10 Produk Terlaris saat Pandemi untuk Jadi Peluang Bisnis

10 Produk Terlaris saat Pandemi untuk Jadi Peluang Bisnis

MEDIAINI.COM– Produk terlaris pandemi bisa jadi acuan jika mau menjual barang. Apalagi jika jualan melalui e-commerce sebab minat belanja online meningkat.Apalagi berjualan melalui e-commerce atau media sosial, sebab minat belanja online lebih meningkat di tengah pandemi karena banyak pasar, toko, dan mall yang menerapkan pembatasan sosial di daerahnya masing-masing. Maka untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, beberapa e-commerce banyak yang memberikan kemudahan berbelanja online.

Salah satu contohnya adalah Tokopedia. Tren belanja Tokopedia sepanjang tahun 2020 meningkat. Jumlah pesanannya per hari mencapai 19.000 pengguna dan produk terlarisnya adalah baterai untuk jam dan kalkulator yaitu sebanyak 32.500 buah. Dengan transaksi paling jauh selama 2020 adalah dari Banda Aceh ke Merauke. Sedangkan transaksi antarpulau pun mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat dibanding tahun 2019. Total jarak kirim paket selama 2020 mencapai lebih dari 46 miliar kilometer. Sementara produk makanan terlaris adalah madu, kopi, dan frozen food.

Tokopedia pun mengalami kenaikan jumlah penjual baru jika digabung dan diisi ke Stadion GBK bisa mencapai 36x penuh. Sementara Tokopedia juga telah menjadi rumah bagi 9,9 juta penjual, dengan 94% berskala ultra mikro dan hampir 100 persen adalah UMKM. Penjualan produk kesehatan juga mengalami lonjakan bahkan bisa mencapai 5x total penduduk pulau Jawa yang membeli masker. Serta 4x total penduduk Bali yang membeli hand sanitizer. Bahkan berbagi kebaikan di tengah pandemi pun dilakukan oleh masyarakat dengan mengumpulkan hampir Rp 80 miliar melalui fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia sepanjang tahun 2020.

10 Produk Terlaris saat Pandemi untuk Jadi Peluang Bisnis

1. Produk Kesehatan

Produk kesehatan merupakan produk paling laris saat pandemi. Pasalnya, semua orang membutuhkan produk kesehatan tersebut untuk menangkal virus dan meningkatkan imun. Mulai dari masker, hand sanitizer, vitamin, jamu herbal, obat-obatan, sarung tangan, dan hazmat suit. Apalagi produk ini makin viral karena harganya sempat melambung karena sulit didapatkan sedangkan permintaannya meningkat. Produk ini seperti vitamin C, alkohol, masker, dan hand sanitizer yang pada awal pandemi sangat sulit ditemukan di pasaran.

2. Makanan dan Minuman

Produk makanan dan minuman adalah salah satu produk yang tidak mungkin tidak terjual. Sebab ini sudah jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia untuk dapat bertahan hidup. Jadi, meskipun kondisi ekonomi sedang sulit, makanan dan minuman akan terus dicari. Produk terlaris adalah sembako, rempah-rempah, bahkan sayur segar yang dijual secara online. Pasalnya karena sering diadakan pembatasan sosial, maka berjualan daring lebih ditekan untuk menghindari kerumunan.

3. Fesyen dan Aksesori

Produk-produk seperti baju, sepatu dan aksesori pria wanita banyak dicari. Apalagi dalam pasar daring, semua platform belanja menjual produk fesyen. Mulai dari kaos, celana, kacamata, jam tangan, baju tidur, pakaian dalam, peralatan ibadah, gamis, dan hijab. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki minat bisnis di bidang fesyen untuk menjual produk fesyen karena pasarnya sangat luas. Sebab fesyen pun jadi kebutuhan pokok yang mesti digunakan sehari-hari oleh semua kalangan.

