Bisnis Rumput Sintetis, Begini Cara Memulainya

bisnis rumput sintetis

MEDIAINI.COM – Bisnis rumput sintetis masih bisa jadi peluang. Rumput hijau yang tampak segar dan asri bisa didapat dari rumput sintetis untuk dekorasi rumah. Jenis rumput ini pun bisa membuat penghuni rumah lebih nyaman dan betah tinggal di rumah. 

Anda bisa memasang rumput sintetis ini di berbagai tempat sesuai keinginan. Soal perawatan pun tidak terlalu susah karena sebetulnya jauh lebih mudah bila dibandingkan perawatan rumput alami. Untuk harga dan biaya perawatannya pun cenderung murah. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Cara Memulai Bisnis Rumput Sintetis

Persiapan Modal

Langkah pertama dalam merintis bisnis rumput sintetis adalah menyiapkan modalnya. Untuk ini, Anda bisa mengambil sebagian dari tabungan. Usahakan dalam merintis usaha ini tanpa melalui pinjaman bank jika memang belum siap. Selanjutnya, saatnya menghitung kisaran modal yang dibutuhkan. Hitunglah kebutuhan mulai dari pengadaan rumput sintetis, sewa tempat, pengadaan peralatan, biaya operasional, gaji karyawan, biaya tidak terduga, dan lain sebagainya. 

Konsep Usaha

Langkah kedua adalah dengan membuatkan konsep usaha. Jadi di sini Anda merumuskan konsep seperti apa yang akan dipilih untuk bisnis ini. Apakah hanya akan berjualan rumput sintetisnya saja, ataukah lengkap dengan jasa pemasangan rumput sintetis ke rumah. Lalu dalam hal penjualan, Anda juga bisa mengonsep akan berjualan secara online saja ataukah dengan offline. Saat mengkonsep usaha, Anda juga harus menyusun rencana jangka pendek dan juga jangka panjangnya. 

Cari Supplier

Dalam bisnis rumput sintetis ini, Anda membutuhkan bahan baku rumput sintetis itu sendiri. Pastikan untuk mencari supplier yang terpercaya. Pilihlah supplier dengan kualitas rumput sintetis baik, tetapi juga memberikan harga miring. Untuk mendapatkannya, Anda perlu banyak melakukan survei pasar, berdiskusi kepada sesama pelaku usaha, dan berselancar di mesin pencari Google.

Rekrut SDM Berkualitas

Mendapatkan SDM berkualitas wajib hukumnya bagi yang mengkonsep usaha ini dengan menambahkan jasa pemasangan. Pasalnya, dalam memasang rumput sintetis ke rumah tentu membutuhkan kreatifitas dan keterampilan tersendiri. Tidak hanya berkualitas, rekrut juga karyawan yang ramah dan bisa memberikan pelayanan baik untuk konsumen.

Branding dan Promosi

Jika semua kebutuhan untuk bisnis ini sudah terpenuhi, saatnya melakukan branding dan promosi. Anda bisa memulainya dengan membuatkan akun media sosial dan membuka lapak di situs e-commerce. Untuk promosi, bisa memulainya dari saudara dan teman dekat. Buatlah promo-promo menarik seperti potongan harga di hari tertentu untuk memikat pasar.

Jenis Rumput Sintetis yang Cocok untuk Dekorasi 

Rumput sintetis memiliki berbagai jenis yang bisa Anda pilih. Setiap jenis rumput sintetis tentu memiliki kecocokan yang berbeda untuk mendekorasi rumah. Untuk itu, pastikan Anda memilih rumput sintetis yang paling pas untuk ruangan berdasarkan kecocokannya dan juga kebutuhan Anda.

Jenis pertama adalah rumput sintetis jepang. Jenis rumput ini terbuat dari bahan monofilament. Sangat cocok untuk mengisi taman rumah. Jenis rumput ini juga yang paling sering ditemukan di perkantoran, tempat umum, dan dekorasi. Dengan tinggi sekitar 20-40 mm, sangat cocok untuk bersantai karena teksturnya sangat lembut. Jenis rumput ini juga didesain mirip dengan aslinya.

Lalu jenis yang kedua adalah rumput sintetis Swiss. Anda bisa memasang rumput sintetis jenis ini di taman yang terletak dalam ruangan dan juga luar ruangan. Ada pun jenis rumput ini dapat digunakan untuk lapangan futsal. Ciri-cirinya adalah berukuran 20 hingga 40 mm dengan tekstur lebih lembut dan tahan injakan.

Lalu, jenis yang terakhir adalah rumput sintetis golf. Jenis rumput ini memang sering digunakan untuk lapangan golf dalam ruangan atau di atas beton. Rumput sintetis golf memiliki tinggi yang rata kira-kira 10 mm. Jenis rumput ini juga sangat cocok bila dipasang di taman rumah atau dalam rumah. (Tri Puspitasari)

Foto Ilustrasi: Pixabay

 

Exit mobile version