Ide Bisnis Nasi Goreng yang Unik dan Bikin Banyak Pelanggan

Ide Bisnis Nasi Goreng yang Unik dan Bikin Banyak Pelanggan

MEDIAINI.COM – Mewujudkan ide bisnis nasi goreng yang unik bisa jadi peluang mendatangkan cuan. Meskipun hanya nasi goreng, tapi bisa dikembangkan menjadi menu yang tak biasa. Inovasi bisnis ini bahkan mampu menghasilkan omzet berlipat ganda karena memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi, bagi pelaku bisnis, modal uang saja belum cukup, harus memiliki modal kreatif untuk keberlangsungan bisnis ini agar tidak kalah saing dengan kompetitor.

Bisnis kuliner harus memiliki nilai beda dan punya ide yang unik serta kreativitas. Sebab ada beberapa alasan yang melandasinya. Di antaranya adalah persaingan bisnis kuliner sangat ketat. Bahkan banyak yang menawarkan produk yang sama, sehingga konsumen akan lebih selektif ketika memilih tempat kuliner. Selain itu kreativitas ini juga dapat meningkatkan produktivitas. Sebab jika Anda mampu memaksimalkan sisi kreatif, maka omzet yang bisa didapatkan bisa bertambah hingga berlipat-lipat dengan mengubah strategi pemasaran atau inovasi produk.

Memunculkan sisi kreativitas dalam membangun bisnis kuliner ini mampu menciptakan konsumen yang loyal. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memberikan reward untuk konsumen yang loyal. Tanggapi setiap keluhan konsumen atau setidaknya dengarkan, dan perbaiki dari kritikan dan saran dari konsumen untuk menghindari kerugian. Alasan yang lain adalah sebagai cara memotivasi diri dalam mengembangkan bisnis yang lebih baik.

Keluarlah dari zona nyaman meski tidak meninggalkan semua yang sudah dikerjakan, tapi justru mengubah strategi dengan aneka inovasi yang kreatif dan segar. Sehingga bisnis bisa laku di pasaran dan diterima di masyarakat.

Pelaku Bisnis Nasi Goreng Unik yang Sukses

Pertama adalah nasi goreng dendeng lemak. Meski menunya hanya satu, namun bisnis ini laris manis. Bahtiar Sigar atau Chef Tiarbah ini merupakan pelaku bisnis nasi goreng dendeng yang sukses. Bisnisnya bahkan sempat viral di media sosial Twitter. Meski baru dimulai pada Maret saat awal pandemi, tapi justru sangat ramai dan diminati banyak orang. Tiarbah bahkan mampu menjual hingga 100 porsi tiap kali membuka pesanan.

Pada akhirnya, peluang kemitraanpun dibuka untuk yang ingin berbisnis kuliner. Sampai pada Agustus 2020, bisnisnya sudah memiliki 25 cabang di banyak kota di Indonesia. Nasi Goreng Tiarbah ini mampu menjual 70 porsi per hari dengan omzet Rp 50 juta per bulan. Harga per porsinya dibanderol seharga Rp 25 ribu.

Nasi Goreng Mafia adalah nasi goreng dengan nama yang menyeramkan, tapi rasanya tak perlu ditakuti karena sangat enak. Nasi goreng ini adalah nasi goreng dengan rasa rempah yang hadir mewarnai dunia nasi goreng yang unik. Nama mafia diambil dari para pemiloran yang artinya adalah sebuah singakat dari makanan favorit Indonesia. Jadi, nasi goreng mafia ini sebenarnya adalah nasi goreng itu sendiri.

Nasi goreng ini memiliki tingkat kepedasan yang cocok untuk Anda pencinta rasa pedas. Sehingga Anda dapat memakan nasi goreng dengan ukuran rasa yang sesuai selera. Harganya pun juga terjangkau, yaitu Rp 11-17 ribu saja. Bahkan Anda juga bisa menikmati nasi goreng dengan aneka topping tambahan seperti telur, teri, petai, dan kikil. Dalam semalam, Nasi Goreng Mafia ini mampu menjual hingga 150 porsi nasi goreng.