4. Barang Elektronik

Barang elektronik jadi makin laris di tengah pandemi karena banyak yang WFH (work from home) atau bekerja dari rumah. Maka produk-produk elektronik seperti laptop, mouse, webcam, headset, dan lain-lainnya menjadi deretan produk terlaris selama pandemi. Apalagi di e-commerce, banyak yang menjualnya secara lebih murah dan mudah. Tersedia dalam berbagai spesifikasi dan harga sehingga konsumen pun lebih mudah mendapatkannya.

5. Interior Rumah

Kegiatan di rumah saja lebih banyak dilakukan oleh masyarakat karena ingin ikut menekan angka kasus Covid-19 di daerahnya masing-masing. Agar kegiatan di rumah tidak bosan, maka banyak yang memanfaatkan waktu untuk mendekorasi rumah agar lebih baru dan rapi. Salah satu tren di media sosial ini pun mampu menginspirasi banyak orang untuk membeli interior rumah dan perabotan rumah yang baru selama WFH. Mulai dari kamar tidur, dapur, bahkan seisi rumah ditata ulang agar tidak jenuh.

beli di ruparupa

6. Perawatan Diri dan Kosmetik

Meskipun di rumah saja, mulai dari sekolah, kuliah, hingga bekerja, tapi diri tetap harus dirawat agar lebih fresh dan perempuan makin cantik. Khususnya bagi perempuan, penampilan juga diperhatikan meski banyak aktivitas di rumah saja. Maka produk kecantikan dan perawatan diri makin laris karena banyak yang memanfaatkan waktu tersebut untuk belajar make-up. Produk kosmetik pun bisa jadi ide bisnis yang berpeluang cukup besar meski nanti dalam kondisi normal sekalipun.

7. Perlengkapan Olahraga

Pandemi menyadarkan masyarakat tentang betapa nikmat dan berharganya hidup sehat. Untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat meski di tengah pandemi, orang-orang memilih untuk berolahraga. Mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat, seperti jogging, hingga fitness dan boxing. Meski tujuannya sama-sama untuk meningkatkan imun dan menjaga kebugaran tubuh. Sehingga produk dan perlengkapan olahraga makin laris dicari supaya makin semangat dalam berolahraga.

8. Hadiah

Salah satu produk terlaris selama pandemi adalah hadiah. Hadiah tidak harus yang harganya mahal dan barang mewah. Hadiah yang dimaksud disini dapat berupa makanan hingga rangkaian peralatan untuk menghadapi new normal. Seperti paket masker, hand sanitizer, botol minum, dan beberapa vitamin C. Hadiah-hadiah ini pun tak hanya untuk diberikan kepada yang sedang berulang tahun, tapi juga sebagai hampers lebaran, atau bingkisan supaya lekas sembuh.

9. Alat Rumah Tangga

Produk kategori rumah tangga di beberapa e-commerce meningkat lebih dari dua kali lipat. Hal ini karena konsumen banyak yang membeli produk-produk berupa peralatan rumah tangga. Mulai dari bantal tidur, pengharum ruangan, teflon, rak sepatu, gantungan baju dan masih banyak lagi.

10. Hobi dan Gaming

Produk terlaris terakhir adalah kategori hobi dan gaming. Kegiatan di rumah saja membuat orang-orang jadi bosan, apalagi anak-anak. Maka produk peralatan hobi dan gaming meningkat tajam. Pasalnya kebutuhan hiburan melonjak dan banyak pelaku bisnis yang memilih terjun ke bisnis hobi dan gaming. Mulai dari playstation, dan lain-lain.

Segera mulai bisnis dengan produk-produk terlaris saat pandemi karena memiliki peluang bisnis yang besar. Bisnis inipun dapat dimulai dengan modal kecil dengan menjadi reseller atau dropshipper. Selamat mencoba! (Gusti Bintang K.)

Foto Ilustrasi: Pixabay

 

Exit mobile version