Bisnis Toko Marmer, Cara Memulai, dan Tips Sukses

bisnis toko marmer

MEDIAINI.COM – Bisnis toko marmer bisa jadi pilihan untuk memulai usaha terutama yang memiliki minat dalam bidang material bangunan. Pasalnya, bisnis properti terus naik maka kebutuhan untuk menggunakan bahan bangunan seperti marmer dan keramik juga banyak permintaan.

Namun, marmer dan keramik memiliki perbedaan. Untuk marmer sendiri merupakan batu alam yang tercipta secara alami. Sedangkan keramik merupakan hasil karya manusia. Keramik juga membutuhkan perhatian ekstra saat pemasangan hingga memindahkan furnitur. Sedangkan untuk marmer lebih kuat.

Cara Memulai Bisnis Toko Marmer

Kebutuhan Pasar

Langkah pertama dalam memulai bisnis toko marmer adalah melakukan survei market. Survey market ini digunakan untuk mencari informasi seputar kebutuhan pasar. Oleh karenanya, Anda bisa mengikuti trend yang ada dan menyediakan apa yang dibutuhkan pasar sesuai kondisi terkini.

Lokasi Strategis

Di langkah kedua untuk memulai bisnis toko marmer, saatnya Anda mencari lokasi bisnis. Dalam mencari lokasi bisnis, carilah yang strategis. Strategis di sini adalah yang dekat dengan target market. Selain itu, pastikan akses lokasinya juga mudah.

Harga Murah

Selanjutnya, buatlah daftar harga. Dalam menentukan harga, sebisa mungkin Anda memberikan harga yang murah. Namun, pastikan Anda juga mengedepankan kualitas jadi tidak asal murah saja.

Supplier

Dalam merintis bisnis toko marmer, Anda pun membutuhkan bahan baku. Untuk itu, Anda membutuhkan supplier yang dapat menyediakan bahan baku Anda. Pastikan bahan baku ini berkualitas dengan harga miring.

Promosi

Promosi juga menjadi salah satu poin penting untuk mengembangkan bisnis toko marmer ini. Anda bisa mempromosikan usaha melalui media online maupun offline. Untuk itu, buatlah semua akun media sosial. Beri juga promo-promo menarik seperti potongan harga.

Layanan

Bisnis toko marmer sendiri sudah banyak tersedia. Otomatis kompetitor Anda sudah banyak. Untuk menarik perhatian, Anda bisa memberikan pelayanan yang ramah. Ada pun layanan ramah ini  menjadi salah satu inovasi. 

Pasokan

Langkah ketujuh adalah membuat katalog. Namun, pastikan Anda membuat pasokan yang lengkap. Lalu, untuk memudahkan, Anda dapat membuat katalog. Buatlah katalog semenaik mungkin agar pelanggan Anda tertarik dan memahami kebutuhan mereka.

Pencatatan yang Teratur

Dalam menjalankan bisnis toko marmer ini, ada lalu lintas keluar masuk. Baik itu berupa stok maupun keuangan. Agar jelas, lakukan pencatatan serapi mungkin. Dengan tertib melakukan pembukuan, Anda pun jadi lebih paham terkait kondisi bisnis.

Tips Sukses Promosi Bisnis Toko Marmer

Dalam memulai bisnis toko marker, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar sukses. Tips pertama adalah membuat spanduk. Dengan membuat spanduk ini sebagai identitas toko Anda.

Tips selanjutnya adalah menata barang sedemikian rupa. Penataan barang dagangan ini dimungkinkan agar stok kelihatan banyak. Dengan demikian, pelanggan akan menilai toko Anda memiliki stok cukup lengkap. 

Lalu, tips selanjutnya adalah mengedepankan layanan. Layanilah pelanggan dengan sepenuh hati. Dengan pekatanna ekstra, pembeli pun akan tertarik dan memilih toko Anda. (Tri Puspitasari)

Foto Ilustrasi: Pexels

 

Exit mobile version