Daftar Peluang Bisnis Parfum 2022, Pilih yang Mana?

bisnis parfum 2022

MEDIAINI.COM – Bisnis parfum 2022 bisa jadi peluang untuk mencari cuan. Parfum atau minyak wangi memang punya minat yang besar untuk masyarakat supaya badannya jadi wangi dan tidak bau. Maka tak heran jika persaingan bisnis ini cukup ketat. Apalagi bisnis ini mampu menghasilkan omset yang cukup tinggi sehingga menggiurkan untuk dicoba.

Bahkan ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk memulai bisnis parfum. Selain itu, keunggulan bisnis parfum ini juga banyak. Pertama karena modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar. Bisa dimulai dengan menjadi reseller parfum terlebih dahulu. Bisnis parfum juga bisa dimulai secara online sehingga tak perlu modal besar untuk sewa tempat.

Kedua karena peminatnya tidak pernah sepi. Sebab parfum jadi kebutuhan utama untuk menunjang kepercayaan dirinya. Bahkan harga jual parfum yang beraneka ragam inilah yang membuatnya tetap jadi incaran banyak orang. Nilai keuntungan bisnisnya pun sangat lumayan. Sementara itu risiko kerugiannya juga masih terbilang kecil. Serta tidak terlalu sulit dipelajari meski oleh pebisnis pemula.

5 Ide Bisnis Parfum 2022, Cek yang Menguntungkan

Berdasarkan penelusuran Mediaini dari berbagai sumber, ide bisnis parfum ini bisa mencetak cuan di 2022, kira-kira mana yang menguntungkan dan jadi pilihan utama?

1. Parfum Refill

Bisnis parfum refill jadi salah satu ide bisnis parfum yang bisa dicoba karena menguntungkan. Bisnis parfum refill ini bisa dimulai hanya dengan modal sekitar Rp5-7 jutaan saja. Modal tersebut bahkan sudah mendapatkan perlengkapan bisnis cukup lengkap.

Untuk pemula, Anda juga tak perlu menyediakan semua varian. Setidaknya sediakan 10 biang parfum yang jadi incaran dan sedang tren saja. Bukalah gerai parfum ini di lokasi yang strategis supaya mudah diakses. Tentukan harga jual yang bersaing agar jadi pilihan.

2. Parfum Ori

Ide bisnis parfum selanjutnya adalah bisnis parfum ori. Parfum ori atau asli ini meskipun harganya selangit tapi selalu jadi incaran. Pasalnya parfum ori terbuat dari bahan-bahan alami yang telah diekstraksi ke dalam bentuk minyak esensial sehingga harganya tinggi.

Parfum ori biasanya mengandung 15-30% minyak esensial dengan aroma yang lebih awet dan natural. Untuk memulainya, Anda dapat mengemas parfum ori secara mewah agar jadi pilihan. Selain itu juga berani bayar mahal untuk mengiklankan produk.

3. Maklon Parfum

Bisnis maklon parfum ini juga bisa dicoba untuk memulai bisnis parfum. Bisnis ini cukup menguntungkan karena semua produksi dari awal hingga akhir sudah dibantu oleh penyedia maklon. Maka Anda tak perlu repot memproduksi, hanya perlu memulai branding dan memasarkannya saja.

Bahkan tiap parfum yang dibuat, dapat dipilih bahan-bahannya sendiri untuk menghasilkan aroma yang unik tapi tetap harum. Untuk biaya jasanya tiap penyedia jasa berbeda-beda, tapi relatif terjangkau. Selain itu, pihak penyedia jasa maklon juga akan membantu mengurus perizinan BPOM.

4. Grosir Parfum

Grosir parfum pun bisa jadi pilihan ide bisnis yang tepat untuk menuai cuan. Bisnis grosir parfum ini memang butuh modal yang cukup besar. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab keuntungan bisnisnya juga lumayan menggiurkan untuk dicoba.

Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada eceran, Anda juga bisa menambah relasi dengan para pedagang grosir parfum lain. Bisnis ini juga melatih kemampuan komunikasi Anda karena biasanya terjadi negosiasi saat berbelanja.

5. Reseller Parfum

Ide bisnis parfum yang terakhir adalah menjadi reseller parfum. Bisnis ini bisa dicoba bagi para pelaku bisnis pemula. Bahkan bisnis ini jadi peluang bisnis yang menguntungkan karena bisa dimulai dari mana saja. asalkan memiliki gadget serta koneksi internet yang lancar.

Bisnis reseller parfum juga tak perlu modal yang besar. Anda cukup membeli beberapa stok parfum sebagai modal awal. Membuat rancangan atau strategi marketing yang tepat. Serta menentukan harga produk parfum yang bersaing. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan riset competitor terlebih dahulu.

Cara Memulai Bisnis Parfum 2022 yang Sukses

Untuk memulai bisnis parfum maka ada beberapa langkah yang perlu disiapkan, yaitu :

1. Buat Perencanaan Bisnis yang Matang

Selalu awali bisnis dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Dengan membuat perencanaan bisnis, Anda bisa jadi tahu mau dibawa kemana arah bisnis ini. Selain itu, ini juga akan memudahkan Anda mengetahui keunggulan dan kelemahan bisnis.

2. Siapkan Modal Bisnis

Untuk memulai bisnis parfum, maka harus menyiapkan modal bisnis yang cukup. Bisnis ini tak perlu modal begitu besar, tapi tetap saja Anda butuh biaya untuk biaya operasional, serta dana darurat lainnya. Modal ini bergantung pada bisnis yang akan dimulai serta perlengkapan penunjang bisnis ini.

3. Tentukan Lokasi Bisnis

Dalam memulai bisnis parfum, supaya sukses maka harus menentukan lokasi bisnis yang strategis. Pertimbangkan letak lokasi bisnis parfum ini dengan memilih di area keramaian supaya mudah diakses. Persiapkan pula perlengkapan dan peralatan penunjang bisnis yang memadai.

4. Mencari Mitra (Supplier/Jasa Maklon) yang Tepat

Memulai bisnis parfum juga bisa dimulai dengan mencari mitra (supplier atau jasa maklon) yang tepat. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir kehabisan stok parfum Anda. Pilih mitra yang sudah terpercaya, berpengalaman, serta memberikan harga yang bersaing.

5. Mengikuti Tren Aroma Parfum

Supaya sukses memulai bisnis parfum, maka cobalah untuk mengikuti tren aroma parfum yang sedang diminati pasar. Lalu lengkapi koleksi parfum tersebut agar dipilih banyak konsumen. Tawarkan koleksi parfum dengan banyak varian biang. Mulai untuk Wanita, pria, remaja, dan anak-anak.

6. Menyusun Strategi Pemasaran yang Tepat

Sebelum memulai bisnis parfum ini, sebaiknya Menyusun strategi pemasaran yang tepat juga. Banyak strategi pemasaran yang bisa dicoba. Mulai dengan memasarkan ke orang terdekat, membuat situs web resmi, membuat akun media sosial, hingga memanfaatkan jasa endorse dengan influencer.

7. Melibatkan Kreativitas

Selalu libatkan kreativitas Anda dalam memulai setiap usaha. Sebab ide-ide kreatif bisa muncul sesuai kebutuhan konsumen. Dengan aroma baru, maka Anda bisa menciptakan perbedaan produk parfum Anda dengan competitor. Sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. (Gusti Bintang K.)

Exit mobile version