membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan sehat, tapi juga membantu Anda lebih rileks. Anda bisa menikmati waktu bersantai sambil menggunakan masker wajah. Kegiatan ini akan membantu Anda menghilangkan stres serta membuat kulit terlihat dan terasa lebih baik. 

Masker wajah dapat membantu menjaga kelembaban dan hidrasi untuk jenis kulit kering dan dehidrasi. Hal ini karena kandungan dalam masker yang dapat menembus hingga ke lapisan epidermis kulit. Dengan begitu kulit wajah Anda jadi lembut dan elastisitasnya pun meningkat. Saat kulit terhidrasi dan terjaga kelembabannya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengaplikasikan makeup dan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Rutin menggunakan masker wajah dapat membuat tampilan pori-pori lebih kecil dan mengurangi timbulnya komedo. Komedo muncul karena adanya minyak berlebih pada wajah yang menyumbat pori-pori. Jika pori-pori wajah Anda terasa tersumbat, bisa menggunakan masker wajah untuk membantu mengatasi kadar minyak. Untuk yang rentan terhadap komedo, gunakan exfoliating mask yang dapat mencegah sel kulit mati dan minyak terperangkap di pori-pori yang menyebabkan terbentuknya lebih banyak komedo. 

Masker wajah memiliki manfaat anti penuaan. Masker terbaik yang bisa Anda gunakan untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan mengurangi kerutan halus adalah hydrating mask yang diaplikasikan semalaman. Gunakan masker yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin E, collagen, niacinamide, hyaluronic acid, vitamin C, dan alpha lipoic acid. Kandungan-kandungan tersebut dapat menjaga keremajaan kulit Anda.

9 Ide Bisnis Masker Wajah

Berdasarkan penelusuran Mediaini dari berbagai sumber, berikut ide bisnis masker wajah yang bisa Anda coba.

1. Sheet Mask

Sheet mask berbentuk lembaran tisu atau kapas dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir. Masker ini sangat baik untuk kulit kering, tapi semua jenis kulit juga bisa mendapatkan manfaat dengan memakai masker. Anda bisa menjadikan sheet mask sebagai ide bisnis masker wajah yang bisa memancing cuan.

2. Mud Mask

Mud mask adalah masker wajah berbahan dasar lumpur yang mengandung berbagai macam mineral. Masker wajah jenis ini biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis. Anda dapat mempertimbangkan masker wajah ini untuk ide bisnis masker wajah Anda.

3. Peel off  Mask

Peel off mask biasa digunakan untuk mengangkat komedo yang membandel. Namun, masker ini juga memiliki kemampuan mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati, tergantung pada kandungannya. Jadikan peel off mask sebagai salah satu ide bisnis masker wajah yang laris di pasaran.

4. Clay Mask

Jadikan clay mask sebagai ide bisnis masker wajah yang menguntungkan. Clay mask adalah jenis masker wajah berbahan dasar tanah liat dengan kandungan mineral yang bermanfaat bagi kulit. Umumnya, bahan dasar clay mask adalah kaolin dan bentonite.

5. Sleeping Mask

Masker wajah jenis ini digunakan sebelum tidur. Sleeping mask mampu melembabkan kulit lebih baik dibandingkan dengan krim malam yang lebih mudah menguap dan dinilai lebih mampu meresap ke dalam kulit. Anda bisa mempertimbangkan sleeping mask sebagai ide bisnis masker wajah yang diburu masyarakat.

6. Exfoliating Mask

Exfoliating mask diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan aktif yang digunakan untuk eksfoliasi bisa berasal dari bahan kimia atau bahan alami. Jadikan masker wajah jenis ini sebagai ide bisnis masker wajah yang menguntungkan.

7. Wash of Mask

Anda dapat memilih wash off mask sebagai ide bisnis masker wajah dengan memperhatikan kandungan yang terdapat dalam masker. Untuk kulit berminyak sediakan wash off mask yang memiliki kandungan asam salisilat, asam glikolat, sulfur, dan charcoal. Sedangkan masker wajah dengan bahan asam hyaluronic, shea butter, lidah buaya, atau mentimun lebih cocok untuk kulit kering.

