7 Ide Bisnis Kue Kering yang Paling Laris dan Pasti Laku

ide bisnis kue kering

MEDIAINI.COM – Ada beberapa ide bisnis kue kering yang paling laris dan pasti laku untuk raup keuntungan menjelang Natal. Tak hanya kue jahe atau gingerbread saja yang identic dengan perayaan ini. Tapi ada banyak kue kering yang jadi favorit keluarga sehingga penjualannya laris dan pasti laku di pasaran.

Inilah alasan mengapa kue jahe menjadi hidangan wajib saat Natal. Kue jahe ini popular di Eropa karena terbuat dari campuran jahe dan kayu manis. Pasalnya Natal identic dengan musim salju yang dingin, sehingga kue jahe tersebut bisa memberi kehangatan untuk tubuh. Kue rasa rempah-rempah ini awalnya diperkenalkan di Eropa bagian barat oleh prajurit perang yang kembali dari Mediterania bagian timur. Lalu camilan tersebut langsung jadi favorit di berbagai festival dan perayaan pada abad pertengahan di Eropa.

Awalnya, kue jahe punya berbagai bentuk yang bervariasi. Seperti bunga, burung, hewan, atau baju baja. Penyajian kue jahe sebagai hidangan special di acara keagamaan dimulai tahun 992 saat pandeta Armenia membawanya ke Eropa. Saat itu, kue jahe dibentuk mirip roh suci dan karakter keagamaan lainnya. Selanjutnya, kue jahe untuk tujuan keagamaan sampai abad ke-17. Sejak saat itu, Natal identic dengan kue jahe. Bentuknya juga mulai beragam dan menginspirasi.

7 Ide Bisnis Kue Kering yang Paling Laris dan Pasti Laku

1. Kue Jahe

Kue jahe jadi kue terlaris dan pasti laku saat jelang Natal untuk camilan merayakan Natal. Kue jahe ini tentu memiliki rasa jahe yang khas serta tidak membuat eneg saat dimakan. Kue ini dibuat dengan bentuk-bentukyang unik. Mulai dari bentuk pohon natal, kaos kaki, salju berbentuk bintang, dan boneka khas perayaan Natal. Hiasan krim dan permen warna-warni diatasnya membuat kue ini semakin cantik.

2. Putri Salju

Tak hanya Hari Raya Idul Fitri, tapi Natal juga merayakannya dengan camilan kue kering putri salju. Pasalnya, Natal identik dengan musim salju. Maka kue putri salju merupakan kue kering yang sangat menggambarkan Natal. Butiran gula yang menyerupai butiran salju ini jadi kesukaan semua kalangan. Memiliki rasa manis yang khas tapi tidak membuat eneg saat dimakan. Proses pembuatannya mudah dan modalnya relatif murah.

3. Nastar Nanas

Salah satu kue kering yang wajib ada di setiap perayaan ini adalah nastar nanas. Kue kering nastar isi selai nanas ini berbentuk bulat kecil dengan isian selai nanas di dalamnya. Untuk topping atasnya bebas, bisa diberikan parutan keju atau diolesi kuning telur agar lebih menarik tampilannya. Rasanya gurih bagian luarnya, dipadukan dengan selai nanas yang legit. Teksturnya lembut sehingga kue kering ini popular di kalangan masyarakat.

4. Kue Kering Isi Selai

Kue kering isi selai ini jadi salah satu kue kering yang wajib dibeli jelang Natal. Kue kering ini tak hanya berisi selai stroberi saja, tapi juga ada selai nanas atau blueberry. Kue kering isi selai ini sangat digemari oleh semua kalangan, maka tak heran jika dijadikan jamuan untuk para tamu open house. Kue kering isi selai ini juga sangat mudah proses pembuatannya dan modal pembuatannya relative murah.

5. Kastengel

Bagi Anda yang tidak terlalu suka manis, kastengel atau kue keju ini cocok untuk ide bisnis kue kering untuk dijual menjelang Natal. Rasa gurih dari keju ini berpadu dengan teksturnya yang renyah. Kue berbentuk memanjang ini tidak menggunakan gula dalam pembuatannya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kastengel adalah tepung maizena, margarin, mentega, tepung terigu, kuning telur, keju, susu bubuk putih, keju parut untuk taburan, dan kuning telur untuk olesan.

6. Kue Sagu Keju

Kue sagu keju punya rasa yang lumer dimulut dan creamy bercampur gurih. Selain itu cara pembuatannya juga sangat mudah. Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti tepung sagu, keju, salted butter, kuning telur, margarin, dan pala. Varian kue ini sangat bisa dimasukkan dalam daftar menu kue kering yang akan Anda jual selain putri salju dan nastar. Rasa manis asin dari keju ini juga khas dan cocok untuk dinikmati saat Natal, bentuknya pun sangat familiar. Cocok dijadikan ide bisnis kue kering Anda.

7. Choco Oat Cookies

Oat adalah salah bahan makanan yang sehat untuk tubuh. Tak hanya dapat dimakan secara langsung dengan buah, namun oat juga bisa diolah menjadi kue yang lezat tapi tetap menyehatkan. Choco oat cookies ini bisa jadi ide bisnis kue kering. Kue ini jadi salah satu yang wajib ada saat perayaan Natal. Selain bisa dimakan semua kalangan karena bahan-bahannya sehat. Proses pembuatan juga sederhana dan modalnya relative terjangkau.

Inspirasi Kemasan Cantik untuk Bisnis Kue Kering

Ada banyak kemasan cantik untuk mengemas kue kering agar bisnis makin moncer yang bisa jadi inspirasi bisnis. Pertama, adalah toples. Toples memang terlihat paling mahal. Sehingga konsumen tak perlu lagi memindahkan kue kering ke toples lainnya. Bahkan juga toples bisa digunakan kembali untuk keperluan lain. Tapi memang toples membutuhkan biaya produksi yang lebih besar. Maka harus pintar memilih segmen pasar dari tiap produk kue kering Anda. Kedua, yaitu box. Cantumkan stiker pada box agar konsumen lebih mudah mengingat produk Anda. Anda juga bisa menyematkan aksesori Natal dan kartu ucapan pada box.

Ketiga, Anda bisa mengemas kue kering dengan kemasan toples kaleng. Meski terlihat jarang bahkan mungkin tidak ada, tapi kue kering dengan kemasan toples kaleng ini cukup unik. Sehingga bisa dipilih agar beda dari yang lain. Tak hanya menarik, namun kemasan ini juga aman untuk menjaga ketahanan produk lebih lama. Apalagi produknya masih bisa terlihat karena ada kaca transparannya.

Terakhir, Anda bisa memilih menggunakan kemasan besar untuk paket kue kering. Anda dapat menggunakan box atau kardus agar lebih menarik. Kemasan ini digunakan jika Anda ingin menawarkan Paket Hemat untuk konsumen. Di mana sedikitnya pemesan memesan 3-4 jenis kue kering dengan harga yang lebih murah dibanding membeli satuan. Jika ingin lebih terkesan, Anda bisa mengemasnya dengan aneka bentuk yang bisa dinikmati. (Gusti Bintang K.)

Foto Ilustrasi: Pexels

 

Exit mobile version