Intip Jasa Pasang Marmer yang Hasilkan Cuan

jasa pasang marmer

MEDIAINI.COM – Jasa pasang marmer pun jadi peluang mencari cuan. Hal ini karena marmer punya daya tarik tersendiri bagi para pencinta property. Marmer yang merupakan jenis batuan metamorf, yang formasi batuannya adalah hasil dari metamorphosis yang digunakan untuk lantai, dinding, meja, bangku dan masih banyak lagi.

Karena memiliki keindahan serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka marmer banyak dipilih untuk menghias rumah. Namun memasang marmer itu tidak bisa dilakukan oleh sembarangan tukang, karena perlu jasa dari yang memiliki keahlian bongkar pasang teknisi khusus yang sudah berpengalaman. Sebab marmer berbeda dengan keramik pada umumnya, sehingga pemasangannya pun juga berbeda.

Alasannya memasang marmer dengan memakai teknisi professional ini karena pemasangannya harus cermat dan jeli. Pasalnya jika tidak, deretan lantai atau dinding marmer pada rumah tidak beraturan dan menjadi tidak indah dipandang. Bahkan jika dipasang sembarangan bisa mudah retak dan pecah, sehingga membahayakan penghuni rumah. Harga marmer juga relative mahal, sehingga sangat disayangkan jika menjadi rusak karena ditangani oleh yang tidak professional.

3 Metode Pemasangan Marmer dan Kisaran Biaya Jasa

Memasang marmer merupakan tahapan terpenting, bahkan sangat menentukan hasil dari kualitas marmer tersebut. Pemasangan dan kualitasnya harus sesuai standar jika tidak ingin hasil akhirnya mengecewakan. Apalagi dapat diketahui bahwa harga marmer tidaklah murah dan sangat sensitive, tidak seperti keramik pada umumnya. Setidaknya ada tiga metode pemasangan marmer. Yakni metode pasang marmer basah, metode pasang marmer semi basah, dan juga metode pasang marmer kering.

Metode pasang marmer basah ini digunakan untuk memasang marmer untuk lantai atau dinding interior. Langkah memasang marmer tersebut dilakukan dengan membersihkan lokasi pemasangan dari kotoran, lumpur serbuk kayu hingga logam. Kedua, marking untuk vertical dan horizontal yang sudah ditentukan dengan kesepakatan kontraktor terlebih dahulu. Bersihkan marmer dan lapisi dengan coating ke enam sisinya. Lalu sediakan semen pasir yang sudah dicampur air dengan perbandingan 1:3 atau menggunakan mortal utama. Semen pasir yang telah dicampur, dihamparkan ke permukaan lantai dengan ketebalan sekitar 3cm lalu marmer dipasang mengikuti shop drawing yang ada.

Apabila marmer telah terpasang sesuai shop drawing, maka dapat dilakukan proses penutupan nut-nut antar marmer menggunakan resin. Proses ini dilakukan menggunakan pisau potong paling tipis. Lalu lakukan repolish terhadap marmer yang sudah terpasang. Pemolesan ulang ini terdiri dari delapan tahap, di mana batu pertama sampai batu ke delapan tidak boleh dilewatkan agar hasilnya maksimal. Terkahir, pemolesan dilakukan dengan gloss meter di mana dihasilkan angka parameter antara 80-90%.

Yang kedua adalah metode pasang marmer semi basah. Hampir sama dengan metode basah, namun semen pasir di campur pada kondisi kering. Lalu dihamparkan di atas lantai yang sudah disiram dengan air semen. Kemudian semen pasir yang dihamparkan dan diratakan sesuai ketebalan, disiram lagi dengan air semen. Maka baru proses pemasangan marmer dapat dilakukan.

Yang ketiga adalah metode pasang marmer kering. Metode ini untuk pemasangan marmer dinding interior dan atau exterior dengan ketinggian yang cukup. Langkah-langkah pemasangannya yaitu bersihkan marmer dari kotoran dan di coating pada ke enam sisinya. Lakukan pengeboran yang diperlukan untuk penempatan bracket dan pin. Marking yang baik untuk ketinggiannya, bangunan, dan posisi keluar masuk dinding dari dalam ruang. Lalu pasang steel frame dengan ketebalan 5 mm x 50 mm x 50 mm pada posisi yang sudha ditentukan sesuai dimensi.

Selanjutnya pasang bracket siku dan plat pada steel frame yang telah terpasang. Selanjutnya jika primary bracket dan secondary bracket sudah terpasang, maka marmer bisa dipasang dan pin disambungkan ke marmer dengan secondary marmer. Adjustment kemudian dilakukan supaya permukaan dinding marmer pada keempat sisi sudah bedar. Maka antara primary bracket dan secondary bracket dapat dimatikan dengan pengelasa diantara kedua bracket tersebut.  Lalu tutup nut antara marmer dengan sealent. Harga pasang marmer berbeda-beda sesuai kondisi project. Biasanya harga pasang marmer basah antara Rp350-450 ribu per m2.

Tips Memilih Jasa Pasang Marmer dan Poles

Memilih jasa pasang marmer tak boleh sembarangan, maka perlu tips untuk memilih yang terbaik agar hasilnya memuaskan. Pertama, pilihlah jasa pasang marmer yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pasalnya handalnya dalam bekerja dapat ditentukan dengan pengalaman. Maka setiap kelengkapan rumah seperti marmer harus ditangani oleh orang yang professional dan berpengalaman. Apalagi perlu kelengkapan alat serta keperluan lain untuk memoles marmer. Jika sembarangan, bisa jadi maka marmer tidak mengkilap dan meninggalkan bercak pada lantai sehingga nilainya menjadi kurang.

Kedua, Anda dapat menilik review atau testimony dari kostumer sebelumnya. Ulasan yang baik dari konsumennya bisa meyakinkan Anda untuk memilih atau mencari jasa pasang marmer yang lain. Anda dapat melihat komentar yang positif yang diberikan kepada jasa pasang marmer tersebut. Jika ulasannya sudah banyak dan positif, maka Anda dapat mempercayakan pemasangan marmer rumah Anda kepada jasa pasang marmer tersebut. Sebab ini menjadi sinyal bahwa penyedia jasa tersebut sudah bekerja dengan banyak orang.

Terakhir, pilihlah jasa pasang marmer yang menawarkan harga sesuai. Harga memang jadi salah satu faktor penting dalam memilih jasa pasang marmer. Jasa pasang dan poles marmer biasanya memator harga sesuai kompetensi dan tergolong terjangkau, maka bisa jadi alasan untuk memilihnya. Pilihlah harga yang sesuai pasarnya, sehingga customer lebih condong dan menyandangkan pilihan pada penyedia jasa tersebut. (Gusti Bintang K.)

Sumber Foto Ilustrasi: Galeri Wismitamarmerdotcom

 

Exit mobile version