8. Cream Mask

Masker berbahan dasar krim adalah masker yang cocok untuk jenis kulit normal hingga kulit kering, karena masker ini akan memberikan hidrasi dan kelembaban pada kulit. Cream mask adalah jenis masker yang paling banyak digunakan masyarakat. Anda bisa menjadikan masker wajah jenis ini untuk ide bisnis masker wajah Anda.

9. Gel Mask

Gel mask adalah masker yang berkonsentrasi pada gel. Jenis masker wajah yang satu ini juga cocok untuk digunakan oleh kulit yang cenderung sensitif dan kering. Anda bisa mencoba gel mask sebagai ide bisnis masker wajah Anda.

Cara Memulai Bisnis Masker Wajah

Memulai bisnis masker wajah tidaklah sulit asal Anda tahu tahapannya. Berdasarkan penelusuran Mediaini dari berbagai sumber berikut tahapannya.

1. Bahan yang Berkualitas

Pastikan Anda menjual masker wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami untuk ide bisnis masker wajah Anda. Pastikan tidak ada bahan kimia yang terdapat di dalamnya. Jika pelanggan sudah percaya dengan kualitas dari produk Anda, maka pastikan untuk menjaga kepercayaan tersebut dengan selalu menjaga kualitasnya.

2. Identifikasi Masalah Kulit yang Paling Banyak

Jika Anda ingin bisnis masker wajah Anda laris di pasaran, maka lakukan survei untuk mengetahui masalah kulit yang paling banyak dihadapi. Cara ini akan membantu Anda untuk menentukan bahan serta jenis masker yang dijual. Agar survei tidak terlalu meluas, maka cantumkan beberapa jenis masalah kulit yang biasanya sering terjadi pada wanita seperti berjerawat, kulit kusam ataupun berkomedo.

3. Sediakan Varian Masker yang Berbeda

Sediakan beberapa varian yang berbeda untuk bisnis masker wajah Anda. Usahakan untuk menyediakan minimal 3 varian bahan yang berbeda agar dapat menyelesaikan berbagai masalah wajah. Dengan begitu konsumen dapat menggunakan masker yang tepat.

4. Tentukan Kemasan Masker

Tentukan kemasan masker untuk bisnis masker wajah Anda. Pastikan Anda memilih kemasan yang kuat, tapi juga tetap menarik. Jika produk tidak hanya sekali pakai, maka pastikan untuk menggunakan kemasan yang memang reusable dan tidak rusak ketika dibuka tutup.

5. Memberikan Sampel

Agar orang dapat mengetahui jenis produk yang Anda jual, maka cobalah berikan sampel gratis kepada orang-orang tertentu. Dengan begitu, orang bisa melihat kualitas produk serta efeknya terhadap kulit. Buatlah sampel dengan varian yang berbeda agar orang bisa merasakan setiap produk bisnis masker wajah Anda.

6. Titipkan Produk di Tempat Lain

Anda dapat menitipkan masker wajah ke klinik atau tempat lain. Titipkan pada tempat yang memiliki banyak pengunjung seperti salon, klinik kecantikan atau supermarket. Dengan begitu, peluang orang melihat bisnis masker wajah Anda serta membeli  menjadi lebih besar.

7. Cantumkan Testimoni

Cantumkan testimoni dari para pembeli yang sudah menggunakannya produk Anda untuk meyakinkan pelanggan agar membeli masker di tempat Anda. Pastikan testimoni yang diberikan nyata sehingga orang lain pun percaya untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk menyertakan kotak saran dan kritik di media sosial untuk mengetahui kekurangan dari bisnis masker wajah Anda.

8. Daftarkan BPOM

Daftarkan bisnis masker wajah Anda ke BPOM agar kualitasnya lebih dipercaya. Mendaftarkan produk ke BPOM memang tidak murah. Namun jika sudah terdaftar, orang tidak akan ragu lagi untuk menggunakan masker Anda.

9. Promosi

Lakukan promosi agar bisnis masker wajah Anda dikenal masyarakat luas. Manfaatkan teknologi berbasis internet untuk memasarkan produk Anda. Gunakan media sosial yang paling banyak digunakan yaitu TikTok dan Instagram. (Yeni Endah)

 

Exit mobile version