7 Ide Bisnis Akhir Pekan yang Datangkan Cuan

bisnis akhir pekan

MEDIAINI.COM – Bisnis akhir pekan? Iya, memanfaatkan akhir pekan dengan berbisnis. Sehingga weekend Anda jadi lebih bermanfaat. Ada beberapa peluang yang bisa dicoba.

Menjalankan usaha ketika akhir pekan memiliki beberapa keuntungan. Mood juga sedang baik. Jumlah energi yang Anda miliki pun jadi lebih besar. Untuk mengerjakan pekerjaan Anda pun jadi lebih mudah. Memang jika bekerja saat weekend terkesan kejar setoran atau semacam tidak memberikan jeda untuk istirahat. Namun, dengan berlari lebih kencang saat weekend, karir impian pun jadi lebih cepat terkejar.

Ide Bisnis Akhir Pekan yang Datangkan Cuan

1. Bazar di Pasar Tiban

Ide bisnis pertama yang bisa Anda coba saat weekend adalah berjualan di pasar tiban. Setiap kota pastinya memiliki pasar tiban. Ada banyak jenis barang yang bisa Anda jual di pasar tiban. Pasar tiban ini biasanya dituju orang untuk menghabiskan akhir pekan sehingga target market Anda akan sangat luas. Anda hanya perlu mencari informasi bagaimana akses agar Anda dapat membuka lapak di sana.

2. Event Organizer

Menjadi event organizer juga patut dicoba saat weekend. Ada banyak kegiatan yang membutuhkan jasa seorang EO. Kegiatan ini pun biasanya dilakukan saat akhir pekan. Sebagai contoh adalah EO pernikahan, EO pesta ulang tahun, EO syukuran, dan lain sebagainya. Untuk ini, pastikan Anda memiliki tim dan konsep bisnis yang matang, ya.

3. Ojek Online

Ide bisnis akhir pekan selanjutnya adalah menjadi supir ojek online. Anda bisa memilih sebagai supir kendaraan roda empat, roda dua, atau jasa pengirim makanannya. Tentunya ini menjadi hiburan tersendiri karena Anda bisa sekaligus jalan-jalan merefreshkan pikiran yang justru dapat penghasilan.

4. Penulis Freelance

Saat weekend, Anda juga bisa produktif dengan menjadi penulis lepas. Saat ini, ada banyak website atau perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk membuat konten. Anda hanya perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Menjadi penulis lepas pun merupakan ide bagus untuk bisnis akhir pekan. Untuk penghasilannya pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

5. Les Privat

Daripada ilmu yang didapatkan selama kuliah menguap sia-sia. Ada baiknya dimanfaatkan untuk mengisi les privat. Ini juga menjadi salah satu ide bisnis akhir pekan yang menguntungkan. Anda bisa membuka kes privat ini saat weekend. Anda bisa memulai dari les privat kecil-kecilan atau bimbingan belajar dalam jumlah murid tertentu. Pastikan Anda mengajarkan bidang ilmu yang memang Anda kuasai.

6. Kreativitas Handmade

Ide keenam untuk bisnis akhir pekan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki tangan kreatif. Ada banyak barang handmade yang bisa Anda buat. Sebagai contoh adalah tas rajut, masker kreatif, pigura, dan kreasi dari tangan lainnya. Untuk pemasarannya pun sangat luas. Anda bisa menjualnya melalui media sosial atau pemasaran dari mulut ke mulut.

7. Jastip

Punya hobi shoping saat weekend? Jika iya, ide membuka usaha jasa titip beli bisa Anda coba. Jastip itu tidak melulu harus pergi ke luar negeri atau belanja di mall. Jika Anda sedang keluar kota pun bisa menawarkan barang jastip. Pintar-pintarnya mengkonsep bisnis dan mempromosikannya saja.

Cara Memulai Bisnis Akhir Pekan

Bangun Lebih Pagi

Dengan bangun lebih pagi, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan produktif. Meskipun ada banyak kegiatan yang harus dilakukan, Anda pun tidak akan kekurangan waktu karena sudah memulainya dari awal. Untuk bisa bangun pagi, ada baiknya istirahat malam lebih cepat.  

Rencanakan

Untuk memulai bisnis di akhir pekan, tentu harus dimulai dengan perencanaan yang matang. Setelah menentukan jenis usaha, Anda bisa membuat konsep kegiatan yang dilakukan setiap weekend. Buat juga deadline dan target dalam setiap weekend.

Buat To Do List

Tentunya ada berbagai kegiatan yang harus dilakukan untuk mendukung bisnis weekend-mu. Sedangkan, Anda juga memiliki aktivitas lain di luar kegiatan bisnis. Agar tidak berbenturan, Anda bisa membuatkan list-nya dan juga jadwal pengerjaannya.

Sisihkan Waktu

Bisa jadi akhir weekend Anda sangatlah sibuk. Namun, sebisa mungkin sisihkan waktu dua hingga tiga jam untuk mengurusi bisnis ini. Caranya adalah dengan menyisihkan waktu di pagi hari, jelang istirahat, atau sore hari menuju malam.

Optimalkan

Tentunya menyisihkan waktu merupakan pengorbanan tersendiri untuk weekend Anda. Sebagai contoh Anda harus menyisihkan waktu selama 3 jam untuk bisnis. Ya gunakan 3 jam tersebut seoptimal mungkin sehingga hasil yang didpaatkan seperti bekerja selama 6 jam.

Evaluasi

Langkah keenam adalah dengan melakukan evaluasi. Tentunya dalam membangun bisnis tidak selamanya berjalan lancar. Ada pasti kendala apalagi ini merupakan bisnis saat weekend saja. Untuk itu, secara berkala lakukan evaluasi untuk bisnis ini demi kelangsungan yang lebih baik. (Tri Puspitasari)

Exit mobile version