Bisnis Kursus Renang Masih Potensial, Ini Cara Memulainya

bisnis kursus renang

MEDIAINI.COM – Bisnis kursus renang masih bisa jadi peluang mencari cuan. Bisnis ini cukup potensial karena banyak yang ingin belajar renang supaya bisa berenang. Biasanya kursus renang banyak dicari oleh anak-anak.

Keuntungan membuka bisnis kursus renang ini selain mendatangkan cuan bagi pelatihnya, juga mendatangkan keuntungan bagi kliennya yang umumnya adalah anak-anak. Menitipkan anak di tempat kursus renang ini memang ada jaminan mahirnya dibanding belajar sendiri. Bahkan, biasanya tempat kursus ini sudah terintegritas dengan kemenpora. Jadi, anak-anaknya berpotensi mempunyai peluang jadi atlet renang.

Dengan mengkursuskan anak renang, keamanan dan keselamatannya juga lebih terjaga karena didampingi pelatih berpengalaman dan berkualitas. Biaya kursus renang anak juga terbilang murah. Tempat kursus yang kredibel tidak pernah mematok biaya yang tinggi untuk kursus anak-anak. Anda hanya perlu siapkan dana sekitar Rp300 ribuan untuk biaya kursus renang anak per satu bulannya. Biasanya seminggu dijadwalkan dua kali latihan.

Cara Memulai Bisnis Kursus Renang

1. Tentukan Rentang Usia Calon Murid

Menentukan rentang usia calon murid ini sama dengan menentukan target pasar bisnis. Setiap level pendidikan, maka materi latihannya juga berbeda. Jika memilih melatih anak-anak TK-SD, materinya akan lebih mudah, namun tantangannya harus sabar melatih. Pasalnya, anak-anak rentang usia tersebut masih sulit fokus untuk belajar dan lebih tertarik bermain. Padahal sebenarnya lebih mudah menangkap materi yang diajarkan.

2. Marketing yang Tepat

Marketing yang tepat bisa mendatangkan murid yang tepat sesuai target pasar Anda yang sudah ditentukan. Pilih cara pemasaran yang modalnya sedikit, tapi cukup efektif. Anda juga dapat memberikan les gratis sekali pertemuan untuk sekelompok siswa, sehingga mereka dapat menyadari kualtias pengajaran Anda.

3. Jalin Kerja Sama

Jalin kerjasama yang baik antara sesama pelatih. Kerjasama ini diharapkan bisa membangun bisnis kursus renang yang terbaik. Anda dapat mengembangkan bisnis dan mendapatkan tenaga pelatih lain. Jadi, bisa menerima murid lebih banyak tanpa kesulitan dalam melatih. Dengan bekerjasama, Anda juga bisa membagi beban. Jalin kerjasama pula dengan kemenpora untuk bisa mendidik calon atlet-atlet renang profesional yang bisa membawa nama baik negeri.

4. Tentukan Lokasi Kursus

Tentukan lokasi kursus renang yaitu dengan memilih kolam renang yang berpotensi dan menyediakan fasilitas terbaik. Pilih kolam renang dengan ukuran standar untuk berlatih. Pilih yang lokasinya juga mudah diakses, dekat dengan target pasar Anda. Standar airnya juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan penyakit.

5. Tentukan Harga dan Peraturan

Banyaknya tempat kursus renang, maka perlu menentukan harga yang kompetitif supaya dipermudah dalam mencari murid. Anda dapat melakukan riset dengan bertanya kepada teman sesama pelatih renang untuk menanyakan ketetapan harga yang standar. Biasanya harganya dihitung per pertemuan, tapi ada juga yang membanderol per bulan. Selain itu, tentukan peraturan yang harus dipatuhi agar latihan jadi lebih terkendali.

6. Lakukan Promosi Menarik

Untuk bisa mendapatkan banyak murid, maka lakukan promosi menarik. Anda bisa mendatangi sekolah-sekolah sesuai target pasar. Sebab peluang kursus renang makin lebar. Lakukan perizinan terlebih dahulu kepada pihak terkait. Pasang iklan seperti poster dan sebarkan brosur kepada calon murid. Anda juga bisa melakukan promosi menarik di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

7. Kelola  Keuangan dengan Baik

Tidak hanya administrasi dokumen saja yang perlu rapi, tetapi juga administrasi keuangan. Pisahkan antara keuangan pribadi Anda dengan keuangan bimbel. Usahakan untuk rutin membuat pembukuan keuangan bimbel yang rapi, dimulai dengan mencatat semua modal yang digunakan sejak awal. Catat semua transaksi keluar masuk dengan rinci.

Tips Strategi Marketing Bisnis Kursus Renang

Beberapa tips strategi pemasaran bisnis kursus renang ini bisa Anda coba untuk membuka peluang bisnis yang lebih luas. Pertama, ketahui kemampuan dan kualitas pengajaran Anda. Siapkah Anda melatih murid-murid dengan berbagai macam tantangan? Penuhi tuntutan keamanan, keselamatan dan kenyamanan murid saat latihan. Berikan kualitas terbaik dalam pelayanan untuk meningkatkan kredibilitas.

Kedua, berikan standar kursus yang baik dan berkualitas dengan mengajarkan teori terlebih dahulu sebelum praktek dimulai. Teori inilah yang akan jadi bekal untuk para murid. Ketiga, pilihlah lokasi kursus renang yang cocok. Pilih kolam renang yang tempatnya strategis dengan keberadaan yang mudah diakses. Pilih kolam yang memiliki standar tertentu untuk latihan.

Terakhir, ajak rekan-rekan Anda yang sudah berpengalaman dalam mendidik dan mengajarkan renang. Pilih yang profesional dan berkompeten di bidang renang. Jika perlu, pilih yang telah memiliki sertifikat agar membuat aktivitas belajar renang jadi lebih kondusif. Pastikan bahwa pelatih tersebut juga rajin dan sabar dalam melatih renang kepada para muridnya. (Gusti Bintang K.)

 

 

Exit mobile version