Merintis Bisnis Kue Ulang Tahun Buat yang Hobi Baking

bisnis kue ulang tahun

MEDIAINI.COM – Bisnis kue ulang tahun salah satu cara untuk mendapatkan cuan terutama bagi yang suka membuat kue. Setiap tahun ada tren kue ulang tahun yang terus berubah. Sebagai contoh, muncul money cake dan HP sebagai hadiah di dalam cake pada tahun 2019. Jadi dalam kue ulang tahun akan terdapat tombol rahasia yang bila dipencet akan mengeluarkan tabung istimewa. Tabung ini bisa berisi hadiah untuk yang berulang tahun seperti uang dan barang sebagainya.

Tahun 2020 muncul tren baru lagi. Tren ini adalah kue ulang tahun dari sushi yang dinamakan sushi cake. Kue ini merupakan susunan dari sushi, makanan khas Jepang yang disusun dan didesain sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Ada pun sushi cake ini biasanya terbuat dari 35 buah sushi dengan 2 variasi untuk tipe 2 tiers.

Cara Memulai Bisnis Kue Ulang Tahun

Temukan Resep Rahasia

Kue ulang tahun menjadi salah satu jenis usaha di bidang kuliner. Untuk itu, tidak hanya bentuknya saja yang menarik, tapi soal rasa juga harus diperhatikan. Untuk itu, perlu kiranya Anda menemukan resep pas untuk membuat kue ulang tahun. Resep ini tentu didapatkan dari trial and error yang dilakukan berkali-kali. Ketika hampir menemukannya, cobalah untuk meminta pendapat dari tester seperti kerabat terdekat.

Tentukan Target Market

Target kue ulang tahun sangatlah luas. Anda perlu mengerucutkan siapa target market Anda. Pasalnya harga kue ulang tahun juga berbeda-beda. Semua tergantung tingkat perekonomian konsumen Anda. Jika target marketnya adalah kalangan ekonomi menengah ke atas, maka kue ultah kekinian seperti sushi cake adalah yang paling cocok.

Sediakan Bahan Baku dan Peralatan

Setelah menentukan target market, hal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan baku lengkap dengan perlengkapannya. Ada pun dalam mengolah kue kekinian membutuhkan peralatan yang tidak biasa. Buatlah list perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selanjutnya carilah toko yang menjual perlengkapan tersebut dengan harga yang miring tetapi kualitas terjamin.

Rekrut Karyawan Andal

Dalam bisnis kue ulang tahun kekinian ini Anda tidak bisa berjalan sendirian. Dibutuhkan karyawan yang andal soal dapur, desain, dan juga pengelolaan toko. Untuk itu, perlu dilakukan proses rekrutmen yang maksimal. Tidak hanya handal, kejujuran dan integritas juga menjadi poin penting dalam merekrut karyawan untuk usaha Anda.

Branding dan Promosi

Anda bisa memulai branding dan promosi sekarang. Buatlah semua akun media sosial untuk bisnis kue ulang tahun. Buatlah promo-promo menarik untuk persiapkan grand opening. Anda juga bisa menyelipkan promo menarik khusus pemesanan di hari-hari tertentu seperti valentine, hari raya, dan lain sebagainya.

Pemasaran Offline dan Online

Sebagai pelaku usaha pemula, bisa memulai pemasaran secara online. Anda juga bisa memulainya dari kerabat terdekat. Jika sudah semakin berkembang, bisa melanjutkannya dengan pemasaran offline membuka toko, Untuk toko, pilihlah lokasi yang strategis dan juga mudah dalam hal akses jalan. Pastikan lokasinya mendekati target market.

Modal Usaha

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah modal usaha. Sejak melakukan list bahan baku dan peralatan, sertakan kisaran harganya. Dari sana Anda akan menemukan kisaran modal yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya sewa tempat, gaji karyawan, biaya operasional, dan biaya-biaya tidak terduga lainnya.

Tips Sukses Bisnis Kue Ulang Tahun

Untuk bisa sukses dalam bisnis ini tentu ada tips suksesnya. Anda bisa memulainya dari lingkungan terdekat, menawarkannya pada kerabat, tetangga, atau lingkungan tempat kerja. Anda bisa memberikan tester dan jika tertarik, mereka bisa memesan kue ulang tahun di tempat Anda.

Selanjutnya bisa berkreasi melalui bentuk-bentuk kuenya. Anda bisa mencari referensi dari Google maupun media sosial seperti Instagram dan Pinterest. Bahkan, bisa mencari referensi dari toko kompetitor.

Tips selanjutnya adalah dengan memasarkan secara online. Pemasaran secara online terbukti dapat menjangkau pasar lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa pemasaran produk tanpa adanya tambahan biaya. Jadi media sosial dapat dijadikan sebagai branding, promosi, hingga media pemasaran. (Tri Puspitasari)

Exit mobile version