9 Ide Bisnis Takjil 2022, Paling Banyak Peminat

ide bisnis takjil 2022

Sumber: Pixabay

MEDIAINI.COM – Ide bisnis takjil 2022 ini bisa jadi cuan tambahan untuk mengumpulkan uang Lebaran. Memang banyak orang yang memanfaatkan momen bulan suci untuk menjalankan bisnis musiman. Tidak heran jika banyak yang tiba-tiba berjualan menu-menu takjil.

Menu takjil banyak diburu karena adanya budaya ngabuburit di tengah masyarakat. Banyak orang yang menghabiskan sore hari untuk berbuka puasa di luar. Mereka sudah ada di tempat dari pukul 17.30 untuk berkumpul dengan teman, mengobrol, hingga bedug magrib dikumandangkan.

Jualan menu takjil juga menjadi ajang orang-orang untuk unjuk gigi. Orang yang sebelumnya pasif tiba-tiba menjadi aktif untuk mengeluarkan bakat terpendamnya. ternyata mereka cukup pandai dalam membuat menu takjil dan laku di pasaran. Yang sebelumnya tidak memiliki bakat dagang pun jadi terasah. Anda bisa memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk membuka usaha jualan takjil. 

9 Ide Bisnis Takjil 2022

1. Es Blewah

Ide bisnis takjil 2022 pertama adalah Es Blewah. Minuman ini dapat menyegarkan dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Pasanya, buah blewah dapat memperlancar pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

2. Es Buah

Lalu ide bisnis takjil 2022 kedua adalah Es Buah. Biasanya satu porsi es buah dihargai mulai dari Rp 5.000. Es buah dapat dikombinasikan dengan berbagai macam buah seperti potongan apel.

3. Kolak Pisang

Kolak Pisang adalah ide bisnis takjil 2022 ketiga dari Mediaini. Pasalnya, kolak pisang menjadi menu yang paling banyak dicari. Apalagi kolak pisang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

4. Olahan Kurma

Selanjutnya, di rekomendasi keempat adalah Olahan Kurma. Kurma sendiri menjadi salah satu amalan sunnah jika umat muslim menyantapnya di bulan Ramadan. Tidak heran banyak yang menggunakannya sebagai ide bisnis takjil 2022.

5. Buko Pandan

Lalu, rekomendasi ide bisnis takjil 2022 kelima adalah Buko Pandan. Ada pun makanan ini merupakan makanan penutup dari negara Filipina. Di dalamnya terdapat potongan agar-agar, nangka, dan kelapa dalam kuah santan dan susu evaporasi.

6. Es Degan

Es Degan adalah ide bisnis takjil 2022 keenam dari Mediaini. Minuman ini adalah menu takjil yang menyegarkan tenggorokan sehingga bisa menjadi pelepas dahaga. Cara pembuatannya cukup mudah dan untungnya juga lumayan.

7. Kolak Biji Salak

Di ide bisnis takjil 2022 ketujuh dari Mediaini adalah Kolak Biji Salak. Untuk bahan yang dibutuhkan tidak berbeda jauh dari kolak pisang. Pada kolak biji salak tidak menggunakan pisang.

8. Mangga Ketan

Selanjutnya, ide bisnis takjil 2022 kedelapan adalah Mangga Ketan. Makanan yang berasal dari Thailand ini juga menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Anda dapat menjadikannya menu untuk berjualan menjelang buka puasa.

9. Es Pisang Ijo

Ide bisnis takjil 2022 terakhir dari Mediaini adalah Es Pisang Ijo. Menu yang berasal dari Sulawesi ini memiliki tampilan hijau dan terbuat dari tepung beras dan daun pandan. Harganya berkisar dari 8.000 hingga 15.000. 

Cara Memulai Bisnis Takjil 2022

Tentukan Model Bisnis

Langkah pertama dalam memulai bisnis takjil adalah menentukan model bisnis. Anda harus menentukan akan membuat takjil sendiri atau menjual takjil yang dibuat orang lain. Membuat sendiri tentu mendatangkan keuntungan lebih banyak.

Survei

Lalu, langkah kedua adalah melakukan Survei. Pasalnya, persaingan antar pebisnis takjil sudah sangat banyak dan ketat. Melakukan survei dapat membantu Anda untuk membawakan inovasi.

Ajak Orang Terdekat

Dalam memulai bisnis takjil Anda dapat mengajak orang terdekat. Pasalnya, berjualan takjil sendirian dapat menjadi momen yang membosankan. Agar lebih semangat, Anda dapat mengajak orang terdekat.

 Hitung Uang Masuk dan Keluar

Selanjutnya, di langkah keempat adalah penghitung uang masuk dan keluar. Anda tetap harus menghitungnya secara detail meskipun bisnis ini hanyalah bisnis sampingan.

Kelola Waktu

Lalu di langkah kelima adalah mengelola waktu dengan baik. Pasalnya,  waktu yang dimiliki penjual takjil sangat terbatas. Anda harus mencari bahan-bahan pembuatan olahan dari pagi.

Hitung Jumlah Takjil

Menghitung jumlah takjil adalah langkah keenam dari Mediaini. Pasalnya, menu takjil bukanlah makanan yang dapat bertahan lama. Untuk itu perlu kiranya Anda memperkirakan berapa jumlah takjil.

Opsi Pembayaran

Langkah ketujuh dalam membuat bisnis takjil adalah membuat opsi pembayaran. Ada berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih seperti online payment, Virtual Account, dan lain sebagainya. (Tri Puspitasari)

 

Exit mobile version