Bisnis Sewa Zoom Ramai, Ini Peluang Baru Menambah Cuan dengan Mudah

Share artikel ini

MEDIAINI.COM – Semenjak pandemi merebak, aktivitas pertemuan secara daring makin digalakkan. Terutama, semenjak adanya kebijakan PSBB yang mengharuskan orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

Hal ini membuat aplikasi online meeting banyak dicari. Salah satu yang popular adalah Zoom. Zoom merupakan aplikasi video conference yang memungkinkan banyak orang melakukan pertemuan secara daring.

Meningkatnya aktivitas meeting online membuat kebutuhan Zoom semakin meningkat. Peluang baru pun bermunculan, salah satunya dengan menawarkan jasa sewa Zoom. 

Hal ini semakin menegaskan bahwa Zoom telah mengungguli para pesaingnya seperti Skype for Business, GoToMeetings, Join.me, dan Cisco WebEx.

Keunggulan Zoom

Ketenaran Zoom semakin melesat, aplikasi ini sempat menjadi trending di App Store dan Google Play. Banyak orang telah mempercayakan Zoom untuk kebutuhannya dalam melakukan video conference. Jika dilihat dari review yang dibagikan para penggunannya, Zoom mendapatkan rating yang sangat baik.

Berdasar penelusuran data, Mediaini.com merangkum beberapa keunggulan Zoom. Yang pertama adalah, kualitas video dan audio yang ditawarkan Zoom adalah kualitas wahid. Bahkan, ketika koneksi internet kurang stabil, Zoom tetap bisa mempertahankan performa dari video dan audionya.

Dua fitur utamanya, Zoom Room dan Zoom Meeting merupakan fitur yang serba guna. Jika menginginkan pertemuan dalam jumlah besar, fitur Zoom Room bisa menjadi pilihan yang bijak. Selain mampu menampung banyak peserta, fitur ini juga telah dilengkapi hardware dan software canggih.

Sementara untuk Zoom Meeting digunakan untuk pertemuan yang lebih sederhana. Misalnya untuk meeting dengan jumlah maksimal peserta 100 orang dan berlangsung tak lebih dari 40 menit. Zoom juga terkenal ramah untuk semua perangkat, baik itu Apple maupun untuk Android.

Selain itu, Zoom juga memiliki keunggulan karena bisa mengganti background. Ya, latar belakang video bisa diganti sesuka hati dengan gambar ataupun video. Hal ini sangat membantu peserta meeting ketika berada di tempat yang kurang estetik.

Tak hanya itu, aplikasi milik Eric Yuan ini juga menawarkan berbagai fitur lain yang tak kalah menarik. One on one meeting misalnya, fitur ini digunakan untuk meeting dengan satu pengguna lain. Kemudian, transkrip percakapan yang terjadi selama meeting juga bisa direkam dan dilihat kembali.

Zoom juga memiliki fitur penjadwalan yang memungkinkan peserta rapat akan mendapat reminder sebelum rapat dimulai. Lalu, screen sharing yang digunakan untuk membagikan layar yang telah di-pin sehingga peserta lain bisa ikut melihatnya.

Jadi Peluang Bisnis Baru

Zoom termasuk aplikasi video conference yang mudah digunakan. Selain bisa melalui aplikasi, Zoom juga dapat digunakan dari situs webnya langsung di  https://zoom.us/Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu log in menggunakan alamat email ataupun Facebook. Kemudian, Zoom siap digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kemudahan ini membuat banyak orang memilih Zoom sebagai aplikasi andalan untuk video conference. Meski sebenarnya harga berlangganan Zoom cukup mahal, tapi penggunanya tetap saja banyak. Hal inilah yang melahirkan peluang bisnis baru, yaitu jasa sewa  Zoom.

Bisnis ini tercipta untuk mereka yang tak mau direpoti dengan pengaplikasian Zoom serta tata cara berlangganannya. Jika kita menyewa atau membeli paket Zoom, selain mendapatkan ruang meeting daring, kita juga akan mendapatkan teknisi pengoperasian serta bonus-bonus lain. 

Tarif Sewa Zoom

Di situs gorental.co.id misalnya, mereka menawarkan dua paket meeting menggunakan Zoom dengan harga yang cukup murah. Untuk paket Zoom Pro dibanderol dengan Rp25 ribu per hari. Fitur ini bisa digunakan untuk 100 peserta dengan durasi meeting sepuasnya (dalam waktu satu hari).

Sedangkan paket Zoom Business dibanderol dengan tarif Rp50 ribu per hari. Paket ini bisa diikuti maksimal 300 peserta dengan durasi yang tidak terbatas (dalam waktu satu hari). Kedua paket tersebut sudah termasuk host & amp: Co-host.

Selanjutnya, di situs aveecena.com terdapat tiga paket Zoom yang ditawarkan. Untuk paket pertama dibanderol dengan Rp99 ribu sudah termasuk sewa 4 jam dan mendapatkan teknisi untuk mengoperasikannya.

Lalu, di paket kedua, mereka menawarkan fitur yang lebih komplet seperti tambahan live streaming YouTube, desain thumbnail YouTube, dan gratis uji coba h-1 sebelum pelaksanaan. Paket tersebut bisa didapatkan dengan harga Rp999 ribu.

Sedangkan paket ketiga dibanderol dengan harga Rp2.999 juta, tentunya dengan tambahan fitur yang lebih lengkap lagi. Seperti tambahan desain poster, form pendaftaran peserta, promosi di sosial media, form kehadiran, hingga e-sertifikat. Ketiga paket tersebut bisa diikuti maksimal 500 peserta.

Sementara itu, di situs zoominar.id, mereka menawarkan paket Zoom meeting selama 4 jam dengan harga Rp249 ribu. Harga tersebut sudah termasuk host dan bebas akses untuk 500 peserta. Jika ingin menambahkan e-sertifikat bagi peserta, cukup menambahkan dana Rp3 ribu per e-sertifikat. (Chelsea Venda)