Tren Bisnis Kopi 2022, Konsep Outdoor, dan Mixology Paling Laris

tren bisnis kopi 2022

Sumber: Pexels

MEDIAINI.COM – Tren bisnis kopi 2022 ada yang baru karena makin maraknya kedai kopi kekinian. Kompetisinya pun semakin ketat. Menurut Co-founder Anomali Cofee Irvan Helmi yang dilansir dari Detik.com, sekarang banyak kafe dengan desain area terbuka. Sekarang ini, desain seperti inilah yang banyak dicari dan Instagramable.

Selanjutnya, Irvan Helmi menuturkan bahwa hal ini tidak lepas dari kondisi pandemi. Banyak orang yang lebih memilih makan di luar karena udaranya lebih segar. Selain itu, ada banyak juga perpaduan kopi dan mixology yang semakin hari semakin berkembang.

Sudah tahukah Anda apa apa itu mixology kopi? Untuk Anda yang mengaku pecinta kopi, sangat wajib hukumnya mencoba menikmati kopi yang dibuat dari Coffee Mixology ini. Anda akan mendapatkan pengalaman menarik dan berbeda minum kopi. 

Dalam proses pembuatan Coffee Mixology, seorang barista akan memulainya dengan memotong dan mengiris bahan-bahan. Selanjutnya, bahan-bahan tadi pun ditumbuk dan dicampurkan bersama kopi. Anda juga akan melihat secara langsung seorang barista dalam mengocok shaker-nya.

Cara Memulai Tren Bisnis Kopi 2022

1. Riset

Dalam memulai bisnis kopi, dibutuhkan riset pasar. Melalui riset pasar, Anda akan mengetahui tren kebutuhan kopi saat ini. Anda pun akan lebih mudah dalam menentukan produk dan harga.

2. Konsep kedai kopi

Langkah kedua dalam memulai bisnis kopi adalah membuat konsep kedai kopi. Buatlah konsep yang sesuai dengan tren bisnis kopi 2022. Sesuaikan juga dengan kapasitas dan modal yang Anda miliki. Anda dapat membuat rencana dan target jangka pendek hingga panjang.

3. Perlengkapan dan peralatan 

Langkah ketiga dalam memulai bisnis kopi adalah menyediakan perlengkapan dan peralatannya. Agar tidak tercecer, buatlah list berdasarkan kelompok peralatan terlebih dahulu.

4. Mencari pemasok biji kopi 

Dalam memulai bisnis kopi, pastikan Anda mendapatkan pemasok biji kopi yang tepat. Pilihlah supplier yang memiliki stok aman. Pastikan mereka dapat menyediakan barang yang berkualitas dan dengan harga yang bersahabat tentunya. 

5. Merekrut karyawan

Sumber daya manusia juga menjadi faktor penting dalam mengelola bisnis kopi. Pekerjakan karyawan yang mampu menyeduh kopi secara profesional. Pilih juga yang ramah dan sabar.

6. Lokasi 

Di langkah keenam dalam memulai usaha kopi adalah mendapatkan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini adalah lokasi yang dekat dengan target market. Selain dekat dengan target, pastikan lokasinya juga memiliki akses yang mudah. 

7. Modal

Selanjutnya, saatnya Anda menyediakan modal. Untuk membuat bisnis yang sesuai dengan tren bisnis kopi 2022 dibutuhkan modal. Modal sendiri dapat Anda hitung dengan membuat list kebutuhan terlebih dahulu. Selanjutnya, list kebutuhan itu dapat diperkirakan besaran biayanya. 

8. Media Sosial

Agar bisnis sukses dan sesuai dengan tren bisnis kopi 2022, lakukan promosi dengan gencar. Anda dapat melakukan promosi secara online. Buatlah semua akun media sosial untuk mempromosikan bisnis.

9. Izin

Dalam membuka bisnis kopi seperti kedai kopi, Anda juga memerlukan perizinan. Pastikan Anda sudah mengantongi surat izin untuk lapangan tenis Anda. Perhatikan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk membuka.     

Tips Promosi Sukses Bisnis Kopi 2022

Dalam mempromosikan bisnis kopi yang Anda rintis, ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Tips ini supaya Anda mempromosikan bisnis dengan baik. Tips pertama adalah berikan tawaran dan fasilitas menarik. Anda bisa memberikannya lewat promo dan diskon.

Lalu, tips kedua adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jangan lupa untuk membuatkan semua akun media sosial mulai dari Instagram, Twitter, dan juga Facebook. Lakukan promosi secara gencar di media sosial. Psalm, jangkauan iklan untuk media sosial sangat luas dan murah.

Lalu, tips ketiga berasal dari produk Anda. Ciptakan produk melalui menu dan cita rasa yang unik. Di sini, Anda bisa menghadirkan menu racikan mixolgy yang satu ini tengah booming. Tidak hanya unik saja, pastikan menu yang Anda tawarkan juga terasa lezat.

Selain dari segi menu, jangan lupakan juga segi kafenya. Anda dapat membuat kafe dengan konsep yang unik. Pasalnya, saat ini banyak orang ngopi akan berfoto. Mereka akan memposting foto jika kafenya instagramable. Secara tidak langsung, di sinilah marketing berjalan. (Tri Puspitasari)

Exit mobile version