9 Ide Bisnis Sewa Ruko dan Rukan, dari Kantor Jasa sampai Ekspedisi

sewa ruko dan rukan

MEDIAINI.COM – Ide bisnis sewa ruko dan rukan (rumah kantor) untuk berbagai peluang usaha. Berdasarkan penelusuran Mediaini, ada peluang usaha yang dibuka dan sukses berawal dari sewa ruko.

Meski sama-sama menyewa, tapi ruko dan rukan memiliki fungsi yang berbeda. Tapi keduanya memang terlihat hampir mirip karena tak banyak perbedaan. Berdasarkan perhitungan kasarnya, ruko dan rukan jauh lebih ekonomis daripada harus mengontrak di pusat perbelanjaan seperti mall. Pasalnya, kebanyakan dari pengusaha muda ingin yang praktis. Yaitu dengan memiliki tempat tinggal sekaligus tempat bisnis. Yang jelas, ruko dan rukan ini perbedaan mendasarnya ada pada nilai sewa. Harganya lebih tinggi daripada rumah tinggal biasa.

Sejak peluang bisnis rukan ini meningkat, kemudian hal inilah yang membuat para developer terpacu untuk membangun properti yang lebih menarik. Jika biasanya bangunannya didesain kaku dan minimalis. Kini sudha banyak yang berkolaborasi dengan desain interior untuk menciptakan bangunan yang lebih terkonsep. Sehingga membuat ruko dan rukan perbedaannya tidak buram lagi.

9 Ide Bisnis Sewa Ruko dan Rukan

1. Minimarket

Ruko kini banyak disewa untuk membuka minimarket. Pasalnya peluang bisnis minimarket sangat besar, sehingga banyak yang ingin memulai bisnis tersebut. Sewa ruko dan rukan bisa jadi pilihan tepat selain nyaman, ruko biasanya didesain sudah lengkap menyerupai minimarket. Tinggal rapikan dan desain ulang sesuai dengan tema minimarket Anda.

2. Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi kini juga semakin besar namanya karena banyak toko yang menggunakan sistem belanja online. Sehingga pasarnya semakin luas, maka perlu jasa ekspedisi. Ruko atau rukan bisa jadi tempat terbaik untuk bisnis ini. Pasalnya untuk menyimpan banyak paket-paket, maka butuh ruang yang besar dan luas.

3. Aksesori Perangkat Elektronik

Sewa ruko dan rukan bisa jadi tempat sempurna untuk berjualan beragam aksesori perangkat elektronik. Muali dari aksesori handphone, laptop, tablet dan lain-lainnya. Pilih lokasi ruko yang strategis untuk mendapatkan banyak konsumen. Pilih yang mudah diakses dan tentunya ramai. Desain interiornya agar lebih menarik, buat suasananya senyaman mungkin.

4. Franchise Minuman Kekinian

Franchise minuman kekinian seperti kopi dan bubble drink makin merajalela. Maka ruko dan rukan pun jadi tempat pilihan untuk membuka bisnis ini. Anda hanya perlu mengubah tampilan ruko atau rukan yang minimalis jadi lebih menarik dan sesuai dengan tema minuman kekinian yang dijual. Buat tampilannya menjadi lebih Instagramable supaya bisa mendatangkan banyak konsumen.

5. Kafe dan Tempat Nongkrong

Ruko pun bisa disewa menjadi tempat nongkrong atau kafe. Anda hanya perlu merubah tampilan ruko menjadi sesuai dengan tema kafe yang diangkat. Berikan sentuhan yang suasananya nyaman, berikan fasilitas yang lengkap. Serta tambahkan beberapa spot foto untuk menarik perhatian para pengunjung kafe.

6. Rumah Makan

Sewa ruko dan rukan juga bisa jadi pilihan untuk membuka bisnis rumah makan. Bahkan lantai atas, bisa Anda manfaatkan sebagai tempat tinggal, sehingga lebih ekonomis. Siapkan keperluan seperti etalase kaca, meja, kursi dan tata rapi agar lebih menarik. Pastikan lokasi parkirnya juga tersedia. Serta terletak di lokasi yang strategis supaya lebih mudah diakses.

7. Barbershop

Kini bisnis barbershop juga makin berkembang. Tempat cukur para laki-laki atau salonnya laki-laki ini memang cukup ramai jadi pilihan untuk merapikan rambut. Maka sewa ruko atau rukan juga bisa jadi solusi. Tinggal tambahkan saja desain yang menarik untuk menarik perhatian para klien. Berikan fasilitas yang lengkap dengan ruangan yang nyaman.

8. Butik

Sewa ruko dan rukan cocok untuk membuka bisnis butik. Bisnis butik bisa dimulai dari ruko. Pilih ruko yang suasananya cantik, areanya keren, dekat dengan pusat perbelanjaan dan fasilitasnya lengkap. Jika sudah deal, maka lakukan desain ulang interiornya supaya lebih menarik. Pilih desain sesuai tema, dan jangan lupa untuk sematkan logo yang besar di sana.

9. Bisnis Bridal

Bisnis bridal kini juga semakin berkembang, apalagi di kota-kota besar. Sewa ruko atau rukan bisa jadi solusi terbaik. Tambahkan kaca yang besar supaya koleksi gaun bridal bisa terlihat dari luar. Buat tampilan ruko atau rukan dengan desain yang menarik dan sesuai dengan tema bisnis bridal yang diangkat. Berikan suasana yang sejuk dan nyaman. (Gusti Bintang K.)

Foto Ilustrasi: PIxabay

Exit mobile version