Bisnis Franchise Boba, Cara Memulai dan Tips Sukses

bisnis franchise boba

Sumber: Pixabay

MEDIAINI.COM – Bisnis franchise boba bisa jadi pilihan sebagai peluang usaha meskipun bisnis ini bukan hal yang baru tetapi hingga saat ini minuman boba masih terus diminati dan tidak kekurangan permintaan. Namun, sudah tahukah Anda tentang kelebihan bisnis franchise?

Kelebihan pertama kenapa banyak orang memilih bisnis franchise adalah sistem manajemen bisnis telah terbangun. Tentu Anda tidak perlu repot memulai dari awal. Semua sudah tersusun baik dan sukse. Anda tinggal melanjutkan saja  reputasi bagus yang dimiliki.

Kelebihan kedua adalah produk sudah cukup dikenal masyarakat. Proses pemasaran bisnis pun menjadi lebih mudah. Banyak yang sudah familiar dengan produk franchise. Anda bahkan tidak memerlukan biaya dan tenaga untuk melakukan promosi.

Kelebihan ketiga adalah manajemen finansial yang lebih mudah. Anda pun tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan layaknya membangun bisnis baru. Selain itu, kelebihans elanjutnya adlaah kerjasama bisnis telah terbangun. Dukungan dan keamanan juga sudah lebih kuat.

Cara Memulai Bisnis Franchise Boba

Berdasarkan penelusuran Mediaini dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara untuk memulai bisnis franchise boba.

1. Gali Potensi

Dalam membuka bisnis franchise boba, pastikan Anda menggali potensi pasar. Dengan menggali potensi pasar, Anda dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada. Anda pun dapat menyediakan produk franchise boba yang sesuai.

2. Riset

Dalam memulai suatu bisnis franchise boba, sangat dibutuhkan adanya riset pasar. Dengan adanya riset pasar, Anda akan mengetahui kondisi produk yang akan Anda kembangkan. Anda akan lebih paham apa yang dibutuhkan pasar.

3. Tentukan Target Market

Salah satu langkah dalam memulai bisnis franchise boba adalah menentukan target market terlebih dahulu. Dengan menentukan target market, Anda dapat mengkonsep usaha dengan lebih tertata.

4. Pilih Produk

Langkah keempat dalam memulai bisnis franchise boba adalah memilih produknya. Pasalnya, ada beragam jenis franchise dan juga brand. Pilihlah yang banyak digunakan orang agar peluang lakunya lebih besar.

5. Lokasi

Di langkah kelima dalam memulai usaha franchise boba, carilah lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini adalah lokasi yang dekat dengan target market. Selain dekat dengan target, pastikan lokasinya juga memiliki akses mudah.

6. Modal

Selanjutnya, saatnya Anda menyediakan modal untuk membuka usaha ini. Modal sendiri dapat Anda hitung dengan melakukan survei terkait harga franchise produk yang akan Anda pilih. Anda juga membutuhkan modal tidak terduga lainnya.

7. Tentukan Harga

Langkah selanjutnya adalah menentukan harga. Dalam menentukan harga ini, Anda dapat berkaca pada harga pasar di pasaran franchise. Patoklah harga sesuai harga yang telah disepakati. 

8. Promosi

Salah satu langkah dalam bisnis franchise boba adalah melakukan promosi. Lakukan promosi baik secara online maupun offline. Buatlah semua akun media sosial untuk mempromosikan bisnis. Lakukan juga promosi dari mulut ke mulut.

9. Layanan

Melayani pembeli dengan ramah adalah kunci. Dengan pelayanan yang ramah, calon pembeli akan merasa nyaman. Ke depan, mereka pun akan ketagihan menjadi langganan Anda.

Tips Sukses Bisnis Franchise Boba

Dalam memulai bisnis franchise boba, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Dengan menerapkan tips ini, Anda pun memiliki kesempatan menjadi sukses lebih besar. Tips pertama adalah dengan fokus pada bisnis yang tengah Anda jalani. Anda tidak perlu memikirkan tambahan bisnis terlebih dahulu. 

Selanjutnya, tips kedua dalam memulai bisnis franchise boba adalah dengan menerapkan dan mentaati standarisasi. Tentu Anda perlu menerapkan SOP yang sudah ada. Pasalnya, SOP ini berkaitan dengan kontrol dari paket investasi, mencari lokasi, hingga merekrut karyawan.

Tips ketiga adalah dengan konsisten menjalankan bisnis ini. Jangan hanya semangat di awal saja. Semangat harus Anda tanam setiap harinya bahwa Anda memiliki motivasi dan impian besar terhadap bisnis franchise boba yang sudah Anda pilih. Adapun tujuan dan mimpi dapat melecut semangat Anda.

Tips keempat adalah dengan melakukan promosi secara masif. Anda dapat melakukan promosi secara online. Jangan lupa untuk membuat semua akun media sosial. Lakukan kerjasama dengan platform layanan antar makanan yang membuat produk lebih cepat laku. Lengkapi juga dengan promosi dari mulut ke mulut. (Tri Puspitasari) 

 

Exit mobile version