Terakhir adalah Nasi Goreng Ora et Labora. Nurcholis, seorang pelaku bisnis Nasi Goreng Ora et Labora ini bahkan mampu meraup omzet hingga lebih dari Rp100 juta dalam sebulan. Bisnisnya dimulai oleh Nurcholis dari berdagang berkeliling di sekitar Taman Kopo Indah, hingga Batujajar, dan akhirnya menemukan tempat yang pas untuk menetap. Tapi seiring berjalannya waktu, nasi goreng milik Nurcholis berubah nama menjadi Nasi Goreng Kokiku. Harga yang dibanderol untuk sebungkus nasi goreng cukup murah, yakni Rp12 ribu saja.

Tapi jangan salah, meski harganya murah, Nurcholis memiliki enam pegawai dan menghabiskan 30 kg beras yang menghasilkan sekitar 250 porsi dalam semalam. Tak hanya Nasi Goreng saja, tapi ada juga menu lain seperti Mie, Kwetiaw, Bihun, dan Capcay.

7 Ide Nasi Goreng yang Bisa Jadi Bisnis

1. Nasi Goreng Kopi

Jika biasanya kopi merupakan sebuah minuman, maka berbeda dengan nasi goreng kopi. Nasi goreng ini memiliki aroma kopi yang khas meski makanan ini tetaplah nasi goreng. Tak hanya aromanya saja yang sama dengan kopi, tapi nasi goreng ini juga memiliki warna yang sama dari kopi yakni merah gelap yang agak cokelat. Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya yang berwarna merah, maka membuat pencinta nasi goreng makin tergoda.

2. Nasi Goreng Kare

Seperti nasi goreng pada umumnya, yang berbeda adalah penambahan sedikit bumbu kare di dalamnya untuk menghasilkan rasa kare. Kare yang merupakan makanan khas India ini memang sudah tersebar luas ke seluruh dunia. Apalagi bumbu dan cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah para penduduknya. Maka tak heran jika banyak yang menyukai perpaduan antara keduanya.

3. Nasi Goreng Kimchi

Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang paling terkenal. Makanan dari fermentasi sayuran ini rasanya memang enak. Apalagi kini muncul hasil perpaduan antara nasi goreng dan kimchi. Maka para penggemar nasi goreng dan makanan Korea pun pasti ngiler ingin lekas mencicipinya. Nasi gorengnya enak, kimchi juga enak. Jadi rasa antara keduanya akan sangat berpadu sebagai salah satu nasi goreng yang lezat.

4. Nasi Goreng Wajan

Nasi goreng wajan adalah nasi goreng pada umumnya yang sering Anda beli. Tapi bedanya, nasi goreng ini memiliki topping tambahan seperti telur mata sapi, bakso dan lain-lain. Berbeda dari nasi goreng biasanya, nasi goreng ini bukan disajikan dalam piring, melainkan menggunakan wajan sebagai wadahnya. Sehingga memiliki sisi kreatif dan membuat tampilannya lebih menarik dan unik.

5. Nasi Goreng Sushi

Sama seperti nasi goreng pada umumnya, yang berbeda adalah nasi goreng ini digulung menjadi seperti sushi. Perpaduan antara makanan Indonesia dan makanan Jepang ini membuat rasanya makin sempurna. Nasi goreng yang digulung tersebut dilapisi telur dadar pada bagian luarnya. Sehingga bentuknya mirip dengan sushi. Bahkan isiannya sama dengan sushipada umumnya.

6. Nasi Goreng Kacang Hijau

Nasi goreng ini mneggunakan kacang hijau sebagai topping tambahannya. Biji-bijian yang biasa digunakan untuk bubur kacang hijau ini ternyata menghasilkan rasa yang unik ketika berpadu dengan nasi goreng. Bahkan rasanya tak kalah enak dari nasi goreng lain. Apalagi belum banyak yang mengetahui nasi goreng kacang hijau ini, jadi cocok digunakan sebagai ide bisnis yang unik.

7. Nasi Goreng Hitam

Nasi goreng hitam ini memang tampilannya agak aneh karena berwarna hitam. Tapi nasi goreng ini bukanlah nasi goreng yang gosong. Melainkan nasi goreng ini menggunakan tinta dari cumi-cumi untuk mendapatkan warna hitam pekat. Sehingga meskipun warnanya kurang menarik dan hitam, tapi rasanya sangat lezat karena merupakan perpaduan antara nasi goreng dan cumi-cumi. (Gusti Bintang K.)

Foto Ilustrasi: Pexels

 

Exit mobile version