5 Investasi Properti Online, Cek Mana yang Menguntungkan?

investasi properti online

MEDIAINI.COM – Investasi properti online makin diminati. Banyak investasi properti online yang bisa menjamin di masa mendatang. Sehingga peminatnya kian meningkat setiap harinya. Bahkan banyak yang pemula yang ikut terjun ke dunia investasi properti online dengan belajar bersama yang lebih professional. Pasalnya investasi properti online ini bisa dijangkau untuk kalangan anak muda.

Investasi properti online adalah penanaman modal atau dana dari satu pihak ke pihak lain untuk mendapatkan keuntungan di masa depan yang dilakukan secara online. Sehingga semua kegiatannya dalam hal finansial harapannya bisa mendatangkan profit dengan media atau berbasis internet. Investasi jenis ini juga bisa diakses siapa saja karena online. Karena menggunakan system online, maka mata uang yang digunakan adalah mata uang elektronik.

5 Investasi Properti Online Bikin Pundi Bertumpuk

1. Crowdfunding

Crowdfunding atau patungan ini merupakan jenis investasi properti online yang sangat umum di Indonesia. Crowdfunding ini sangat mudah dilakukan. Pasalnya investor hanya perlu menyumbang sebesar Rp1 juta untuk membeli properti bersama-sama. Banyak perusahaan yang mengelola crowdfunding di Indonesia, sehingga risiko penipuannya sangat tinggi. Maka pastikan pilih perusahaan yang mengelola crowdfunding yang sudah mengantongi izin resmi OJK agar lebih aman.

2. Obligasi Properti

Obligasi properti adalah salah satu jenis investasi properti online yang bisa dicoba. Jenis investasi ini juga terkenal aman karena perusahaan yang mengeluarkannya umumnya adalah bagian dari pemerintah. Salah satu perusahaan pengembang yang merilis obligasi properti merupakan PP Properti yang merupakan perusahaan BUMN. Jika membeli obligasi, maka investor akan mendapat bunga tetap senilai 11,5% per tahun dengan bunga yang dibayarkan tiap tiga bulan sekali.

3. Membeli Saham Developer Properti

Tak hanya membeli produk properti di pasaran. Tapi Anda juga bisa membeli saham developer properti. Miliki saham dari developer besar yang bisa dibeli. Meski saham nilainya naik turun, jadi jika Anda masih awam maka sebaiknya belajar soal saham terlebih dahulu. Pastikan pula Anda dapat membaca risiko dan prospek yang ada pada saham tersebut. Banyak saham properti yang harganya naik turun, maka lakukan investasi dalam jangka panjang agar bisa meraih keuntungan yang besar.

4. Dana Investasi Real Estate

Dana Investasi Real Estate (DIRE) adalah jenis investasi yang dihimpun dari dana masyarakat. Yang kemudian dana itu dikelola dan diinvestasi pada berbagai aset properti. Mulai dari rumah, bangunan, lahan kosong serta properti lain. DIRE ini mewajibkan untuk menginvestasikan sekitar 80% dana kelolaannya ke sector properti minimal 50% dengan bentuk asset property langsung. Bentuk investasi DIRE ini sulit ditemukan karena umumnya hanya dipasarkan pada investor institusi.

5. Efek Beragunan Aset

Efek ini diterbitkan oleh Kontrak Investasi Kolektif (KIK) adalah jenis investasi properti online yang bisa bikin pundi Anda makin bertumpuk. Efek Beragunan Aset (EBA) ini pun mempunyai bentuk mirip tagihan yang muncul dari surat berharga komersial seperti KPR. EBA lebih aman untuk dipilih karena dijamin oleh pemerintah. Sarana Multigriya Finansial (SMF) ini merupakan lembaga yang mengeluarkan EBA yang hanya menawarkan EBA untuk investor institusi saja.

Kelebihan Investasi Properti Online

Banyak kelebihan yang ditawarkan jika Anda mulai investasi properti online. Pertama, depresiasi atau penurunan nilai bangunan. Meskipun nilai investasi properti naik turun, pemerintah menginzinkan investornya untuk mengurangi pajak properti selama masa hidupnya. Sehingga investor bisa memperhitungkan keuntungan yang didapatkan saat menjualnya di masa mendatang.

Kedua, modalnya kecil tapi Anda bisa meraup keuntungan tanpa menjualnya. Pasalnya Anda tak harus membayarnya secara kontan, tapi bisa dengan system KPR dan membayar uang muka. Sehingga Anda bisa mendapatkan properti dengan harga yang kecil dengan keuntungan yang besar. Bahkan bisa membayarnya dengan system DP atau down payment.

Ketiga, investasi property ini bisa memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman ke bank. Karena property dapat dijadikan sebagai agunan. Sehingga proses pengajuan pinjaman dana bisa lebih cepat. Berbeda dengan agunan lain, biasanya sulit untuk mendapat kepercayaan dari pihak perbankan. Sehingga memang sulit sekali untuk bisa langsung diproses.

Terakhir, dengan memilih investasi properti maka bisa dikendalikan oleh diri sendiri. Sehingga Anda juga dapat merasakan kepuasan dan keuntungannya. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah meningkatkan kemampuan dalam negosiasi dan invesasi lain. Bahkan tak hanya dalam jenis investasi lain seperti saham. Karena investasi saham dikendalikan oleh broker serta perusahaan pengelola, bukan pemegang saham. (Gusti Bintang K.)

 

Exit mobile version