7 Strategi Bisnis Hadapi Harbolnas 11.11, Raup Untung Besar

harbolnas 11.11

MEDIAINI.COM – Strategi bisnis hadapi Harbolnas 11.11 wajib diperhatikan apalagi jika mampu mengukurnya saat momen seperti Harbolnas 11.11 datang. Pasalnya setiap kali Harbolnas para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meraup untung yang besar dengan promosi besar-besaran.

Sejarah Harbolnas ini pertama kali diadakan pada tahun 2012. Harbolnas ini implementasiannya karena adanya penggabungan perusahaan e-commerce Indonesia di Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA). Perusahaan tersebut yaitu Lazada, Zalora, Bukalapak, BerryBenak, Blanja, dan PinkEmma. Sedangkan di Amerika, Canada, Inggris, Jepang dan Jerman telah memiliki Harbolnas sebagai Cyber Monday. Di mana penjual mengadakan promo besar dan diskon di hari libur di Amerika Utara setelah merayakan panen akhir tahun atau Hari Thanksgiving. Senin Senin terinspirasi oleh perayaan belanja Black Friday yang berlangsung pada hari Jumat setelah Hari Thanskgiving.

Tujuan diadakannya Harbolnas hanya dalam sehari sebagai sarana edukasi public bahwa belanja bisa dilakukan secara online. Transaksi pembelian online juga bisa dilakukan selama 24 jam, lebih aman, nyaman dan terjamin. Belanja online dapat dilakukan dengan memesan lewat aplikasi dan menunggu barang datang. Pembayarannya juga bisa dilakukan secara COD (Cash On Delivery). Selain itu Harbolnas juga bertujuan untuk mempromosikan industry e-commerce, perbankan, logistic dan lain-lain. Harbolnas juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperkenalkan berbagai jenis e-commerce.

7 Strategi Bisnis Hadapi Harbolnas 11.11

1. Kenali Target Pasar dengan Baik

Mengenali target pasar merupakan satu poin penting dalam strategi bisnis menghadapi harbolnas agar bisa meraup untung besar. Setelah mengenali target pasar, maka Anda akan lebih mudah menyusun strategi penjualan yang efektif. Sebab hal ini akan berpengaruh pada pembuatan konten promosi yang akan dipasang pada website dan media sosial.

2. Gunakan Media Sosial dan Website

Media sosial dan website menjadi media promosi terbaik pada saat Harbolnas. Asalkan factor-faktor di dalamnya Anda perhatikan dengan baik, mulai dari konten berupa gambar, foto atau video serta waktu memposting. Konten yang diunggah harus bisa memberikan kesan mencolok pada konten agar menarik perhatian konsumen. Waktu memposting juga perlu diperhatikan agar audiensnya bisa tepat sasaran.

3. Lakukan Cuci Gudang

Momen harbolnas merupakan salah satu waktu yang tepat agar bisa menjual stok barang lama dengan harga yang jauh lebih murah. Setidaknya, barang-barang lama tersebut bisa habis terjual dan nantinya akan berganti dengan yang baru. Biasanya orang akan membeli barang karena harga yang ditawarkan ekonomis. Anda juga bisa memberikan bonus produk kecil sebagai tambahannya.

4. Buat Promo Diskon Khusus

Membuat promo diskon khusus ini juga bisa dilakukan dan Anda bisa memberlakukannya hanya dalam sehari itu saja. Tujuannya agar konsumen tertarik untuk berbelanja di waktu tersebut karena mereka akan berpikiran jika mereka belanja besok maka promo tersebut sudah tidak berlaku. Anda bisa memberikan diskon 50% atau dibawahnya, bahkan Anda juga bisa memberikan diskon 20% untuk pembelian produk kedua.

5. Berikan Promo Gratis Ongkir

Tak hanya promo diskon khusus pada produk, tapi promo gratis ongkos kirim (ongkir) juga selalu menarik hati konsumen. Bahkan salah satu incaran konsumen adalah gratis ongkir pada saat harbolnas. Maka Anda bisa memberikannya dengan beberapa persayaratan agar tidak mengalami kerugian. Anda bisa memberikan promo gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan Rp100 ribu atau yang lainnya.

6. Analisis dan Atur Stok

Ketika momen harbolnas tiba, maka permintaan pasar pun akan terus meningkat. Sebagai penjual, Anda harus mengantisipasi hal ini terjadi. Ketika permintaan pasar meningkat tapi stok tidak ada, karena akan mengecewakan banyak pelanggan. Maka dari itu lakukan analisis dan atur stok yang ada menjelang event ini. Usahakan stok barang aman dan efisien, tidak terlalu berlebihan dan tidak juga kekurangan.

7. Bergabung dengan Marketplace

Marketplace merupakan tujuan dari para konsumen untuk membeli berbagai barang dalam satu tempat. Sehingga marketplace ini praktis untuk menjual produk yang akan dijual menjelang hari belanja online nasional 11.11 karena banyak promo dan diskon yang tersedia. Anda dapat bergabung dengan marketplace agar bisa memanfaatkan momen harbolnas dengan memaksimalkan penggunaan marketplace saat ini.

Tips Pengiriman Barang Anti Lama Hadapi Harbolnas 11.11

Karena harbolnas 11.11 selalu ramai, maka Anda bisa mengantisipasti pengiriman barang agar tidak lama. Pertama, Anda bisa memilih kemasan yang sesuai dengan ukuran dan kondisi barang. Pastikan pula barang yang mudah pecah atau yang mudah tumpah diberlakukan double packing agar lebih aman. Kedua, pastikan bahwa alamat pengiriman yang diberikan oleh konsumen sudah jelas. Karena jika kurang jelas atau tidak lengkap bisa menghambat pengiriman barang. Apalagi banyak pesanan yang masuk.

Ketiga, pilihlah jasa pengiriman yang professional. Terutama jika menangani beberapa paket sekaligus. Ciri-ciri ekspedisi yang professional yakni dapat memberikan jaminan keamanan dan paket hingga tepat waktu. Selain itu juga memberikan biaya pengiriman yang wajar. Anda juga dapat memilih layanan pengiriman atau ekspedisi yang bisa jemput paket. Karena pesanan saat harbolnas sudah pasti banyak dan bisa menguras tenaga dan waktu jika Anda harus mengantarkannya ke kantor ekspedisi.

Terakhir, pilihlah layanan pengiriman yang sudah terintegrasi dengan aplikasi atau website. Sehingga akan memudahkan Anda dalam melacak dan memproses pengiriman paket. Tracking pesanan ini dilakukan supaya bisa melacak paket yang dikirim sudah sampai di mana. Sehingga mempermudah Anda mencari paket yang belum sampai. (Gusti Bintang K.)

 

Exit mobile version